Pesta Durian di Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

Siapa yang disini suka makan durian? wah ada informasi menarik nih buat kalian yang suka/hoby/pecinta makanan yang disebut raja buah yaitu durian. Karena tanggal 24 Agustus – 01 September 2019 akan ada event menarik di Kota Pontianak, yaitu Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 bertepat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Kota Pontianak.

Festival yang mengusung hortikultura atau budi daya hasil kebun ini menjadikan buah durian sebagai produk unggulan, karena durian merupakan buah yang cukup banyak tumbuh di daerah tropis seperti Kalimantan. Buah durian sangat mudah ditemukan di Kalimantan termasuk Sarawak Malaysia hingga Thailand.

Berbagai daerah juga memiliki ciri khas duriannya, misalnya saja dari Malaysia ada Durian Musang King, nah kalau di Thailand ada Durian Bangkok. Nah, kalau di Kalimantan Barat sendiri setidaknya ada 19 Varietas Durian yang berasal dari beberapa kabupaten seperti Sanggau, Kubu Raya, Melawi, Landak, Kapuas Hulu,

O ia, durian juga mengandung karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, vit C dan B komplek yang tinggi. Buah durian juga disebut dengan julukan raja buah oleh Alfred Russel Wallace, seorang ahli botani di tahun 1856. Sampai saat ini pun, durian masih tetap dikenal sebagai raja buah dari hutan tropis dan memiliki banyak penggemar tanpa kecuali saya sendiri.

Buah Durian Kalimantan Barat

Di Kalimantan Barat sendiri ternyata punya banyak jenis durian mulai dari Durian Sanggau, Durian Punggur, Durian Batang Tarang dan lain sebagainya. Masing-masing durian ini juga punya keunggulannya, dan mungkin masih banyak yang belum tahu apa yang membedakan durian-durian tersebut.

Makan Durian di Konferensi Pers FDBK2019

Pada konfersi pers hari Jumat 16 Agustus 2019 kepala Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat menuturkan bahwa event ini merupakan Festival Durian terbesar di Kalimantan Barat dan juga hadiah terbanyak se Asia.

Konferensi Pers Festival Durian Bumi Khatulistiwa

Media seperti wartawan koran, TV, blogger, youtuber bahkan selebgram diajak untuk menghadiri konferensi pers dalam acara tersebut juga disampaikan mengenai tujuan kegiatan Festival Durian dan berbagai acara yang akan diadakan di event tersebut seperti lomba, bazaar hingga stand kuliner. Event ini juga didukung oleh pihak PHRI atau Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dimana juga andil dalam memperkenalkan tempat menginap dan makanan khas untuk memanjakan pengunjung luar yang datang.

Setelah acara keferensi pers bersama rekan media kami diajak untuk makan durian bersama. Sebanyak 150 buah yang dibuka dengan membelah durian pertama.

Membuka Durian dengan Alat Pembuka Durian

Buat para pecinta durian yang hadir saat koferensi pers inilah acara yang ditunggu-tunggu, yaitu makan durian bersama. Durian asli dan terbaik didatangkan langsung dari Pungggur, Kabupaten Kubu Raya.

Bicara soal durian terbaik, mungkin banyak orang masih belum paham cara untuk memilih durian yang bagus. Kalian bisa datang ke acara Festival Durian 2019 nanti karena disana ada juga informasi dari penjual durian yang menjelaskan cara memilik durian yang baik. Yuk datang, jangan sampai ketinggalan 😀

Makan Durian Dulu yaa
Bahagianya Makan Durian

Makan durian saat konferensi pers saja sudah semeriah ini, apalagi saat acara Festival Durian 24 Agustus 2019 nanti 😀

Penikmat Durian

Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

Acara meriah ini akan diisi banyak kegiatan dan perlombaan diantaranya adalah kontes durian unggul, fun zumba, kontes duta pertanian 2019, lomba mewarnai TK/SD, live music, serasehan durian, kontes olahan makanan durian, makan durian gratis, lomba mural, lomba fashion show dan lomba tari. Catat tanggalnya ya jangan sampai ketinggalan!

Dari berbagai lomba yang diadakan jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor yang tertera di flyer.

Rundown Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

Acara durian kali ini akan lebih menyenangkan jika hadir dan mendukunng penuh untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Kalimantan Barat. Catat tanggal kegiatannya ya!

Semoga bermanfaat 🙂

Be social share!

6 thoughts on “Pesta Durian di Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

  1. Meriahnya 😯 Festival Durian, moment ajaib bagi yang suka buah durian ini 😣 Pengen tapi tempatnya jauh, tapi gak jadi pengen (anuuu eemm gak suka durian) 😂😂

  2. Senangnya bisa datang di acara kemarin itu ya. Wah sayang sekali saya tidak dapat ikutan karena pada hari itu saya ada acara yang tidak dapat ditinggalkan., Sata nunggu even utamanya adaja Festival Durian yang kalau nda salah tanggal 24 Agustus 2019 7a. Sabtu yang akan datang. Sssst. Saya juga faNs durian juga ihihihihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *