Tips 21 Hari Traveling Asik Tetap Santuy di Jawa, Bali dan Lombok

Pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan dalam seumur hidup saya adalah pernah melakukan Traveling keliling Pulau Jawa, Bali hingga Lombok selama 21 hari alias tiga minggu. Perjalanan dimulai dari pulau Kalimantan yang merupakan tempat tinggalku, perjalanan ke pulau jawa menggunakan kapal agar dapat membawa kendaraan motor untuk explore ke tempat-tempat yang lebih banyak.

Nah, dari 21 hari perjalanan tersebut setidaknya saya dapat menggunjungi beberapa pulau, air terjun, gunung, pantai, bukit, hingga wisata sejarah dibeberapa kota. Tentunya semua destinasi wisata yang dikunjungi juga sudah saya tuliskan di blog ini.

Jika dibuat map perjalanannya kira-kira seperti ini

Kali ini saya tidak menuliskan tentang destinasi wisatanya, tapi tulisan kali ini saya akan membagikan beberapa pengalaman hingga persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk melakulan traveling seperti ini.

Persiapan Perjalanan 21 Hari Traveling agar #SIAPDIJALAN

Sebenarnya tidak hanya traveling ke tiga pulau ini saja, perjalanan kemana pun jika lebih dari satu minggu persiapan haruslah tetap matang, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan traveling 21 hari:

1. Membuat Itinerary Sesimpel Mungkin

Itinerary atau rencana perjalanan adalah rencana atau daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan, akomodasi, transportasi, serta informasi pendukung lainnya seperti include, exlude, biaya tambahan dan catatan lainnya. Menyusun itinerary perjalanan ini sangat penting, karena kamu akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya adalah:

Pertama dapat memperkirakan durasi traveling, karena pas membuat itinerary kamu mencatat destinasi dan atraksi wisata apa saja yang akan dikunjungi, tentu kamu bisa memperkirakan durasi travelingmu.

Leke-Leke Bali

Mengetahui durasi traveling akan sangat bermanfaat. Apalagi buat para pejalan yang kantongnya tipis tapi berhasrat buat traveling lama-lama. Kalau kamu punya budget yang tidak terbatas sih sebenarnya itinerary tidak perlu-perlu amat.

Kedua, lebih mudah untuk menyusun anggaran. Nah disini para traveler akan lebih gampang untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan, mulai dari akomodasi, transportasi dan konsumsi. Nah, Itinerary tidak hanya bantu kamu buat mengihtung pengeluaran untuk pos-pos besar seperti penginapan dan transportasi, tapi juga yang lebih kecil seperti biaya masuk destinasi wisata, parkir hingga sumbangan lainnya.

Ketiga, kamu tidak akan kebingungan ketika tiba di tujuanitinerary bisa diibaratkan sebagai cue card-nya pembawa acara. Jadi pas tiba di destinasi kamu tidak akan kebingungan mau ngapain. Dari bandara kamu sudah punya beberapa alternatif transportasi ke penginapan. Keesokan harinya kamu juga tidak akan kebingungan mau pergi ke mana karena sudah mengantongi daftar perjalanan wisata menarik.

Manfaat lainnya adalah kamu jadi tidak gampang ditipu karena sudah riset terlebih dahulu dan jadi tidak panikan saat tiba ditempat tujuan jika tidak sesuai rencana, tenang saja dengan itinerary kamu jadi punya rencana kedua, ketiga, dan seterusnya.

2. List Barang yang Dibawa Ketika Perjalanan

Saya yakin jika kamu sudah sering melakukan bepergian pasti sudah biasa melakukan packing dan membawa barang-barang yang penting. Paling tidak ingin kan jalan-jalan sambil bawa banyak barang yang tidak diperlukan. Selain berat, kamu juga akan kelelahan ketika membawanya.

Packing barang yang dibawa saat perjalanan

Mulailah untuk membuat daftar barang-barang penting yang akan dibawa ketika perjalanan. Tapi tidak menuntut kemungkinan kadang kelupaan, berikut beberapa barang yang penting dan wajib dibawa ketika traveling:

  • Uang dan dokumen penting seperti KTP, Paspor, SIM dan lain-lain
  • Tas / koper / ransel untuk semua perlengkapan
  • Pakaian sesuai musim tujuan liburan
  • Sandal atau sepatu nyaman
  • Perlengkapan sanitasi atau keperluan pribadi
  • Obat-obatan pribadi
  • Kamera, power bank, smartphone, charger dan lain-lain

3. Persiapan Fisik

Sebelum melakukan perjalanan yang terbilang cukup jauh, sebaiknya persiapan fisik juga sangat perlu diperhatikan. Kamu dapat melakukan olah raga rutin sebelum berangkat, latihan fisik hingga menjaga pola makan yang baik.

Persiapan Fisik Biar Bisa Sampai Puncak!

Pentingnya Olah Raga Sebelum Traveling

Traveling membutuhkan stamina yang tinggi. Tidak hanya soal banyak tempat yang harus dijelajah, tetapi juga adaptasi cuaca dan lingkungan. Nah, untuk mempersiapkan diri, kamu harus melakukan banyak latihan fisik seperti olahraga rutin. Mulai dari membiasakan diri naik tangga kemudian jogging 15-30 menit di pagi hari hingga berenang.

Minum Air Putih yang Cukup

Air adalah sumber kehidupan. Begitupula saat kamu traveling, air menjadi hal paling penting. Air putih berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan mencegah dehidrasi, terutama jika kamu melakukan traveling di musim panas dimana suhu cuaca cenderung meningkat. Kamu juga perlu mengkonsumsi air putih saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat, karena udara dalam pesawat lebih kering dari udara normal dan mengakibatkan dehidrasi. Jika tubuh mendapat cukup cairan maka kamu akan terhindar dari jetlag dan masalah kesehatan lainnya.

Sesuaikan Tempat Wisata dengan Kondisi Fisik

Kadang, hal ini sering disepelekan. Namun, pemilihan tempat wisata bakal mempengaruhi kinerja stamina kamu di sana. Jika kamu punya riwayat penyakit pernafasan seperti asma, maka hindari tempat wisata yang dingin atau berdebu. Atau jika kamu alergi terhadap air garam, maka hindari tempat wisata di pinggir pantai.

Siaga Vitamin dan Obat-Obatan

Kamu boleh dan direkomendasikan untuk melengkapi diri dengan obat-obatan yang biasa kamu konsumsi untuk penyakit khusus yang kamu derita, multivitamin atau suplemen makanan juga disarankan untuk dibawa. Usahakan untuk menjaga tangan bebas dari kuman dengan membawa cairan pencuci tangan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar swalayan atau toko-toko kelontong.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Traveling juga adalah kegiatan yang melelahkan. Jadi, kamu butuh banyak asupan mineral dan serat disamping air putih. Nah, sayur-sayuran hingga buat menyimpan banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, akan sangat baik jika kamu memperbanyak konsumsi kedua hal tersebut seminggu sebelum berangkat traveling.

4. Mempersiapkan Gear Dokumentasi

Pergi berlibur atau berwisata kuliner dengan keluarga dan sahabat merupakan momen-momen kebersamaan yang sebaiknya selalu kamu dokumentasikan. Suatu saat nanti, jika kamu sedang rindu dengan masa lalu yang indah, kita bisa kembali melihat hasil dokumentasi foto, video, maupun jurnal perjalanan kamu ini.

Kenang-kenangan bersama yang terdokumentasikan dengan baik akan kembali memunculkan rasa bahagia karena kamu pernah melewati momen tersebut bersama-sama.

Dokumentasi yang maksimal bagi saya tidak hanya sekedar kenang kenangan saja, melainkan dapat meningkatkan kualitas pelengkap konten serta informasi yang lebih akurat dan terpercaya. Oh ya sebenarnya ada beberapa alasan lain, bahwa saat perjalanan dokumentasi itu penting adalah:

Pertama, ketika melakukan perjalanan yang merupakan momen unik dan langka yang mungkin tidak akan terulang. Foto maupun video bisa menjadi bahan laporan atau keperluan lainnya. Kedua, mendokumentasikan perjalanan untuk berbagi pengalaman dengan sahabat dan keluarga yang tidak bisa ikut serta. Bisa dijadikan pelajaran berharga untuk kedepannya. Ketiga, mendokumentasikan juga dapat menghasilkan uang. Misalnya membuka jasa fotografi, menjual foto atau video, mengeditnya dan menjadi konten kreatif yang bernilai jual tinggi pastinya.

Dokumentasi maksimal kamu dapat menggunakan berbagai perangkat seperti dronemirrorlessaction cam bahkan smartphone. Jangan lupa menggunakan memory yang sesuai dan berkualitas untuk menyimpannya.

Beli Semua Kebutuhan Traveling Kamu di Ayoomall.com

Ayoomall.com merupakan salah satu pelopor toko online di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak aktivitas yang dilakukan secara digital, lebih mudah dan praktis, termasuk kegiatan pembelian yang kini semakin marak dilakukan secara digital, baik melalui komputer, laptop, hingga smartphone yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Ayoomall.com hadir memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sistem pembayaran yang Mudah, Aman dan Terpercaya

Menawarkan solusi untuk masyarakat Indonesia dapat menikmati berbagai kemudahan dalam berbelanja online dengan menyediakan website yang mudah digunakan serta sistem pembayaran online yang lengkap.

Ayoomall.com menjamin kenyamanan kamu ketika kamu mencari produk yang sedang kamu cari serta menjamin opsi pembayaran yang aman. Pilihan pembayaran termasuk Credit Card Fraud Detection System, Bank Transfer, Mobile Banking dan berbagai layanan pembayaran online lainnya.

Kualitas Produk Terbaik dan Jaminan Original

Kualitas Terbaik dan Terjamin untuk semua produk yang ada di Ayoomall.com. Berbagai produk yang hadir di Ayoomall.com berasal dari Brand Terpercaya sehingga kualitasnya sangat terjamin. Beberapa brand terpercaya tersebut antara lain Cozistyle, Momax, Brother, Samsung, Apple, ASUS, Canon, HP, Fuji Xerox, Lenovo, Lexmark, Griffin, DELL, Tucano, Micropack, Panasonic, Kingston, Seagate, Logitech, Catalyst, XL, Epson, Xoopar. Seluruh produk yang tersedia di Ayoomall.com merupakan produk original.

Promo dan Gratis Ongkir Wilayah Jakarta di Ayoomall

Selain harga yang bersaing dan berbagai promo diskon dengan e-coupon, nikmati juga biaya pengiriman gratis (free ongkir) untuk wilayah Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku. Semua disesuaikan untuk kenyamanan kamu untuk berbelanja.

Referensi:

  • Foto Pendukung : Dokumen Pribadi
  • Tentang Ayoomall.com : https://ayoomall.com/
Be social share!

1 thought on “Tips 21 Hari Traveling Asik Tetap Santuy di Jawa, Bali dan Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *