Mencicipi Nasi Ayong 999, Makanan Khas Pontianak yang Bikin Nagih

Makan enak itu termasuk rejeki, belum bisa keturutan ya tetap perlu disyukuri. Kan tidak selamanya hidup selalu enak kan. Ngomongin yang enak-enak saya jadi kepikiran kekenyangan makan Nasi plus Telor Ceplok nya Ayong 999. Whats? Telor Ceplok? Bukannya semua telor ceplok itu biasa aja ya bisa bikin di rumah, ya?

Ya, apalagi saya sering makan di rumah karena masakan ibu. Melihat telor ceplok aja udah agak gimana, bosen euy. Tapi, kalau udah dibikinin Ibu saya, gak pernah nolak. Duh jadi kangen Ibuk.

Eits balik lagi ke Telor Ceploknya Nasi Ayong ya, ehehhee. Jadi kemarin kali pertama saya mencicipi Nasi Ayong 999 makanan yang legendaris itu. Kemarin, setelah dari ngopi-ngopi cantik di Coffee Shop saya hendak ke food court rencananya mencari steak (lagi pengen makan enak), eh pas ke arah Jalan Gajah Mada jadi ingat Nasi Ayong yang dulu pernah mampir tapi udah tutup jadi saya melipir di dekat Hotel Gajah Mada. Pas sekali, ya sekalinya mampir ternyata Nasi Ayong akhirnya buka.

Setengah Matang

Telor Ceploknya Nasi Ayong tersebut rasanya seperti telur goreng (MASA SIH), bukan bukan tidak seperti Telor Ceplok pada umumnya loh. Kalau ini seperti ditambahi bumbu bawang tumis kemudian penyajiannya pun tetap di piring. *Ngelawak, Mbak?* Bukan bukan, Nasi Ayong 999 penjualannya pun unik, tukang masaknya bisa sambil nyambut tamu yang datang karena posisi dapurnya di depan bukan di belakang.

Kita dapat melihat langsung proses masaknya, oh ya pilihan lauknya cukup banyak ada toge, sawi lain sebagainya. Selain nasi putih kamu bisa memilih Nasi Goreng atau Mie Tiaw Goreng nya juga yang tidak kalah enak. Telurnya juga bisa pilih dimasak matang atau setengah matang kalau saya sih selalu minta yang setengah matang. Apalagi ada toppingnya (TOPPING), eh maksud saya ada tambahannya seperti sayur toge atau cah sawi.

Telor Ceplok Matang + Sayur Toge

Walaupun tampilannya yang sangat sederhana, nasi putih yang diberi telor ceplok kemudian dilumuri kecap asin ini memang terkenal, bahkan orang pun rela antri buat mencicipinya, kabarnya nasi ayong sempat viral gara-gara vlogger kuliner yang mencicipi Nasi Ayong 999 ini.

Oh iya lokasi Rumah Makan Nasi Ayong 999 ini terletak di gang tepatnya diantara Hotel Gajah Mada dan Supermartket Ligo Mitra Jln. Gajah Mada, Gang Gajah Mada 15 Kota Pontianak masuk sekitar 100 meter nah disitu kamu akan menemukan RM Nasi Ayong 999 dengan plang “Ayong 999”. Bisa juga kamu temukan pakai aplikasi Google Maps dengan kata kunci “Nasi Ayong 999” saat sampai di lokasi biasanya ramai dengan parkiran dan kursi-kursi di bagian dalamnya, Nasi Ayong 999 buka mulai pukul 17.00 sampai habis.

Nah, jika kamu pesan nasi+telor saja kamu cukup bayar Rp. 7.000,-/porsi (murah kan?). Makanan yang dibuat juga dari bahan yang segar apalagi dinikmati pas masih panas, jadi wajar saja Nasi Ayong disukai banyak orang. Jangan heran kalau rumah makan ini tak pernah sepi dan selalu dipenuhi pengunjung.

Jadi, kalau kalian ke Pontianak dan belum nyobain Nasi Ayong 999. RUGI! Udah yaa, gitu aja. Jangan lupa makan, uwuw.

Tabik,

Semoga bermanfaat ^ ^

Be social share!

8 thoughts on “Mencicipi Nasi Ayong 999, Makanan Khas Pontianak yang Bikin Nagih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *