Mengenal Pulau Kalimantan, Ibu Kota Baru yang Disahkan Oleh Jokowi

Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan melalui Rapat Terbatas Pemindahan Ibu Kota di kediaman Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8).

Meskipun belum diketahui secara pasti provinsi mana yang akan menjadi ibu kota, namun beberapa daerah dinilai berpotensi seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Dilansir dari CNBC Indonesia, alasan pemindahan ibu kota disampaikan oleh Menteri PPN, Bambang Brodjonegoro kepada seluruh awak media karena ingin mengubah pandangan penduduk Indonesia mengenai pembangunan yang merata seluruh Indonesia yang tidak hanya Jawa Centris, mengurangi beban di kawasan Jakarta dan Jabodetabek, pemerataan pembangunan hingga bagian timur, serta menerapkan konsep smart, green, and beautifu city terhadap ibu kota baru.

Tidak hanya dijadikan sebagai ibu kota saja, pulau Kalimantan juga menyimpan beragam destinasi wisata menarik yang nantinya bisa kamu kunjungi. Mengambil cuti untuk liburan singkat di pulau Kalimantan bisa menjadi alternatif bagus untuk melepas penat dari pekerjaan kantor yang memusingkan. Bukan hanya Derawan saja, kamu bisa mendatangi beberapa tempat berikut ini untuk mengisi liburang singkat.

1. Bukit Kelam

Indonesia ternyata juga memiliki batuan monilit yang tak kalah besarnya dengan Ayers Rock di Australia. Adalah Bukit Kelam yang terletak di Sintang, Kalimantan Barat disebut sebagai batu terbesar di dunia selain Ayers Rock. Konon banyak beredar kisah tentang bukit kelam, salah satu yang paling terkenal ialah Bujang Besji. Seorang pemuda keturunan Dayak itu gagal memindahkan batu besar untuk menutup jalur antara sungai Melawi dan Kapuas, karena digoda oleh bidadari.

Bukit Kelam ( Foto Instagram : widi_wilay )

Pengalaman memanjat puncak Bukit Kelam sangat cocok dilakukan untuk kamu yang menyukai tantangan. Dari atas puncak, kamu akan disuguhkan hamparan hijau yang akan membuatmu takjub akan ciptaan Tuhan. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan disana, seperti paralayang dan memanjat tebing. Jangan lupa pula membawa kamera untuk mengabadikan momen indah disana!

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Kalian yang lahir di tahun 90-an tentunya sudah tidak asing lagi dengan iklan salah satu stasiun tv yang menampilkan seorang nenek mengacungkan jempol di lokasi pasar terapung. Ternyata lokasi iklan tersebut berada di Kalimantan lho.

Pasar Terapung Lok Baintan ( Foto Instagram : anakjulak )

Tepatnya di Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Destinasi wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburan singkat saat bepergian ke Kalimantan Selatan. Untuk mengunjungi pasar terapung itu, kamu bisa datang mulai dari pukul 6 hingga 8 pagi.

Puluhan perahu berjajar di sungai Martapura sembari menjual sayuran, buah-buahan, dan kue khas daerah Banjar. Selain bisa menikmati berbagai jajanan menarik khas Banjar, kamu juga bisa menemukan beragam spot foto bagus bertemakan tradisional. Kamu juga bisa belajar sedikit demi sedikit bahasa Banjar yang digunakan sebagian masyarakat disana.

3. Pulau Beras Basah

Tidak hanya Derawan saja yang terkenal akan keindahan pulaunya, ternyata Pulau Beras Basah yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur ini juga patut kamu kunjungi saat liburan singkat.

Pulau Beras Basah ( Foto Instagram : rani.arz )

Bak surga di tanah Kalimantan, pulau ini sangat mempesona dikala senja tiba ditambah lagi adanya mercusuar yang menjulang tinggi layaknya pantai yang ada di luar negeri. Meski belum seratus persen terjamah pendatang diluar Kalimantan, pesona pulau Beras Basah tetap tak kalah tandingan dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia lho.

4. Taman Nasional Tanjung Puting

Jika ingin melihat kawasan konservasi orang utan, maka destinasi wsiata yang tepat untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Untuk menempuh perjalanan ke taman nasional itu, kamu bisa memesan tiket pesawat dari Jakarta menuju Pangkalan Bun. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan lewat jalur darat menuju Pelabuhan Kumai dengan durasi perjalanan 20 menit. Dari Pelabuhan Kumai, para wisatawan akan diminta menaiki klotok menuju Taman Nasional Tanjung Puting.

Habitat Orang Utan dapat kamu temui di Taman Nasional Tanjung Puting (Dok. Pribadi)

Di taman nasional itu, kamu bisa melihat secara langsung habitat orang utan, beruang, rusa, bekantan dan kucing liar. Salah satu aktivitas yang paling banyak ditunggu oleh pengunjung adalah feeding time. Wisatawan bisa menyaksikan secara langsung saat seorang ranger memberikan makanan berupa pisang dan susu pada orang utan.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke pulau Kalimantan yang bakal menjadi ibu kota di masa mendatang. Segera pesan tiket dan persiapkan liburan singkatmu ke Kalimantan ya. Karena masih ada banyak lagi tempat indah yang akan membuat kamu takjub dan belum banyak dijamah oleh pendatang. Jika masih bingung untuk mengisi waktu libur, kamu juga bisa membaca artikel mengenai destinasi wisata di Indonesia melalui laman https://www.cekaja.com/info/liburan-singkat-cek-5-tempat-wisata-unik-di-jabodetabek/.

Be social share!

6 thoughts on “Mengenal Pulau Kalimantan, Ibu Kota Baru yang Disahkan Oleh Jokowi

  1. Melihat foto pasar terapungnya saya jadi kangen Kalimantan. Karena saudara saya menetap di Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin dan jarang sekali bertemu. Dulu saya juga pernah tinggal di Kalimantan pas transmigrasi. Namun akhirnya keluarga saya memilih tinggal di Jawa sebagai tanah kelahiran. Ah kangen banget pokonya

  2. Saya lahir dan dibesarkan di DKI Jakarta. Walaupun Ibukota Negara pindah ke Pu;au Kalimantan, tetap tidak akan mengubah status Nama Kota Kelahiran saya tetap JAKARTA. Jadi kangen ” kampung Halaman” nih huaaaaaaaaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *