Museum Gunung Merapi Yogyakarta, Melihat Wajah Gunung Api di Indonesia

Kali ini perjalanan ke Yogyakarta di bagian utara, dekat dengan Gunung Merapi. Gunung merapi merupakan salah satu gunung yang aktif hingga sekarang, bahkan saat saya datang pun gunung tersebut masih mengeluarkan awan panas. Di dekat dengan gunung ini terdapat sebuah museum yang berisikan berbagai macam informasi seputar gunung merapi, bukan hanya gunung merapi saja gunung-gunung di Indonesia bahkan Gunung Dunia juga ada di museum ini.

Museum Gunung Merapi yang terletak di kabupaten Sleman ini memang sudah banyak perubahan dari awal pembangunan, baik itu karena letusan gunung merapi atau penataan ulang bangunan gedung sehingga bangunan ini benar-benar bangunan sejarah Indonesia.

MGM Yogyakarta
Bersama Mereka Mengunjungi MGM Yogyakarta

Gedung museum ini cukup unik, dengan warna abu-abu yang hampir semuanya menyerupai atap atau puncak gunung, kemudian dengan pintu masuk berwarna merah bak sebuah kawah gunung api.

Biaya masuk Museum Gunung Merapi untuk wisatawan Indonesia adalah Rp.5.000,-/orang sedangkan pengunjung luar negeri adalah Rp.10.000,- dengan harga cukup murah sudah bisa menikmati wisata museum dan berkeliling museum sepuasnya. Perlu diingiat setiap hari Senin museum ini tutup, jadi jangan datang ketika hari Senin.

Replika Gunung Merapi, dan contoh letusan yang terjadi
Anggota Tagana Daerah Yogyakarta

PS : Tagana adalah suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat. Pembentukan Tagana merupakan suatu upaya untuk memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana, khususnya yang berbasis masyarakat.
Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/

Salah satu rumah warga akibat Letusan Gunung Api

Didalam museum yang besar ini banyak hal yang dapat kita pelajari, mulai dari gambaran-gambaran dasyatnya letusan Gunung Merapi ketika tahun 2006, 2010 hingga 2018, proses pembangunan gedung museum ini, mengenang jasa para tagana di tragedi gunung api, serta memperlihatkan benda-benda yang membuktikan dasyatnya letusan gunung ini.

Sebenarnya pesona gunung api ini benar-benar indah, sudah saya buktikan sendiri dengan mendaki beberapa gunung di Indonesia seperti Semeru di Jawa Tengah dan Rinjani di Lombok, bahkan saat di Rinjani pun saya melihat dengan jelas erupsi Gunung Agung di Bali dari puncak pelawangan.

Wajah Gunung Api di Indonesia

Jatuh cintaku terhadap gunung semakin menjadi ketika dapat melihat gambar gunung-gunung indah yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki banyak pesona gunung yang terkenal hingga ke mancanegara. Namun, adanya gunung api bukan berarti juga aman tinggal disini, terdakang bisa saja terjadi bencana misalnya jika terjadi letusan gunung api hingga gempa. Tugas kita hanya menjaganya, semoga gunung-gunung di Indonesia tetap lestar, dan tetap dapat menunjukkan keindahannya.

MGM atau Museum Gunung Merapi ini memiliki dua lantai, dibagian lantai kedua bangunan didesain lebih modern disini terdapat beberapa video dokumenter tentang letusan gunung api, kemudian ada juga replika gunung api yang sedang meletus seperti miniatur.

Lorong Lantai Dua MGM Yogyakarta
Foto Sepeda yang dilelehkan oleh Lava Gunung Api

Tidak ketinggalan ada juga pameran hasil foto dari Photographer yang berhasil membidik berbagai peristiwa meletusnya gunung api. Museum ini sangat cocok sebagai tempat edukasi baik itu anak-anak yang ingin belajar tentang geologi atau apa pun yang berhubungan dengan Gunung Api.

Museum Gunung Merapi
Jln. Kaliurang KM.22 Banteng Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta.
Jam Buka : Selasa – Minggu 08.00-15.30, Jumat 08.00-14.30 (Senin Libur)
CP : 0274-896498

Be social share!

2 thoughts on “Museum Gunung Merapi Yogyakarta, Melihat Wajah Gunung Api di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *