Memperkenalkan Rambu Lalu Lintas di SDN 034 Pontianak Kota bersama Astra Motor

Suatu pagi, saya buru-buru menuju kantor yang terletak cukup jauh dari rumah. Karena waktu sudah menunjukkan pukul 07.15 ditambah saya belum sempat sarapan, saya mempercepat laju kendaraan, hingga menghilangkan konsentrasi saya di perjalanan.

Saat saya melintasi pertigaan lampu merah. Priiitt!!! tiba-tiba saya dipanggil oleh Pak Polisi karena menerobos ketika lampu sudah merah. Dengan malu-malunya saya mundur pelan-pelan, Pak Polisi tersebut tersenyum sambil menyuruhku untuk menepi.

Dengan senyum yang tersipu malu (Pak Polisinya cakep sih, et dah) bapak tersebut meminta saya untuk menujukkan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Alhamdulillah semuanya lengkap, namun sayangnya saya melakukan suatu pelanggaran, yang mungkin sedikit membahayakan pengendara lainnya.

Akhirnya saya ditilang dan membayar denda kemudian saya juga diberi penjelasan yang saya kira bahwa rambu lalu lintas saat tersebut diatur oleh lampu polisi, kemudian polisinya menjelaskan bahwa kalau arus pengendaraan dibantu oleh polisi biasanya lampu merah mati dan jika tidak polisi saat itu sedang melakukan pemantauan lalu lintas. Begitu, dan akhirnya saya paham mengenai pengendaraan yang baik agar situasi jalan raya menjadi aman lewat pemahaman rambu lalu lintas.

Bicara soal Rambu Lalu Lintas, mungkin masih banyak yang lupa dan belum tahu makna rambu lalu lintas dengan legkap. Penanaman kesadaran safety riding juga perlu dilakukan sejak usia dini atau anak-anak karena merekalah yang menjadi gerbang lahirnya situasi jalan raya yang aman.

Pengertian Rambu Lalu Lintas

Menurut Wikipedia, Rambu Lalu Lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Rambu lalu lintas diatur menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014.

Kalau diperhatikan rambu lalu lintas ini selalu terlihat baik siang ataupun malam atau pada waktu hujan karena bahannya terbuat dari material retro-reflektif pada rambu konvensional.

Perkenalkan Rambu Lalu Lintas di SDN 034 Pontianak Kota

Pada hari Selasa tepatnya tanggal 20 Agustus 2019, Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota kembali menggelar edukasi safety riding usia dini melalui pengenalan rambu lalu lintas usia dini yang berlokasi SDN 034 Pontianak Kota kegiatan ini diikuti sebanyak puluhan siswa/i dengan materi pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan jalur selamat sekolah.

Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota

Dalam edukasi tersebut, Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota menanamkan pengetahuan tentang cara aman berkendara dan tertib terutama di jalan raya melalui pengenalan rambu-rambu lalu lintas.

Edukasi yang dilakukan bagi anak-anak usia dini lebih banyak kepada pengenalan aturan-aturan di jalan raya serta yang tidak kalah pentingnya adalah etika-etika tidak tertulis saat berkendara di jalan raya.

Anak-anak mulai kecil sudah menjadi bagian dari pengguna jalan apakah dibonceng orang tuanya, bersepeda berangkat sekolah atau bahkan saat berjalan kaki dari rumah ke sekolah. Sebagai pengguna jalan anak-anak harus mengerti aturan-aturan di jalan raya, serta bahayanya bila aturan ini tidak ditaati.

Tanya Jawab Soal Rambu Lalu Lintas

Mengenalkan safety riding sejak dini pada anak usia sekolah lebih tepat sasaran. Kerena, melalui penanaman kesadaran sejak dini inilah akan lahir bibit yang dapat menciptakan kondisi jalan raya yang lebih aman bagi semua, karena anak-anak ini yang menjadi duta-duta safety riding yang dimulai dari keluarganya.

Menyenangkan lagi, selain edukasi keselamatan berlalu lintas yang menjadi ini kegiatan ini, Honda memberikan paket Service Motor Gratis kepada Guru dan Orang Tua siswa yang menggunakan sepeda motor Honda dan yang hadir guna memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen setia Honda.

Service Motor Gratis kepada Guru dan Orang Tua siswa

Hanya sikap peduli dan tindakan nyata safety riding atau taat pada peraturan lalulintas maka dapat menciptakan kondisi jalan raya yang aman sekaligus tertib dapat terwujud, ujar Bapak Suhali, S.Pd, MM selaku Kepala Sekolah SDN 034 Pontianak Kota.

Kegiatan edukasi akan secara terus menerus dilakukan untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor.

Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Rambu Lalu Lintas juga banyak jenisnya, dan tidak semua dapat kita temui di daerah kita sendiri. Biasaya ada rambu tertentu sesuai dengan jalur jalan raya yang dilalui berupa marka, misalnya daerah pegunungan, lokasi dekat pantai atau area lintas kereta api.

Ilustrasi Marka Jalan

Rambu lalu lintas ini juga dibuat mudah untuk dipahami tanpa harus membaca keretangannya. Sifat rambu ini ada yang sementara ada juga yang jangka panjang. Misalnya rambu jenis baru yang ditetapkan melalui PM.13 tahun 2014 yang digunakan untuk perambuan sementara di zona konstruksi.

Kalau disimpulkan rambu lalu lintas ini ada empat jenis, yaitu Rambu Petunjuk, Rambu Peringatan, Rambu Perintah dan Rambu Larangan. Semoga edukasi ini bermanfaat dan jangan lupa sarapan ya sebelum beraktivitas, hehe.

Kira-kira Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak bakalan datang kemana lagi ya? untuk mengkapanyekan keselamatan rambu lalu lintas seperti ini. Hehehe, jangan-jangan nanti ke sekolah kamu. Kita tunggu saja.

Nah, jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang Safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian ( Hp. 085249819160 ). GRATIS alias TANPA DI PUNGUT BIAYA.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *