Edukasi Safety Riding di SMP Negeri 9 Kota Pontianak

Tidak ada hentinya perjuangan menyebarkan virus edukasi safety riding sejak dini ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia, kali ini dilanjutkan tim keselamatan berkendara atau safety riding dari PT. Astra International, Tbk – Honda sekaligus main dealer Honda di wilayah Provinsi Kalimantan Barat mengunjungi sejumlah sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar, SMP, SMA, Kampus, bahkan instansi pemerintahan dan perusahaan.

Nah, kali ini team Safety Riding bersama Satlantas Polresta Pontianak Kota mengunjungi ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak Kota yang berlokasi di Jl. Pangeran Natakusuma Kec. Pontianak Kota, pada hari Kamis tanggal 5 Septermber 2019.

SMP Negeri 9 Pontianak, siap menjadi pelopor keselamatan lalu lintas!

Saat team Safety Riding tiba, mereka disambut hangat puluhan siswa, team safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Polresta Pontianak Kota semakin semangat memberikan edukasi safety riding keselamatan berlalu lintas mengenai cara berkendara yang baik dan nyaman, seperti seputar peraturan lalu lintas termasuk pengenalan rambu lalu lintas dan perlengkapan berkendara yang baik dan benar.

Tidak ketinggalan, Honda juga selalu memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjadi penumpang kendaraan bermotor yang baik dan benar, mengingat banyaknya yang tidak menggunakan riding gear maupun helm SNI saat berboncengan.

Operasi Patuh Kapuas 2019

Untuk lebih mengenal kondisi jalan raya dikatakannya, para siswa disosialisasikan berkenaan Operasi Patuh Kapuas 2019 dari kepolisian bagaimana penerapan peraturan lalu lintas yang sudah diterapkan di masyarakat khususnya pengendara roda dua.

Pemberitahuan Operasi Patuh Kapuas 2019

Pengadaan Operasi Patuh Kapuas di Tahun 2019 ini bukan tanpa alasan, melainkan demi keselamatan untuk kemanusiaan.

8 Sasaran Operasi Patuh Kapuas Tahun 2019 :

  1. Pengendara Sepeda Motor Dan Di Bonceng Tidak Menggunakan Helm Standart.
  2. Pengemudi Roda Empat Atau Lebih Tidak Menggunakan Safety Belt.
  3. Pengemudi Roda Empat Atau Lebih Yang Melebihi Batas Maksimal Kecepatan.
  4. Pengemudi Kendaraan Bermotor Yang Melawan Arus.
  5. Mabuk Pada Saat Mengemudikan Kendaraan Bermotor.
  6. Pengemudi Kendaraan Bermotor Yang Masih Dibawah Umur.
  7. Menggunakan HP Saat Mengemudikan Kendaraan Bermotor.
  8. Kendaraan Bermotor Yang Menggunakan Lampu Rotator/Strobo.

Tiga Penyebab Kecelakaan di Jalan Raya

Dony Adrian, Instruktur Safety Riding Astra Motor menjelas, 3 penyebab kecelakaan di jalan raya adalah manusia, karenanya Honda selalu berupaya melanjutkan kampanye #cari_aman demi kecerdasan bangsa sehingga kelak para generasi muda ini menjadi pribadi dewasa yang memiliki kesadaran melindungi keselamatan diri dan keluarga serta dapat mengendalikan emosi yang dapat mengundang resiko kecelakaan yang fatal.

1. Pengendara / Pengemudi Mengantuk

Dari hasil analisis data statistik, manusia atau pengemudi punya andil besar sebagai penyebab kecelakaan di jalan raya. Penyebabnya bisa dari kondisi fisik dan mental, sikap berkendara, keterampilan mengemudi yang buruk, serta pengaruh alkohol.

2. Faktor dari Kendaraan itu Sendiri

Faktor dari kendaraaan itu sendiriIni berhubungan dengan kondisi laik jalan dari sepeda motor atau mobil yang digunakan untuk berkendara.

Seperti sistem pengereman, kondisi ban, atau sistem kemudi yang tidak berfungsi, atau bahkan modifikasi yang tidak sesuai dengan aturan keselamatan

3. Faktor Jalan dan Lingkungan

Faktor jalan ini seperti desain geometrik jalan dan layout yang tidak sesuai, kondisi permukaan jalan yang kurang memenuhi syarat (berlubang), fasilitas pejalan kaki tidak memadai, pencahayaan jalan.

Penyebab kecelakaan akibat lingkungan punya kontribusi terhadap kecelakaan. Tidak kalah penting adalah faktor cuaca, kondisi alam mungkin pada saat banjir, gempa bumi dan sebagainya itu juga bisa menimbulkan kecelakaan.

Generasi Safety Riding di SMP 9 Pontianak

Para generasi muda ini kedepannya akan menjadi pengendara motor yang sesungguhnya, karenanya saat edukasi kami berupaya memperkenalkan tentang pengetahuan Safety Riding, termasuk informasi tentang perlengkapan berkendara yang benar seperti helm, jaket, sepatu, serta cara berkendara yang menguatamakan etika.

Siswa SMP Negeri 9 Pontianak

Menurut Manager Safety Riding yaitu Julius Armando menjelaskan bahwa, edukasi safety riding Honda melalui kampanye #Cari_aman pasti akan terus dilakukan mengingat angka kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh kendaraan bermotor di Jalan Raya.

STOP…. PELANGGARAN KECELAKAAN KESELAMATAN UNTUK KEMANUSIAAN.

Jangan Lupa Pakai Helm SNI

Ingat, kesadaran untuk membudayakan keselamatan berkendara dimulai dari diri sendiri. Karenanya Honda mengajak generasi muda Indonesia untuk lebih dulu mencintai diri dan menghargai kehidupan, sehingga mereka juga akan menghargai kehidupan orang lain dengan selalu cari aman di jalan.

Jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang ingin mengedukasi dan membutuhkan informasi berkenaan tentang Safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian di Nomor Hp. 085249819160, tidak dipungut biaya alias GRATIS!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *