Kuliner Bakmi Kepiting Pontianak Halal di Bakso & Bakmi Pak Usu

Saya yakin di setiap daerah pasti memiliki keistimewaan masing-masing, apalagi dalam hal kulinernya. Salah satunya di Kota Pontianak, kota kelahiran saya yang kerap disebut sebagai Kota Bersinar. Kota ini juga memiliki kuliner andalannya bahkan banyak yang menyebutnya dengan Kota Sejuta Kuliner.

Kuliner yang menjadi andalan di Kota Pontianak adalah Bakmi Kepiting, sebenarnya ada banyak penjual bakmi kepiting di Kota Pontianak. Tapi, biasanya non-halal. Eiiitts tenang saja, ada rekomendasi dari saya sendiri untuk Bakmi Kepiting yang bersertifikat halal, tepatnya di Bakso & Bakmi Pak Usu.

Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak

Sebenarnya bakmi merupakan satu diantara sajian mie yang berasal dari China. Masuknya kuliner ini di Indonesia karena banyaknya pedagang-pedagang Tiongkok yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan. Bakmi yang direbus, biasanya ditambahkan beberapa toping seperi sawi hijau, jamur cincang, toge dan irisan daging babi. Meski aslinya menggunakan daging babi, tapi di Indonesia penggunaan daging babi sudah banyak digantikan dengan daging ayam. Nah, spesialnya hanya di Pontianak ada Bakmie Kepiting Khas Pontianak yang Halal.

Bakmi Kepiting Spesial

Bicara soal Bakmi Kepiting Halal Khas Pontianak, sekilas Bakmie Kepiting ini memang mirip dengan mie ayam, tapi Bakmi Kepiting Khas Pontianak jelas punya ciri khas yang berbeda, yaps kepiting. Semangkok Bakmi dengan tekstur mie telur yang lembut, daging kepiting yang dipakai biasanya adalah bagian capit yang besar, bersama topping lainnya sebagai pelengkap disatukan di dalam satu porsi Bakmi Kepiting.

Main Ingredients Bakmi Kepiting

Apa saja isinya? dengan berbahan dasar mie telur kemudian berbagai toping seperti potongan ayam, telur dadar, pangsit goreng, bakso ikan, kacang kedelai, potongan hekeng ikan dan daun seledri. Oh iya yang tidak bisa dilupakan adalah daging capit kepiting. Ditambah dengan kuah kaldu Bakmi Kepiting lebih nikmat, kamu juga bisa nikmati dengan keadaan kering (tanpa kuah) sesuai selera.

Meracik Bakmi Kepiting

Jadi, wajar jika seporsi dihargai 30ribuan untuk bakmi spesial. Ada rasa ada harga. Namun, memang kebanyakan makanan khas jika kita temui di suatu kota pasti terlihat mahal ya. Oh iya, buat kamu yang tidak bisa mengonsumsi kepiting banyak-banyak alias takut kolesterol kamu dapat pilih menu Bakmi Kepiting Biasa, rasanya gak kalah nikmat kok dengan Bakmi Kepiting Spesial.

Yakin gak pengen makan kepiting spesial?
Mie Telur yang banyak

Dengan takaran mie yang banyak dan daging kepiting (untuk bakmi spesial) daging capit kepitingnya besar, wajar jika si empunya selalu menghabiskan banyak daging kepiting per harinya, jika dilihat dari banyaknya pelanggan yang datang, jadi kenikmatannya sudah tidak diragukan lagi bukan?

Makan Bakmie Kepiting Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu Aja!

Pokoknya jangan bingung-bingung lagi kalau mencari Bakmie Kepiting Khas Pontianak yang enak dan halal dimana jika berkunjung ke Kota Pontianak. Karena di Bakso & Bakmi Pak Usu menyediakan menu favorit dan legendaris ini, berikut beberapa alasan Bakso & Bakmi Pak Usu bisa dijadikan rekomendasi wisata kuliner yang pas untuk kamu:

1. Bersertifikat Halal LPPOM MUI

Bakmi Kepiting disini HALAL dengan nomor sertifikasi yang dapat kamu lihat di retorannya langsung. Logo nya bukan sekedar tulisan halal saja, tapi bersertifikasi dan telah diakui oleh LPPOM MUI dengan nomor regristrasi 21310004670616 yang berlaku di semua restoran Ayam Pak Usu di Kota Pontianak. Untuk mempermudah kamu membedakannya kamu dapat membaca infografis yang saya buat berdasarkan data dari halalmui.org berikut ini.

Logo HALAL resmi dari MUI
Logo Halal di Restoran Bakso & Bakmi Pak Usu

Kamu juga dapat mengecek dengan menggunakan nomor resgristrasi MUI Ayam Pak Usu di website MUI sebagai acuan Sertifikasi Halal.

Sumber : LPPOM MUI Kalimantan Barat (halalmui.org)

Jadi, tidak perlu diragukan lagi makan Bakmie Kepiting Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu dijamin 100% halal. Kamu juga dapat melihat proses pembuatan bakmi secara langsung karena dapurnya terbuka dan berada diposisi yang mudah dilihat oleh pengunjung yang datang ke restoran.

2. Tersedia Produk UMKM dari Ayam Pak Usu

Bingung mau bawa apa untuk dijadikan oleh-oleh ketika datang ke Kota Pontianak? Pak Usu juga menyediakan produk UMKM yang bisa kamu jadikan buah tangan jika datang ke Kota Pontianak. Mulai dari Sirup Jeruk Sengkit hingga snack Ops.. BaNaNa.

Produk UMKM

Dapatkan juga berbagai produk ini di UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak di Jalan Sultan Abdurrahman No. 140 Kota Pontianak (arah Kota Baru).

3. Dapatkan Poin di Aplikasi Ayam Pak Usu

Nah, makan di Pak Usu juga seru loh apa lagi dengan program reward poin, jadi kamu bisa makan dengan potongan harga maupun cash back harga tertentu menggunakan aplikasi Ayam Pak Usu yang dapat kamu downlaod gratis di Google Play Store.

Aplikasi Poin Ayam Pak Usu ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat spesial untuk menggantikan sistem point yang selama ini menggunakan sistem manual alias masih menggunakan voucher kertas sebagai media.

Untuk mendapatkan point dan reward-nya cukup mudah tinggal download saja terus install di smartphone android, kemudian kamu bisa ikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Setiap download pertama kali aplikasi ayam pak usu, maka kamu akan mendapatkan 10.000 poin promo.
  2. Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
  3. Aplikasi Ayam Pak Usu sebagai penyedia Cash Back dalam bentuk poin, bukan nominal Rupiah.
  4. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal 10.000 poin (berlaku untuk kelipatan) keterangan; 10.000 poin, 20.000 Poin, 30.000 poin, 40.000 poin, 50.000 poin dan seterusnya.
  5. Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
  6. Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- kamu akan mendapatkan bonus 5000 Poin (berlaku untuk kelipatan) Dengan keterangan:
    • Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
    • Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
    • Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
    • Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
    • Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)
  7. Masa berlaku penggunaan poin aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember 2019).
  8. Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
  9. Perlu diingat, Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat melakukan order menu, karena hanya bersifat informasi.
  10. Pengguna aplikasi ayam pak usu wajib mentaati peraturan yang diberlakukan oleh setiap Outlet Ayam Pak Usu.
  11. Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan Pemblokiran Akun, jika pengguna melakukan tindakan kecurangan atau penyalahgunaan terhadap aplikasi Ayam Pak Usu.
  12. Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE.
  13. Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  14. Tidak berlaku untuk Outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika dan Bakso & Bakmi Pak Usu.

Tidak hanya itu saja, di aplikasi ini juga berisikan informasi menarik dan terbaru seputar acara memasak, kelas memasak dan hal-hal baru di dunia kuliner di Kalimantan Barat. Selain itu di dalamnya juga ada daftar menu favorit dan menu terbaru dari Ayam Pak Usu juga produk-produk UMKM Kota Pontianak.

4. Mie Telur Olahan Dapur Sendiri

Untuk mempertahankan cita rasa mie terbaik, restoran pak usu mengolah adonan mie-nya di dapur sendiri. Produksi mie langsung ditangani oleh para ahli serta pembuatan mie dengan bahan-bahan alami alias tanpa bahan pengawet tentunya.

Senyum mu mass

Dengan menggunakan teknologi yang modern proses pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, wajar saja mie yang diproduksi pun lumayan banyak.

Harga Bakmie Kepiting Khas Pontianak di Pak Usu

Soal harga tidak perlu ragu, karena harganya cukup terjangkau hampir semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dapat mencicipi Bakmie Kepiting ini. Berikut detail harga Bakmie Kepiting Spesial dan Bakmie Kepiting Biasa di Bakso & Bakmi Pak Usu Pontianak:

Harga Bakmie Kepiting Khas Pontianak (harga sudah termasuk pajak)

Nikmati Segarnya Es Jeruk Sengkit di Bakso & Bakmi Pak Usu

Sudah nikmat makan Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, coba juga minuman segar berbahan jeruk limau pontianak asli dengan potongan jeruk asli didalamnya, minuman ini bernama Es Jeruk Sengkit segelasnya hanya Rp.5.000,- saja. Jenis minuman ini juga khas dari Kota Pontianak, rasanya asam manis kayak nano-nano pokoknya nyegerin dah.

Es Jeruk Sengkit

Jadi, jika sudah kenyang dan terpuaskan dengan nikmatnya Bakmi Kepiting disini jangan ada kata berdosa, karena jika sudah ke Pontianak tapi belum menikmati kuliner yang legendaris ini, ibarat sudah PDKT namun tidak saling memiliki. Jauh Mbak, Jauhhh hehe. Yaudah, langsung saja deh datang ke Bakso & Bakmi Pak Usu dan nikmati Bakmi Kepiting Spesial Khas Pontianak yang pastinya Halal, dijamin nikmat!

Lokasi Bakso & Bakmi Pak Usu (Podomoro) Jl. Putri Candramidi No. 10 Kota Pontianak | Jam Buka Pukul 10.00

Ayo datang ke Pontianak, jangan lupa mampir dan nikmati Bakmi Kepiting Khas Pontianak di Ayam Pak Usu. Catat ya alamatnya, Bakso & Bakmi Pak Usu terletak di Jalan Putri Candramidi No. 10 Kota Pontianak (Podomoro) klik link di Google Maps.

Intip yuk video singkat saya saat sedang icip-cicip Bakmie Kepiting Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu akhir pekan lalu. Kamu juga dapat melihat proses pembuatan mie telur secara langsung.

Pontianak Creative Culinary Festival 2019

Oh iya, dalam rangka menyambut hari jadi Kota Pontianak yang ke-248. Dinas Kepemudaan Olahraga & Pariwisata Kota Pontianak bersama PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Pontianak menyelenggarakan event Festival Kuliner bernama Pontianak Creative Culinary Festival 2019 dengan tema “Harmonisasi Budaya dalam Cita Rasa Kuliner” diselenggarakan di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak pada 16 Oktober 2019 hingga 20 Oktober 2019.

Akan ada banyak stan kuliner Khas Pontianak, mulai dari yang tradisional hingga modern. Kamu juga dapat menemui Bakmi Kepiting Khas Pontianak yang halal di stan Ayam Pak Usu. Eitts, tidak hanya kuliner saja, ada juga agenda menarik seperti music, art gallery, book bazaar literasi kalbar, photography, movie screening, sharing session, workshop creative hingga games dan lomba-lomba menarik. Sedikit bocoran, saat acara ada lomba mukbang loh, yang terdiri dalam beberapa tim, dalam satu tim terdapat sebanyak 6 peserta, nah satu tim akan makan bakmie kepiting seberat 5 kilo. Yuk datang, jangan sampai ketinggalan 😀

Untuk kalian, mari berkunjung ke Kota Pontianak dan rasakan kenikmatan Bakmi Kepiting Khas Kota Pontianak dan kuliner lainnya di Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Blogger Competition “Mie Sagu Khas Pontianak & Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Kalimantan Barat” Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Baca Juga : Nikmat Terbuai Mie Sagu Khas Pontianak Yang Legendaris

Referensi:

  • Infografis, Foto & Video : Dokumen pribadi Siti Mustiani
  • Produk HALAL LPPOM MUI : http://www.halalmui.org
  • Ketentuan Aplikasi Poin Ayam Pak Usu : Google Play Store Ayam Pak Usu
Be social share!

27 thoughts on “Kuliner Bakmi Kepiting Pontianak Halal di Bakso & Bakmi Pak Usu

  1. Alhamdulillah sekaranh udah ada yang Halal. Jadi tidak ragu lagi mau makan Bakmi Kepiting. Terima kasih infonya Kak Siti 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *