Mengintip Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding

Bicara soal TNI AU atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yang merupakan satu diantara cabang angkatan perang Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di udara. Sudah pasti mereka ini sudah ahlinya dalam mengoperasikan pesawat ya, tapi bagaimana kalau sekarang kita lihat jika para anggota TNI AU ini ikutan Edukasi Safety Riding?

Nah, dalam rangka menyambut hari HUT POMAU TNI Angkatan Udara Lanud Supadio yang Ke- 73, Panitia POMAU TNI AU yang bekerja sama dengan PT. Astra International Tbk – Honda memberikan paparan edukasi safety riding di keluarga besar TNI Lanud Supadio. Tujuannya cukup sederhana, jadi mereka tidak hanya pesawat saja dikatakan jago dikendarainya tapi kendaraan motor juga perlu, apalagi demi meningkatkan tertib berlalu lintas terutama dijalan raya, kali ini Astra Motor Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Berkendara yang aman dengan tema “Meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara“. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 16 Oktober 2019 di Gedung Serba Guna Pangkalan TNI AU Lanud Supadio dan diikuti sebanyak 200 prajuit yang berasal dari berbagai kesatuan yang ada di Pangkalan TNI Lanud Supadio.

Pesera Safety Riding di Gedung Serba Guna Pangkalan TNI AU Lanud Supadio

Sebenarnya ada banyak sekali program yang ditawarkan oleh tim safety riding dari Astra Motor untuk mendukung kegiatan ini, diantaranya adalah:

  • Edukasi Keselamatan berkendara yang di sampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding Bapak Dony Adrian
  • Pameran Unit dari dealer CV. Anugrah Sentosa bagi peserta yang memiliki kendaraan produk motor Honda.

Oh iya, dalam kesempatan ini juga Komandan Lanud Supadio berkesempatan mencoba mengendarai motor Honda ADV150.

Komandan Lanud Supadio berkesempatan mencoba mengendarai motor Honda ADV150

Seperti yang sudah kita ketahui Honda ADV150 merupakan motor unggulan honda yang terlihat futuristik dan manly. Memiliki jarak terendah dengan tanah setinggi 165mm membuat skutik ini semakin gagah dan mudah melintasi jalanan di berbagai kondisi. Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya. Lengkapnya kamu bisa lihat di artikel Honda ADV150.

Kembali di kegiatan Safety Riding oleh anggota prajurit TNI AD diakhir kegiatan peserta di uji coba dengan menggunakan unit riding test Honda ADV150 dan All New CB150R melewati rintangan yang sudah di siapkan yang tertujuan untuk melatih skill saat berkendara di jalan raya. Marketing Region Head Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan lembaga pemerintahan instansi khususnya prajurit TNI Angkatan Udara juga sama-sama memiliki peranan penting dalam upaya menjaga keselamatan berkendara.

Safety Riding di Halaman Bandara Supadio

Keselamatan pengendara atau penumpang menjadi prioritas utama yang harus diedukasi. Untuk itu melalui edukasi ini, tim Astra Honda Motor harapkan peseerta dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada pengendara lainnya.

Bukan hanya mereka saja, kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.

Kira-kira Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak bakalan datang kemana lagi ya? untuk mengkapanyekan keselamatan rambu lalu lintas seperti ini. Hehehe, jangan-jangan nanti ke sekolah kamu. Kita tunggu saja.

Salam Satu Hati, taati rambu lalu lintas ya ^^

Be social share!

2 thoughts on “Mengintip Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *