Kebahagiaan Itu Sederhana, Yuk Makan di Rumah

Benar kata orang, kebahagiaan itu sungguh sederhana misalnya menikmati makanan enak khas rumahan yang tak pernah hilang ditelan jaman. Apalagi menjadi anak perantauan yang jauh dari rumah orang tua, bekerja seharian tak sempat untuk menikmati masakan rumah.

Eiits jangan galau gitu dong, tenang saja karena di Kota Pontianak ada sebuah restoran yang mengusung tema masakan rumah. Mulai dari suasananya, masakannya yang tradisional hingga harganya yang merakyat.

Yoook Makan di Rumah

Benar nama restorannya adalah Yoook Makan di Rumah yang terletak di Jalan Podomoro Gg. Nurcahaya No.49 Kota Pontianak. Dengan kalimat “Yoook” yang dalam bahasa Melayu Pontianak artinya mengajak orang untuk makan di Rumah.

Yoook Makan di Rumah
Dinding di Yoook Makan di Rumah

Desain restoran ini juga unik yang dibagi menjadi beberapa ruangan misalnya di bagian teras depan kamu bisa duduk di kursi dengan meja panjang yang di dindingnya dihiasi beberapa ornamen klasik dan unik. Kemudian di bagian dalam dibuat seperti ruang makan dengan duduk di laintai dan meja yang tak begitu tinggi untuk menikmati makanan. Area dalam cocok sekali kalau makan ala saprahan jika datang ramai-ramai bersama keluarga atau teman.

Menu masakan yang bisa kamu santap ramai-ramai selayaknya saprahan. Saprahan sendiri adalah tradisi makan khas ala Pontianak, Banyak filosofi yang terkandung dalam budaya makan saprahan. Dari sisi etika yakni menghormati orang yang lebih tua, menghargai pimpinan atau orang yang dihormati. Selain itu juga adanya rasa kekeluargaan dan kebersamaan menyatu dalam tradisi makan saprahan.

Saprahan Ikan Pindang Gembung

Banyak menu masakan rumah yang disediakan di Yoook Makan di Rumah, mulai dari sambal, olahan ayam dan ikan, petai, jengkol, sate angkringan, telur ikan, pepes, urap, asinan rambutan, bahkan es durian yang benar-benar memanjakan perut yang rindu masakan rumah.

Saprahan Ikan Pindang Gembung

Nah, menu yang saya pesan ini adalah Saprahan Ikan Pindang Gembung untuk empat orang. Menu saprahan ini terdiri dari Nasi, Ikan Pindang, Tahu, Tempe, Lalapan daun Ubi Singkong, Sambal Belacan, Timun dan Kerupuk Bandung + Telur Dadar.

Ikan Kembung Pindang

Yang menjadi ciri khas masakan Melayu adalah bumbu kuning yang terbuat dari kunyit, bawang putih serta potongan-potongan cabai rawit dan cabai besar benar-benar menggugah selera, apalagi ditambahkan dengan aroma harum daun jeruk purut.

Makan seperti ini, benar-benar santai lebih nikmat jika makan menggunakan tangan (tidak pakai sendok), tidak apa jika tidak rapi tapi nikmat masakan rumah akan kamu rasakan disini. Jangan khawatir soal harga, paketan di Yoook Makan di Rumah sekitar 150.000 (sudah termasuk pajak dan bisa makan berempat).

Menu lainnya yang bisa kamu coba di Yoook Makan di Rumah

Info tentang Yoook Makan di Rumah

Alamat : Jalan Podomoro Gg. Nurcahaya No.49 Kota Pontianak
Open : Senin-Sabtu 10.00-22.00
Menu : Masakan Tradisional Khas Melayu
Fasilitas : Parkir, Toilet, Mushola, Meja Kursi, Lesehan, Tidak ada Wifi
Instagram : yoookkmakandirumah

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *