Tips Memilih Pembersih Wajah yang Tepat untuk Segala Jenis Kulit

Bagi seorang wanita maupun pria yang sudah mulai membersihkan mukanya menggunakan pembersih khusus, tentu saja harus memilihnya dengan pintar dan tidak boleh sembarangan. Pembersih wajah memang banyak yang dijual di pasaran, namun tidak semuanya cocok dengan jenis kulit kamu loh. Karena itulah, harus jeli saat ingin membelinya di toko kosmetik atau melalui toko online.

Meskipun banyak blogger atau tren kecantikan yang merekomendasikan salah satu produk terbaik pembersih muka, ada baiknya kamu jangan mudah tergiur dengan mereka. Belum tentu apa yang mereka gunakan cocok dengan jenis kulit kamu. Tidak ada salahnya jika kamu melihat beberapa tips di bawah ini agar tidak salah membeli pembersih muka kamu.

1. Ketahui Jenis Kulit Kamu

Sebelum kamu membeli pembersih muka, pastikan kamu sudah mengetahui kondisi wajah kamu terlebih dahulu. Apakah kamu berjerawat, kulit kering, maupun berminyak. Tidak semua sabun muka memiliki kandungan yang cocok dengan jenis-jenis kulitnya. Salah memilih kandungan yang cocok, kondisi kulit wajah kamu dapat bertambah parah, seperti jerawat semakin bertambah, kulit menjadi lebih mudah berminyak, dan sebagainya.

Karena itulah, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana jenis kulit kamu.

2. Cek Bahan yang Terkandung pada Sabun Pembersih Wajah

Setiap sabun pembersih muka tentu sudah memiliki bahan-bahan yang khusus untuk kulit tertentu. Di dalam komposisinya sudah terdapat banyak bahan yang saling melengkapi. Namun, kamu jangan sembarangan memilih bahan-bahannya begitu saja. Perlu kamu ketahui, saat ini pembersih wajah ada yang memiliki bahan yang berbahaya untuk kesehatan kulit muka kamu.

Bahan-bahan yang berbahaya tersebut seperti alkohol, mentol, SLES, serta SLS. Kandungan tersebut merupakan bahan detergen yang tidak cocok untuk kulit wajah mana pun, baik pria maupun wanita. Hindari penggunaan bahan tersebut agar kulit kamu tidak mengalami masalah jerawat dan lainnya.

3. Lihat Perubahan pada Wajah Kamu

Jika kamu sudah memilih dan menggunakan sabun pembersih wajah kamu, kamu perlu melihat bagaimana perubahannya saat kamu sudah memakainya secara rutin. Nah, buat kamu yang baru pertama kalinya menggunakan produk baru, tidak ada salahnya kamu membuat foto sebelum dan sesudah wajah kamu memakai produk tersebut.

Perhatikan kondisinya setelah dan sebelum memakai produk pembersih pilihan kamu. Kalau menurut kamu kulit menjadi lebih kering, langsung gantilah dengan produk yang lainnya. Meskipun sudah menggunakan pelembab, kulit kering tidak mudah diatasi secara cepat. Tapi kalau kamu tidak merasakan efek negatif apa pun setelah penggunaannya, kamu dapat meneruskan pemakaiannya.

4. Pilih Jenis Pembersih yang Sesuai

Pembersih wajah memiliki berbagai jenis, seperti busa, tanpa busa, maupun yang scrub. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan perlu kamu ketahui secara pasti terlebih dahulu agar kamu tidak salah penggunaannya.

Pembersih yang memakai busa akan memberikan sensasi yang enak serta nyaman untuk kulit wajah. Jenis ini sangat cocok untuk mengatasi kulit yang berminyak maupun berjerawat. Namun, kamu harus membersihkannya cukup lama karena bahannya yang terlalu menempel sehingga cukup sulit dibersihkan.

Untuk jenis tanpa busa atau non foaming, sabunnya lebih mudah dibersihkan karena kandungan surfaktannya yang lebih sedikit dibandingkan yang berbusa. Biasanya jenis ini juga menyimpan lebih banyak fungsi yang cocok diaplikasikan ke kulit wajah, seperti pelembab maupun anti oksidan.

Sedangkan jenis scrub mengandung bahan-bahan khusus yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaatnya tentu saja memberikan efek halus pada kulit, namun jika kulit kamu lebih sensitif, penggunaan scrub tidak dianjurkan karena dapat membuat kulit iritasi bahkan luka.

Nivea Facial Foam (sumber : https://www.handdriati.com)

Belum menemukan pembersih wajah yang tepat? Tidak ada salahnya kamu mencoba produk sabun muka dari Nivea. Bahan-bahannya yang aman dari kandungan berbahaya untuk kulit wajah, membuat kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu dapat melihat semua produknya di nivea.co.id untuk lebih jelasnya.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *