Nikmat Terbuai Mie Sagu Khas Pontianak Yang Legendaris

Ada banyak cerita di Kota Pontianak, minggu lalu saya bersama teman-teman dari Blogger Pontianak diajak untuk icip-icip kuliner Mie Sagu di Bakso & Bakmi Pak Usu. Sebelumnya saya tidak pernah makan mie sagu di restoran, karena biasa mie sagu jadi menu rumahan tradisional. Tapi memang belum afdhol sih rasanya jika sudah lama tinggal di Kota Khatulistiwa ini tapi belum tau makan mie sagu dimana tempatnya apalagi kalau diminta rekomendasi oleh teman-teman dari luar yang belum pernah mencicipi kuliner yang tersohor seperti Mie Sagu ini.

Mie Sagu Makanan Khas Melayu

Mie Sagu merupakan kuliner berbahan mie yang terbuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu. Makanan khas masyarakat khususnya Suku Melayu ini cukup terkenal mulai dari Riau hingga Kalimantan. Mie Sagu sebenarnya sudah ada dan menjadi panganan yang paling diminati masyarakat apalagi untuk sarapan namun masih belum banyak disajikan sebagai menu makanan di restoran.

Tiga mangkok mie sagu

Mie Sagu dapat diolah menjadi Mie Sagu Goreng maupun Mie Sagu Berkuah. Nah Mie Sagu Goreng lebih terkenal di daerah Riau, sedangkan Mie Sagu Berkuah memang makanan khas Melayu khususnya di Kalimantan Barat.

Proses Pembuatan Mie Sagu

Mie Sagu terbuat dari tepung sagu yang diolah dari batang Pohon Sagu (Sago Palm) atau Pohon Rumbia, nah pohon ini paling banyak tumbuh di Indonesia khususnya di daerah tropis seperti Maluku, Papua, Riau, Sulawesi tanpa kecuali Kalimantan, baik secara liar maupun dibudidayakan pada perkebunan rakyat pohon ini juga tumbuh di pinggiran sungai atau lahan basah yang terendam. Proses pembuatan Mie Sagu cukup unik karena harus melewati proses yang panjang untuk membuat tepung sagu hingga menjadi bentuk mie.

Proses Pembuatan Tepung Sagu

Tepung Sagu adalah tepung yang berasal dari proses ekstrak batang pohon sagu yang dipanen ketika panjang pohon sudah 6-7 meter. Dengan proses yang cukup panjang seperti pengupasan, pemarutan, pelarutan, penyaringan, pengendapan, pengeringan, penggilingan dan akhirnya menjadi tepung.

FYI : pohon sagu mampu menghasilkan lebih dari 400 kg pati basah per batang

Setelah menjadi bentuk tepung kemudian diolah menjadikan mie seperti pada umumnya, namun bedanya sebelum jadi untaian mie, bentuk rebusan tepung ini kental seperli lem. Lalu adonan dibentuk bulat dan dimasukkan ke dalam pencetak mie kemudian direbus dan didinginkan hingga kering, barulah Mie Sagu dapat disajikan di dalam satu mangkok yang terdapat kuah dan beberapa toping andalannya seperti ikan teri, kacang tanah, kecambah/toge dan kucai.

Bahan Utama Mie Sagu Khas Pontianak

Ciri Khas Mie Sagu Khas Pontianak

Oh iya ciri Mie Sagu yang merupakan khas dari Kota Pontianak ini adalah terletak pada tambahan ikan teri, kecambah, potongan daun kucai, kuah kaldu dan yang paling utama adalah Mie Sagu, kamu juga dapat tambahkan perasan jeruk, kecap atau pun saus sesuai selera. Tekstur mie ini memiliki kenyalan yang berbeda dari mie-mie yang berbahan dasar terigu.

Tekstur Mie Sagu yang kenyal

Mie Sagu Khas Pontianak memiliki tekstur yang kenyal dan lembut ketika dikunyah. Bentuk mie-nya pipih lebar dan berwarna bening seperti bihun hanya lebih tebal. Tidak hanya sekedar mengenyangkan ternyata mie sagu ini juga memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Nah, kalau mau yang lebih spesial kamu dapat kolaborasikan dengan beberapa item lainnya seperti telur, bakwan, ebi, udang, bakso hingga aneka vegetarian.

Yang membuat Mie Sagu andalan Khas Pontianak ini tampak lain dengan mie sagu biasanya yakni, bumbu kuahnya, meskipun mie ini juga bisa disajikan dalam bentuk goreng. Mie Sagu Basah ini akan semakin nikmat disantap saat cuaca dingin dimusim hujan.

Manfaat Mengonsumsi Mie Sagu Khas Pontianak

Dari sisi karbohidrat, sagu ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sedangkan terigu kaya akan gizi lainnya seperti protein, lemak dan sifat yang dapat mengembang. Sementara dari sisi keawetan, jika disimpan dengan kadar air sama, mie sagu akan lebih tahan lama dibanding mie terigu.

Manfaat mengonsumsi Mie Sagu

Nah karena memanfaatkan bahan baku lokal, hal ini berarti menunjang Peraturan Presiden Nomor 22 tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, berarti kita juga menghargai para petani yang membudidayakan tanaman sagu.

Tepung Sagu, bahkan diketahui mengandung resisten starch yang bertahan lama di usus dan bermanfaat bagi mikroba di usus.

Tidak seperti yang diyakini orang-orang selama ini bahwa jika terlalu banyak mengosumsi mie akan berbahaya bagi usus, nah lain hal dengan Mie Sagu karena mie ini sama sekali tidak berbahaya bagi usus. Kandungannya yang terdiri dari karbohidrat, menjadikan mie sagu tidak memiliki efek negatif bagi usus. Bahkan mie sagu dengan resisten starch nya menjadi probiotik bagi usus sehingga dapat melancarkan pencernaan. Mengonsumsi mie sagu secara rutin juga diyakini dapat menjaga kesehatan terutama bagi penderita diabetes.

Temukan Mie Sagu Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu

Untuk bisa menemukannya kuliner tradisional ini juga sangat mudah sekali kamu dapat mengunjungi Bakso & Bakmi Pak Usu Pontianak yang tertelak di Jalan Putri Candramidi No 10 Kota Pontianak (dulunya Pondok Ale-Ale).

Bakso & Bakmi Pak Usu
Dapur Pak Usu
Bisa makan segini hanya Rp. 9.090,-

Harga Mie Sagu di sini tidak melebihi Rp. 10.000,-/porsi so bayangin bisa traktir teman-teman sekelas ini mah. Tapi, saran dari saya sebaiknya kalau kamu datang kesini setidaknya membawa uang dari 20-30 ribu rupiah. Karena masih banyak menu tambahan lainnya yang dapat kamu icip-icip disini.

Jeruk Sengkit

Selain makanannya yang enak, minumnya pun juga oke. Lebih nikmat padukan menu tersebut dengan minuman segar Es Jeruk Sengkit. Setelah terpuaskan makan bersama teman-teman dan akhirnya habis juga semuanya. Whaats! Yaudah, yuk ke Kota Pontianak buat nikmatin makanan legendaris itu! O ya, jangan lupa bawa teman ya, kalau makan sendirian kan gak enak dilihat orang.

Makan di tempat atau bungkus (take away)

Bawain untuk keluarga di rumah juga bisa, saat melakukan pemesanan menu kamu dapat memilih bungkus alias take away yang dipandu oleh petugas Pak Usu secara langsung. Tidak butuh waktu yang lama, setelah bayar menu pesanan kamu siap dibawa pulang. Jika masih bingung dengan lokasi Bakso & Bakmi Pak Usu, silahkan ikuti Google Maps berikut ini.

Ada yang Spesial dari Ayam Pak Usu

Siapa nih yang suka dengan spesial, apalagi setelah kenyang makan berbagai menu pilihan di Ayam Pak Usu. Nah sekarang ada yang bikin nambah spesial nih dari Ayam Pak Usu karena kini hadir Aplikasi Ayam Pak Usu untuk kamu yang sering makan di Ayam Pak Usu dibeberapa outletnya di Kota Pontianak.

Ayam Pak Usu ada di Lima Outlet di Kota Pontianak

Pada tahun 2019 ini, restoran yang dikembangkan oleh Ibu Yenna Wiguna bersama sang suami Pak Edy, sudah memiliki lima cabang yang tersebar di Kota Pontianak. Berikut beberapa lokasi Outlet Ayam Pak Usu yang tersebar beserta alamat lengkapnya:

  1. Ayam Pak Usu (Sumatera) Jalan Moh. Sohor No. 28 / Jalan Sumatera Kota Pontianak | Jam Buka Pukul 10.00-22.00 | Telepon: (0561) 571830
  2. Ayam Pak Usu dan Ice Cream Merdeka Jalan Hos Cokroaminoto / Jalan Merdeka | Jam Buka Pukul 10.00-22.00 | Telepon: (0561) 576115
  3. Ayam Pak Usu (Megamall) Berlokasi di Ayani Megamall Pontianak Alamat Jalan Jendral Ahmad Yani Lantai 2 Megamall | Jam Buka pukul 10.00-22.00 | Telepon: (0561) 763119
  4. Ayam Pak Usu RS. Mitra Medika Jalan Sultan Abdurrahman No. 25 Kota Pontianak Lantai Dasar | Buka Pukul 7 Pagi – 9 Malam (Hari Minggu tutup)
  5. Bakso & Bakmi Pak Usu (Podomoro) Jl. Putri Candramidi No. 10 Kota Pontianak | Jam Buka Pukul 10.00-22.00 | Telepon : (0561) 740789

Nah kembali ke aplikasi Ayam Pak Usu, Aplikasi Poin Ayam Pak Usu yang dapat kamu download juga di Google Play Store secara gratis. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan jika menggunakan aplikasi ini. Sebenarnya aplikasi ini adalah sebuah platform yang dibuat untuk menggantikan sistem poin yang selama ini menggunakan sistem manual yang masih menggunakan voucher kertas sebagai medianya.

Aplikasi Pak Usu di Smartphone Android

Ada berbagai keuntungan jika menggunakan aplikasi Ayam Pak Usu, misalnya mendapatkan informasi baru seputar menu di Ayam Pak Usu, sebagai petunjuk arah lokasi Ayam Pak Usu di Kota Pontianak, bahkan bisa mendapatkan Poin yang bisa ditukarkan untuk bayar makanan kamu di Restoran Pak Usu. Nah, untuk mendapatkan Poin tersebut tetap dengan ketentuan yang berlaku ya tentunya. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuannya:

  1. Setiap download pertama kali aplikasi ayam pak usu, maka kamu akan mendapatkan 10.000 poin promo.
  2. Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
  3. Aplikasi Ayam Pak Usu sebagai penyedia Cash Back dalam bentuk poin, bukan nominal Rupiah.
  4. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal 10.000 poin (berlaku untuk kelipatan) keterangan; 10.000 poin, 20.000 Poin, 30.000 poin, 40.000 poin, 50.000 poin dan seterusnya.
  5. Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
  6. Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- kamu akan mendapatkan bonus 5000 Poin (berlaku untuk kelipatan) Dengan keterangan:
    • Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
    • Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
    • Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
    • Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
    • Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)
  7. Masa berlaku penggunaan poin aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember 2019).
  8. Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
  9. Perlu diingat, Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat melakukan order menu, karena hanya bersifat informasi.
  10. Pengguna aplikasi ayam pak usu wajib mentaati peraturan yang diberlakukan oleh setiap Outlet Ayam Pak Usu.
  11. Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan Pemblokiran Akun, jika pengguna melakukan tindakan kecurangan atau penyalahgunaan terhadap aplikasi Ayam Pak Usu.
  12. Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE.
  13. Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  14. Tidak berlaku untuk Outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika dan Bakso & Bakmi Pak Usu.

Gimana? spesial gak tuh. Tunggu apa lagi segera download dan jangan lupa datang ke outlet Ayam Pak Usu, kumpulin poin sebanyak-banyaknya dan dapatkan cash back biar bisa makan dengan puas dan traktir teman-teman.

Nah ada kabar gembira nih buat kamu yang ingin icip-icip kuliner satu ini, dalam rangka menyambut hari jadi Kota Pontianak yang ke-248. Dinas Kepemudaan Olahraga & Pariwisata bersama PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) di Kota Pontianak mengadakan event Festival Kuliner spektakuler yang bernama “Pontianak Creative Culinary Festival 2019” acara ini diselenggarakan di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak pada tanggal 16-20 Oktober 2019.

Nantinya, akan ada banyak stan kuliner Khas Pontianak loh, mulai dari yang tradisional hingga moderen. Kamu juga dapat menemui Mie Sagu Khas Pontianak seperti ini juga di stan Ayam Pak Usu. Tidak hanya kuliner saja, ada juga agenda menarik seperti live music, art gallery, book bazaar, pagelaran literasi kalbar, photography, movie screening, sharing session, workshop creative, berbagai macam kompetisi hingga games-games menarik.

So, tunggu apa lagi mari berkunjung ke Kota Pontianak dan rasakan kenikmatan Mie Sagu Khas Pontianak dan kuliner Khas Pontianak lainnya di Pontianak Creative Culinary Festival 2019, buktikan bahwa kita bangga dengan kuliner-kuliner Indonesia dan tentunya mendukung dalam peningkatan ekonomi kreatif daerah khususnya Kalimantan Barat.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Blogger Competition “Mie Sagu Khas Pontianak & Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Kalimantan Barat” Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Baca Juga : Kuliner Bakmi Kepiting Pontianak Halal di Bakso & Bakmi Pak Usu

Referensi:

  • Rumbia : https://id.wikipedia.org/wiki/Rumbia
  • Mie Sehat Berbahan Lokal : https://www.bppt.go.id/index.php/profil/organisasi/deputi-pkt/753-mie-sagu-mie-sehat-berbahan-lokal
  • Foto & Infografis : Dokumen pribadi Siti Mustiani
  • Video Mie Sagu Khas Pontianak : Siti Mustiani
  • Video Pontianak Creative Culinary Festival 2019 : Ayam Pak Usu
Be social share!

15 thoughts on “Nikmat Terbuai Mie Sagu Khas Pontianak Yang Legendaris

    1. Makan mie sagu lebih mengenyangkan yaa, harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Yuk cobain mie sagu di Bakso & Bakmi Pak Usu, jangan lupa kumpulin poinnya pakai aplikasi Ayam Pak Usu. Sudah tersedia di Google Play Store loh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *