Kibarkan Semangat Merah Putih di Sungai Kapuas Bersama Blogger Pontianak

Hari kemerdekaan adalah hari yang sangat bersejarah dan dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia, begitu banyak acara di seluruh Indonesia, mulai dari Upacara Bendera, berbagai lomba dengan permainan tradisional, promo/diskon di rumah makan atau merayakan kemerdekaan dengan cara yang unik dan berbeda tanpa kecuali di Kalimantan Barat.

Apa pun cara untuk merayaan kemerdekaan Indonesia yang terpenting adalah semangat perjuangannya. Kalau biasanya saya ikut upacara di kantor-kantor resmi seperti kantor gubernur atau di sekolah. Tahun ini sedikit berbeda, karena saya bersama teman-teman Komunitas Blogger Pontianak turut hadir dan memeriahkan acara kemerdekaan dan upacara di Atas Ponton/Tongkang yang ada di Sungai Kapuas.

Kegiatan ini bernama Kibarkan Merah Putih di Sungai Kapuas karena dikesempatan ini juga ada agenda yang belum pernah dilakukan yaitu Upacara di Atas Tongkang, membentangkan bendera merah putih di jembatan Tol Kapuas Kalimantan Barat (sudah bisa dibayangkan dong, Sungai Kapuas sungai terlebar dan terpanjang di Indonesia), Berjepin di Waterfront dan Serah terima izin berlayar 11 kapal Wisata di Sungai Kapuas serta Pentas Seni dan Budaya. Event keren ini diselenggarakan oleh berbagai komunitas di Kota Pontianak.

Berikut Site Plan Point dalam event tersebut:

Kegiatan dimulai pukul jam enam pagi, di titik kumpul Waterfront Pontianak dari Gang Kamboja. Begitu antusias warga sekitar juga menambah animo acara ini, tanpa harus diberi tahu mereka yang datang dengan pakaian serba merah putih, itu artinya mereka sudah paham betul nuansa mereka Indonesia seperti apa.

Rozi, Bang Edo, Saya naik di Atas Kapal Wisata

Peserta yang hadir di event Kibarkan Merah Putih di Sungai Kapuas ini tidak semua orang dapat ikut upacara di atas tongkang karena memang pesertanya juga ramai. Saya cukup bangga dan bersyukur dapat ikut upacara di atas tongkang kali ini, ini benar-benar pengalaman pertama kali bisa berdiri di atas tongkang ditambah lagi melakukan upacara 17 Agustus ke 74 disini.

Paskibra di Atas Tongkang

Upacara berlangsung sangat hikmat semua peserta yang ada di kapal tongkang maupun di waterfront mengikuti dengan hormat. Bendera yang dinaikkan oleh para paskibra berkibar dengan gagah, walaupun langit tidak begitu cerah akibat kabut asap tapi tidak meruntuhkan semangat generasi-generasi muda yang cinta Indonesia disini.

Hormat!

Ketika upacara selesai pengibaran bendera merah putih di jembatan tol kapuas juga dilaksanakan, bendera sepanjang 25 meter dan tinggi 8 meter terbentang di jembatan yang menghubungkan Kota Pontianak yang terpisah oleh Sungai Kapuas. Kemudian dikuti kibaran bedera yang dibawa oleh empat buah drone dengan ukuran 120 x 80 cm.

Bendera di Jembatan Tol Kapuas
Menari Japin
Bersama Anggi dan Lely
Komunitas Blogger Pontianak

Semoga semangat kemerdekaan terus tumbuh, semangat berkarya dan semangat membangun Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke 74, Jaya selalu Indonesia ku!

Be social share!

2 thoughts on “Kibarkan Semangat Merah Putih di Sungai Kapuas Bersama Blogger Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *