Pesona Sunset dari Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta

Sunset dari Bukit Paralayang Yogyakarta – Kali pertama berkunjung ke Bukit Paralayang Yogyakarta sebenarnya sedikit kecewa, karena hari sudah mulai gelap untuk menikmati senja, tapi tidak masalah saya tetap dapat menikmatinya walaupun sebentar. Berhubung saya udah lama sekali tidak menikmati senja yang romantis, jadi ini waktu yang tepat untuk bermanja dengannya. Inget, yang namanya romantis gak selalu berdua, sendiri pun bisa, asekk.

Jika kalian traveling ke Yogyakarta jangan lewatkan pesona sunset dengan pemandangan Pantai Parangtritis dari Bukit Paralayang Watugupit, keindahannya benar-benar membuat pengunjung tak ingin pulang terburu-buru. Sebelum ke Paralayang kalian juga dapat menikmati sejuta wisata yang ada di Jogja.

Nah kalau dari jakarta ke jogja naik kereta api, cukup ditempuh dengan waktu sekitar 8 jam saja, apalagi naik kereta termasuk trasportasi yang murah. Kalian dapat memilih berangkat sore atau malam, jadi selama di kereta dapat kalian manfaatkan untuk istirahat malam. Stasiun kereta api di Jogja tepat di pusat kota Yogyakarta dekat dengan Malioboro. Sebelum mencari penginapan kalian dapat menikmati suasana di Jalan Malioboro hingga Tugu Jogja.

Jalan Malioboro

Banyak loh aktivitas seru yang dapat kemu lakukan di pusat kota yang selalu ramai dikunjungi, misalnya:

Pertama kamu dapat menyaksikan street musician gratis, yap di Jalan Malioboro banyak banget musisi-musisi kreatif yang memperlihatkan karya bermusiknya dan dapat ditonton secara gratis. Tidak jarang pengunjung pun ikut menari dan memberikan sedikit apresiasinya berupa uang.

Kulineran mulai dari makan gudeg di warung lesehan, laper? tenang saja di sekitar Malioboro juga ada beberapa warung lesehan dengan menu andalannya adalah gudeg. Makanan khas Jogja ini selain murah juga mengenyangkan. Masih kurang? tinggal tambah angkringan, butuh yang anget-anget coba saja wedang ronde oh iya jangan sampai lewatkan juga sate kere namun, untuk mendapatkan menu ini, kamu harus datang agak sore rame soalnya cepat habis. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Meski isinya sederhana, namun berkat bumbu spesial yang diracik dengan pas, rasa sate kere ini terasa nikmat.

Tugu Jogja

Terakhir jangan lupa foto-foto di Tugu Jogja yaa, tugu ikonik ini wajib kamu datangi ketika traveling ke Yogyakarta. Oh ya di Malioboro juga banyak penginapan mulai dari yang mewah hingga ala backpackeran juga ada. Oke kembali ke Pesona Sunset di Bukit Paralayang dari area Malioboro kamu dapat mengambil ke arah selatan Yogyakarta.

Sebelum naik ke Bukit Paralayang mampirlah dulu ke destinasi wisata disekitarnya, misalnya jika kamu ingin sehari dapat menikmati beberapa tempat di Jogja, kamu juga dapat singgah dulu ke Hutan Pinus Puncak Becici Yogyakarta lalu melipir ke Parangtritis kemudian berjalan sedikit ke Bukit Paralayang.

Puncak Becici Yogyakarta

Hutan Pinus Puncak Becici terletak di Imogiri Mangunan, Yogyakarta. Suasananya yang sejuk dan bikin adem benar-benar buat betah untuk lama-lama disini. Menurutku lokasi Puncak Becici ini cukup mudah dikunjungi baik menggunakan kendaraan motor, mobil bahkan bis wisata.

Puncak Becici

Kawasan ini sangat cocok untuk keluarga, anak-anak, dan generasi muda apalagi ada beberapa spot yang memang instagrammable. Puncak Becici memiliki hutan pinus dengan luas 4,4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset di area teras puncaknya. Tapi sebaiknya menikmati di Bukit Paralayang saja. Setelah puas foto-foto di Puncak Becici ambil jalur ke arah Parangtritis.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis yang luas diarea selatan dengan pantai yang menawarkan pesona bahari. Banyak juga aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di pantai ini. Misalnya bermain layang-layang, berkuda, sewa ATV, bermain paralayang hingga kulineran di pantai.

Pantai Parangtritis

Satu diantara kuliner enak dan murah yang harus kalian coba adalah undur-undur, walaupun asing dan jarang didengar namun hewan laut ini memiliki daging yang lezat, tidak kalah dengan rajungan atau kepiting. Hanya Rp.10.000,-/bungkus kalian bisa request dua menu.

Undur Undur

Bukit Paralayang Yogyakarta

Nah seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini Bukit Paralayang Parangtritis adalah tempat wisata di Yogyakarta yang populer karena mensajikan pemandangan pantai parangtritis dari atas bukit dengan ketinggian 900 mdpl dan pemandangan matahari terbenam.

Ciee beduaan

Oh iya kalau disiang hari di bukit paralayang terdapat olahraga extreme paralayang, bagi wisatawan yang tertarik, terdapat ahli yang mendampingi. Jadi, awalnya bukit ini hanya perbukitan biasa. Kemudian pada tahun 1991 dibuat landasan beton pertama yang digunakan untuk olahraga paralayang. Kemudian dilanjutkan pembangunan fasilitas pendopo, tangga dan area parkir pada tahun 1998.

Kok ramee, ya iya lah
Senja yang syahdu

Menikmati keindahan Jogja di sore hari bisa dilihat dari atas Bukit Paralayang ini, terasa asri dan sejuk sekali dengan kicauan burung-burung (dan orang-orang sekitar). Senjanya hanya sebentar, maka dari itu siapkan kamera dan foto sebanyak mungkin untuk mengambil gambar.

Menikmati Senja di Bukit Paralayang

Ini beberapa tips untuk kalian yang hendak bertandang ke Bukit Paralayang;

  1. Kuatkan fisik bagi yang ingin menaiki Bukit Paralayang
  2. Jam berkunjung wisatawan 24 jam
  3. Jangan datang ketika weekend, pasti ramai
  4. Perhatikan cuaca terlebih dahulu, jika mendung kalian susah mendapati sunset

Referensi :

  • Pengalaman pribadi
  • Bukit Paralayang : https://id.wikipedia.org/wiki/Bukit_Paralayang_Parangtritis
  • Aktivitas di Pantai Parangtritis : https://blog.traveloka.com/jogja/7-aktivitas-di-pantai-parangtritis-yang-ramaikan-liburanmu/
  • Foto : Siti Mustiani
Be social share!

1 thought on “Pesona Sunset dari Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *