Ngopi Produktif di Akhir Pekan : Pontianak International Dragon Boat

Semangat pagi dan happy weekend, kalau sudah hari Sabtu saatnya melakukan kegiatan yang produktif. Nah, weekend kali ini saya produktif banget karena menghadiri kegiatan “Kopi Bareng Rekan Media” ngobrol seru tentang event Internasional yang akan diselenggarakan di Kota Pontianak di tanggal 20 – 22 September 2019 nanti.

Kalau sudah bulan September di Kota Pontianak memang banyak hal menarik untuk dikunjungi, satu diantaranya ada event unik yang hanya ada di Kota Khatulitiwa yaitu Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa.

Potensi Wisata Sungai di Kota Pontianak

Sebagai kota yang dilalui oleh garis equator Kota Pontianak juga punya potensi wisata sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Potensi wisata air di Sungai Kapuas mulai menarik apalagi adanya Waterfront Kota Pontianak yang tertata rapi. Dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai, jembatan kapuas, bahkan menyusuri sungai dengan kapal wisata.

Waterfront Kota Pontianak

Saat hari kemerdekaan 17 Agustus 2019 kemarin, sungai ini juga digunakan sebagai tempat Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Indonesia serta pengibaran bendera di Jembatan Kapuas. Oh iya kabarnya sungai ini juga akan menjadi tempat diselenggarakan sebuah event Internasional yang tidak boleh untuk dilewatkan yaitu Pontianak International Dragon Boat.

Wisata Kulminasi Kota Pontianak

Sepertinya sudah tidak asing lagi bicara soal Titik Kulminasi Kota Pontianak, acara yang diselenggarakan dua kali dalam setahun yaitu pada bukan Maret dan September ini memang menarik para wisatawan yang penasaran dengan berdirinya telur dan tidak ada bayangan ketika berdiri disana.

Taman Tugu Khatulistiwa Pontianak

Nah, berhubung minggu-minggu tersebut akan ramai dikunjungi Pemerintah Kota Pontianak juga menggelar event olah raga sungai seperti International Dragon Boat.

International Dragon Boat : Merupakan festival perahu naga sekaligus olah raga perahu di air yang merebutkan kejuaraan perahu naga skala internasional.

Kopi Bareng Rekan Media

Sabtu Pagi, 14 September 2019 rekan-rekan media di Kota Pontianak diundang untuk menhadiri Konferensi Pers tentang event International Dragon Boat yang benar-benar pertama kali digelar di Kota Pontianak.

Ngopi di Halaman Harris Pontianak

Menurut bapak Walikota Pontianak dengan event bertaraf internasional ini akan membantu meningkatkan pariwisata di Kota Pontianak dan pemanfaatan potensi di Sungai Kapuas tentunya.

Pontianak International Dragon Boat

Untuk Pontianak International Dragon Boat sendiri nanti akan diikuti oleh tujuh Negara yaitu China, Australia, Brunei Darrussalam, Singapura, Malaysia, Philipina, serta beberapa provinsi dari Indonesia.

Konferensi Pers bersama Bapak Walikota Pontianak

Fahrudin Siregar selaku ketua KONI mengatakan event ini pastinya sangat baik dan dapat mengenalkan Kalimantan Barat ke dunia dan akan berdampak pada pertumbuhan ekonominya juga.

Semua kalangan di Kota Pontianak siap membantu menyukseskan event Internasional ini, misalnya saja Polda Kalimantan Barat akan turunkan personil dari segi pengamanan dan juga siap mengirimkan peserta untuk ikut dalam lomba khatulistiwa run.

Sporta Indonesia sebagai penyelenggara event ini pasti tentu saja membutuhkan bantuan dan dukungan yang disambut baik oleh berbagai instansi atau Lembaga seperti kepolisian, TNI, dinas terkait, dinas Pendidikan, dinas pemuda dan olahraga, diskominfo serta para sponsorsif seperti BCA, Astra, OSO Security, Nestle, Teh Botol, Hydro Coco, Yuzu dan lainnya juga tidak mau ketinggalan menyukseskan kegiatan ini.

1. Launching Lagu Mars PIDB 2019

Sungguh kreatifnya anak muda Kota Pontianak, di event international dragon boat juga dibuat sebuah lagu Mars PIDB 2019, dengan lirik sebagai berikut:


Pontianak kote tercinte
Walikotenye Bijak Budiman
Beserte Masyarakat Kite
Di Bumi Khatulistiwa

Pontianak International
Dragon Boat name acarenye
Sungai Kapuas Punye Cerite
Lomba dayung antare bangse

Reff:

Dayunglah 2x
Jayalah 2x
Menjadi Sang Juara
Dayunglah 2x
Jayalah 2x
Pontianak Kalimantan Barat

Interlude
Marilah berjabat tangan
Selangkah seiring sejalan
Di air kite belawan
Di darat kite bekawan

*back to reff

Dayunglah 2x
Jaya lah 2x
Menjadi sang juara
Dayunglah 2x
Jaya lah 2x
Pontianak Kalimantan Barat 2x
Untuk Indonesia

Salam olah raga… Jaya
Pontianak… Bangge 3x


Blogger Pontianak

2. Cek Kesehatan dan Donor Darah

Eits ngopi produktif di akhir pekan ini tidak sampai disini saja, ada juga kegiatan berbagi manfaat antar sesama manusia yaitu kegiatan donor darah yang juga diselenggarakan di Hotel Harris Kota Pontianak lantai 1.

Donor Darah

Event Lainnya di PIDB

FYI. Selain khatulistiwa run dan internasional dragon boat, kegiatan ini juga akan dilengkapi dengan suguhan seni multi etnis di Kalimantan Barat, lomba memasak hasil sungai, world clean up serta fun bike.

Sebagai warga Kota Pontianak kita harus bangga dan terus mendukung kegiatan yang membangun kota kita tercinta ini. Semoga acara tersebut dapat berjalan lancar. Bagi kamu yang ada di Kota Pontianak atau sekitarnya yuk ramaikan dan meriahkan acara Pontianak International Dragon Boat ajak teman, keluarga untuk hadir di event ini.

Terakhir nih, sebagai dukungan dari Bank BCA. Pihak Bank BCA Kota Pontianak juga meluncurkan desain ATM baru yang bergambar acara Dragon Boat serta Khatulistiwa Run.

Desain ATM BCA Dragon Boat dan Khatulistiwa Run

Intip yuk video teaser dari Sporta Indonesia untuk acara Pontianak Dragon Boat dan Khatulistiwa Run yang akan datang nanti dan bikin pontianak bangge:

Terima Kasih, semoga arikel ini bermanfaat. Salam Olah Raga!

Referensi :

  • Press Release Sporta Indonesia : Pontianak International Dragon Boat
  • Foto Pendukung : Dokumen Pribadi Siti Mustiani
Be social share!

7 thoughts on “Ngopi Produktif di Akhir Pekan : Pontianak International Dragon Boat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *