Traveling Seru ala Scooby Doo di New Zealand

Kalau ingat serial film Scooby Doo, saya jadi ingat pula mobilnya yang mirip VW Kombi. Itulah kendaraan yang selalu menemani anjing lucu berjenis Brown Dane, pameran utama film tersebut bersama Shaggy, Velma, Daphne dan Fred, berkeliling daerah guna mengungkap misteri yang ada. Nah, gimana ya kalau bisa traveling layaknya petualangan Scooby Do di New Zealand?

Kalau kamu pernah nonton atau suka dengan kartun Scooby Doo, tentu sudah tidak asing dengan Mystery Machine. Ya, Mystery Machine merupakan kendaraan pribadi yang digunakan para tokoh utama film kartun yang pertama kali tayang pada tahun 1969 itu, dalam berbagai perjalanan.

Mystery Machine (sumber : amazon.com)

Jika kalian simak dan masih ingat, kendaraan roda empat ini dikenal sebagai mobil Mystery Machine itu dibuat oleh Joe Ruby dan Ken Spears, selaku para pengarang film Scooby Doo. Sepertinya pemilihan mobil ini terinspirasinya dari salah satu mobil modifikasi Volkswagen yang ternama pada tahun 1960-an, Volkswagen Kombi Westfalia.

Volkswagen Kombi Westfalia (atau dikenal dengan VW Kombi tipe Westfalia) merupakan modifikasi bentuk Volkswagen Type Two (VW Kombi). Mobil keluaran tahun 1950 ini dimodifikasi oleh perusahaan Westfalia-Wereke, salah satu perusahaan modifikasi mobil untuk kemah yang bermarkas di Rheda Wiedenbruck, Jerman.

Volkswagen Kombi Westfalia (sumber : autocar.co.nz)

VW Kombi Westfalia merupakan mobil serbaguna. Ada tempat tidur, tempat makan, minuman, dan meja makan di dalamnya. Melirik spesifikasinya, Westfalia tetap menggunakan standar VW Kombi. Mobil ini berukuran 4,5 m x 1,72 m x 2, 04 m dengan menggunakan bodi dan chassis Volkswagen Transporter T1.

Traveling dengan menggunakan mobil jenis VW Kompi Westfalia ini sering disebut dengan Campervan.

Campervan sendiri cukup populer bagi kalangan travaler di New Zealand, selain karena cukup mudah untuk melakukan perjalanan seperti ala petualangan Scooby Doo, di New Zealand juga memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah yang bebas secara tanggung jawab (responsible camping) dengan berbagai pemandangan indah yang tidak terlupakan.

Mengintip Indahnya New Zealand

Ah New Zealand, keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi, pulau yang memiliki bentangan alam yang beragam, mulai dari pantai hingga puncak gunung bersalju. New Zealand memiliki dua pulau utama yang terletak di wilayah barat daya Samudera Pasifik. Meskipun menjadi salah satu negara yang berlokasi di ujung selatan dunia, wisatawan Indonesia hanya membutuhkan sekitar 7 jam 30 menit untuk terbang dari Denpasar ke Auckland dengan Emirates atau Air New Zealand. Oh iya, kamu juga dapat menjelajahi kedua pulau di Tanah Awan Putih Panjang ini, dalam satu perjalanan saja. Dengan menempuh sekitar 8 jam, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Abel Tasman yang terkenal di Southern Island menuju Ibukota Wellington di Northern Island.

Mengintip Indahnya New Zealand (sumber: beritahub.com)

New Zealand merupakan pulau yang berlokasi di belahan bumi bagian selatan, New Zealand memiliki jenis iklim yang cukup berbeda dari negara lainnya di dunia, musim panas dimulai pada akhir tahun, sedangkan musim dingin pada pertengahan tahun. Sehingga, suhu pada bulan Januari dan Februari adalah yang paling hangat, sementara bulan Juli adalah saat-saat terdingin.

Bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan cuaca tropis dan jika ingin datang kesini, disarankan untuk mengenakan satu jaket hangat atau beberapa helai baju.

Nelson Lakes National Park (sumber: rankers.co.nz)

Nah, jika datangnya saat Musim Semi dan Musim Panas, jangan lewatkan pemandangan indah di Nelson Lakes National Park, kamu dapat mencoba menikmati matahari yang cerah dari ketinggian atau bermain di danau sambil menaiki kayak ditemani lumba-lumba dan anjing laut di Kaikoura, jika beruntung kamu dapat menyaksikan Whale atau ikan paus yang berenang bebas.

Whale (sumber: canterburytrails.co.nz)

New Zealand merupakan destinasi seru untuk melakukan Campervan

Campervan di New Zealand adalah cara yang seru untuk menikmati keindahan pesona wisata di New Zealand, berikut beberapa alasan sertu melakukan Campervan di New Zealand:

Alasan Seru Campervan di New Zealand

Campervan (atau kemping van), kadang-kadang disebut sebagai kemping karavan atau kafilah motor adalah kendaraan self-propelled yang menyediakan transportasi dan akomodasi tidur. Istilah ini terutama menggambarkan van yang telah dipasang, dengan memadukan rumah sekali gus untuk digunakan sebagai akomodasi.

Campervan di Selandia Baru (sumber: backpackerguide.nz)

Campervan sendiri kini menjadi salah satu alternatif pilihan banyak wisatawan yang ingin melakukan liburan sambil berpetualang dengan cara yang tak biasa. Melakukan petualangan menggunakan campervan atau biasa disebut campervanning ini memberi keleluasaan bagi para traveler untuk memutuskan kapan, di mana dan bagaimana mereka ingin menikmati liburan, tanpa mengurangi kenyamanan.

1. Bebas Kemana Pun Kita Mau

Tidak perlu lagi terburu-buru takut ketinggalan kereta atau pesawat jika menggunakan campervan karena tidak adanya batasan waktu. Kalau ingin melanjutkan perjalanan tinggal berangkat saja dan yang paling asyik adalah kamu bisa mengatur waktumu sendiri.

Bebas Kemana Pun Kita Mau (foto: www.madcampers.co.nz)

Misalnya adalah ketika waktu sarapan datang dan menginginkan pemandangan yang indah kamu tinggal mencari spot yang tepat, hal tersebut tidak akan didapatkan di hotel bukan? maka dari itu, dengan campervan sebenarnya lebih menyenangkan loh!

2. Tidak Perlu Menginap di Hotel

Yap, tidak perlu menginap di hotel lagi kalau sudah traveling keliling New Zealand pakai Campervan. Karena mobil dengan ukuran yang cukup luas, dapat memudahkan kamu tidur dimana saja, tapi pastikan cari tempat yang aman dan bawa perlengkapan tidur yang memadai ya.

Tidurnya di Campervan saja (foto: www.madcampers.co.nz)

3. Pilih View Pemandangan yang Diinginkan

Mengendarai campervan menyusuri panjangnya jalanan menjadikan traveling menjadi tidak menentu hal apakah yang akan ditemui di tengah perjalanan. Tidak menutup kemungkinan kamu akan disuguhi pemandangan atau tempat-tempat yang membuat tercengang.

Pilih View Pemandangan yang Diinginkan (foto: www.madcampers.co.nz)

Hal tersebut tidak didapatkan jika berlibur menggunakan pesawat ataupun kapal, dengan menemui tempat-tempat baru itu ada kesempatan untuk mengeksplor lebih jauh, lho.

4. Lebih Hemat

Cukup menyebalkan jika tiba-tiba membutuhkan kamar mandi atau kelaparan di tengah perjalanan mengharusnya berhenti sejenak. Belum lagi kalau ternyata sepanjang jalanan tersebut tidak ada yang menyediakan kamar mandi dan lain sebagainya.

Masak sendiri lebih hemat (foto: www.madcampers.co.nz)

Dengan menggunakan campervan kamu tidak perlu ribet berhenti berkali-kali karena semua sudah tersedia di dalam campervan. Kamar mandi, dapur bahkan tempat tidur pun sudah disediakan oleh campervan, lengkap banget kan?

Tips Campervan di New Zealand

Nah, jika kamu termasuk salah satu traveler yang berencana menjelajahi New Zealand dan ingin mencoba berwisata menggunakan campervan, nah diartikel ini ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. Apa saja? Berikut beberapa tips berlibur menggunakan campervan di New Zealand, seperti yang dikutip dari keterangan resmi Tourism New Zealand.

1. Pastikan Kamu Memiliki Izin Mengemudi Internasional

Di New Zealand, kamu wajib memiliki Izin Mengemudi Internasional, International Diving Permit (IDP) atau SIM dalam Bahasa Inggris yang masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal. Jika SIM kamu tidak dalam Bahasa Inggris, kamu perlu membawa terjemahan Bahasa Inggris atau mengurus IDP.

International Driving Permit (sumber: kaskus.co.id)

Selain itu, pastikan kamu mempelajari peraturan lalu lintas di New Zealand sebelum berangkat untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

2. Cari Tahu Tipe Campervan yang Dibutuhkan

Pilihlah campervan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Karena secara umum, ada tiga jenis campervan yang tersedia di New Zealand, yaitu camper car, campervan, dan motorhome. Camper car merupakan jenis terkecil dari campervan yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk. Sementara campervan adalah pilihan paling populer untuk wisatawan yang memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi.

Jika prioritas kamu adalah tingkat kenyamanan yang tinggi, kamu bisa mencoba sewa motorhome, seperti yang dipakai Nadine dan Dimas ketika perjalanan bulan madu mereka. Tidak hanya lebih luas, lebih besar, dan memiliki fasilitas utama yang lengkap, motorhome juga dilengkapi tangki air dan sistem daur ulang air (grey water).

3. Cari Tahu Tempat Berkemah di New Zealand

New Zealand memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah bebas secara tanggung jawab (responsible camping) dengan berbagai pemandangan indah yang menyertainya. Namun, lebih baik kamu mengunjungi pusat informasi setempat sebelum berkemah di sana, karena masing-masing lokasi memiliki peraturan berkemah yang berbeda.

4. Rencanakan Rute Perjalanan Kamu

Cobalah melakukan riset menyeluruh mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, serta waktu terbaik untuk berkunjung ke sana. Selain itu, kamu bisa coba mencari perhentian atau tempat istirahat yang dapat memberikan pemandangan terbaik untuk mengambil foto.

5. Rawat Campervan dengan Baik

Tetap menjaga campervan agar tetap bersih dan nyaman dengan mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus. Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi bisa juga ditemukan di beberapa tempat umum lainnya, seperti tempat parkir mobil. Membuang sampah dapat menghindari bau tidak sedap di campervan dan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar kamu.

Perhatikan juga indikator tangki bensin kamu. Supaya aman, segera penuhi tangki bensin ketika tinggal setengah. Jangan menunggu sampai hampir kosong, karena pom bensin yang banyak ditemukan di kota-kota besar, jarang tersedia di kota-kota kecil atau di sepanjang perjalanan antar kota.

6. Siapkan Konsumsi dengan Baik

Selain merencanakan rute yang ingin dijelajahi, penting juga untuk menyiapkan makanan atau konsumsi, baik itu barbecuing di tepi pantai, piknik di taman, atau makan di restoran. Jadi kamu dapat memperkirakan bahan-bahan yang harus disiapkan atau dibeli, sehingga waktu makan menjadi lebih menyenangkan di New Zealand. Jangan lupa berhenti di swalayan untuk membeli berbagai camilan apabila mendadak lapar di perjalanan.

7. Tetap Waspada

Penduduk New Zealand yang ramah akan membuat kamu merasa diterima dan aman, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada terhadap situasi apa pun. Nomor darurat untuk kebakaran, ambulans, dan polisi di sana adalah 111. Jangan takut untuk meminta pertolongan dari penduduk New Zealand, karena mereka terkenal akan kehangatan dan kesediaan untuk membantu.

Rekomendasi Traveling di New Zealand bersama Via.Com

Via.com merupakan perusahaan travel online terlengkap dan paling menguntungkan bagi pengusaha travel agen dengan 12 tahun pengalaman serta kehadiran di berbagai negara di Asia: India, Filipina, Indonesia, Singapura, Oman, Dubai & UEA. Melalui jaringan yang global terdiri lebih dari 100.000 Mitra, Via.com menyediakan akses ke sistem pemesanan produk travel yang lengkap, termasuk tiket penerbangan, tiket kereta api, bus, hotel, paket liburan, asuransi dan masih banyak lagi. Oh iya, Via.com juga bekerjasama dengan lebih dari 5.000 perusahaan serta terlibat langsung dengan konsumen melalui situs e-commerce nya.

Salah satu produk via.com yang dapat diandalkan adalah pemesanan tiket pesawat, karena via.com menyediakan berbagai pilihan maskapai GDS maupun LCC dan rute penerbangan domestik hingga internasional. Via.com bekerjasama dengan lebih dari 12 maskapai penerbangan domestik dan lebih 900 maskapai internasional, dengan memberikan komisi full dari maskapai untuk agent, atur harga (markup), harga NTA terendah, dan untuk pemesanan lebih dari 15 tiket, tersedia pemesanan dengan sistem reservasi group. Setidaknya baberapa alasan kenapa Memilih Via, berikut penjelasannya:

  • Tanpa biaya tersembunyi, di Via, harga yang tertera di layar adalah harga yang kamu bayar. Tidak hanya harga termurah, harga yang kami berikan tidak dibebani lagi dengan biaya tambahan. Jadi tak perlu khawatir, harga yang kamu lihat sudah final. Tanpa biaya tersembunyi, tanpa biaya tambahan.
  • Transaksi aman, di Via, keamanan transaksi Anda menjadi prioritas terpenting kami. Oleh karena itu, kami menggunakan enkripsi canggih pada sistem kami untuk menjamin keamanan transaksi Anda. Nikmati perjalanan Anda, karena transaksi Anda sudah kami lindungi.
  • Pengaturan yang mudah, fitur pencarian unik kami dapat diatur berdasarkan pilihan kamu. Memilih jadwal terbang lebih awal, harga termurah, sampai memilih maskapai kesayangan kamu, semua bisa kamu lakukan dengan satu klik.
  • Semua ada dalam satu tampilan, situs via.com dirancang dengan sistem yang memudahkan pengguna, cukup mengikuti 3 langkah sederhana. Oleh karena itu, semua informasi yang kamu butuhkan kami sediakan dalam satu tampilan untuk memudahkan kamu.
  • Fitur calendar fare, sekarang merencanakan perjalanan jadi lebih mudah dengan Via. Kamu bisa melihat tanggal mana yang memiliki harga penerbangan termurah dengan fitur Calendar Fare. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk memilih tanggal sesuai dengan dana kamu juga sekaligus menjadi perencana perjalanan kamu.
  • Tersedia banyak pilihan, via.com mengerti kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Karenanya, via.com menawarkan berbagai pilihan penerbangan internasional dan domestik, hotel, bus dan lainnya. Tidak hanya itu, penawaran harga yang kami berikan juga sepadan dengan uang yang kamu keluarkan.

Bagaimana? sudah siap berpetualang ala Scooby Doo di New Zealand menggunakan campervan? jangan lupa beli tiket pesawatnya di in.via.com yaa

Tulisan ini diikut sertakan dalam Kontes Blog Via.com Indonesia dengan pilihan tema “Serunya Jalan-jalan Ke New Zealand” yang diselenggarakan oleh Via.Com Indonesia.

Referensi :

  • Mystery Machine : https://www.kaskus.co.id/thread/52a03c46bfcb17ca1d8b458c/sebenarnya-apa-mobil-scooby-doo-itu/
  • Tentang New Zealand : http://blogid.via.com/5-mitos-berlibur-ke-new-zealand/
  • Foto cover : https://www.madcampers.co.nz/
  • Campervan : https://en.wikipedia.org/wiki/Campervan
  • Tips Liburan Menggunakan Campervan di New Zealand : https://kumparan.com/kumparantravel/7-tips-berlibur-menggunakan-campervan-di-new-zealand-menurut-nadine-1543398203998458629
Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *