Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Colocation Server

Colocation server sebagai tempat penyimpanan server di data center merupakan salah satu fasilitas yang penting bagi perusahaan. Pasalnya, server sebagai aset terpenting harus dijaga dengan baik untuk membantu kelancaran operasional perusahaan. Penyedia layanan memberikan tempat penyimpanan dengan standar keamanan dan infrastruktur yang tinggi baik untuk faktor non fisik maupun faktor fisik. Bagi sebuah perusahaan, adanya layanan ini akan sangat membantu memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis.

6 Kelebihan dari Colocation Server

Berikut ini adalah kelebihan colocation server bagi sebuah perusahaan:

1. Biaya Operasional Lebih Kecil

Membuat tempat penyimpanan server sendiri memang bisa dilakukan namun kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya biaya yang dibutuhkan tidak hanya ada pada infrastruktur yang harus dibeli namun juga pada perawatan dan perbaikan. Biaya operasional tersebut juga menjadi anggaran bulanan yang harus kamu pikirkan. Untuk jangka panjang, menyewa layanan ini akan jauh lebih menghemat anggaran perusahaan.

2. Tidak Membutuhkan Upgrade Sistem Server

Perusahaan yang membuat tempat penyimpanan server sendiri terkadang membutuhkan upgrade sistem server. Dengan menggunakan layanan kamu tidak perlu melakukan hal tersebut karena penyedia yang akan melakukannya. Jadi kamu bisa mengalokasikan waktu yang seharusnya digunakan saat upgrade sistem untuk pekerjaan penting lainnya. Selain itu, penyedia yang sudah professional juga dapat mengatur server dengan sangat baik sehingga server perusahaan akan terjaga.

3. Sistem dan Teknologi Lebih Terstruktur

Penyedia layanan colocation server yang berpengalaman memiliki sistem dan teknologi yang lebih terstruktur. Mereka menggunakan teknologi yang selalu diperbarui secara berkala. Hal tersebut dapat menguntungkan perusahaan kamu karena server lebih stabil saat digunakan. Selain teknologi, penyedia layanan juga selalu memperbarui keamanan server dari serangan virus yang akan mengganggu operasional perusahaan.

4. Dukungan Teknis 24 Jam

Hampir seluruh penyedia layanan memberikan dukungan teknis selama 24 jam penuh dalam 7 hari. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk bisa bertanya kapan saja saat ada masalah. Dengan begitu, masalah kamu akan lebih cepat teratasi sehingga tidak ada kerugian yang diderita akibat server bermasalah. Dukungan ini sangat penting karena berhubungan dengan layanan yang akan kamu sediakan pada konsumen. Teknisi yang pofessional dan berpengalaman dapat membantu kamu menyelesaikan masalah dengan cepat sehingga tidak akan ada kerugian yang dirasakan akibat server bermasalah.

5. Keamanan dari Tindak Kejahatan

Yang paling penting dari adanya colocation server adalah melindungi server dari berbagai tindak kejahatan yang dapat merugikan perusahaan. Penyedia layanan yang sudah berpengalaman akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga server agar tidak di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain sebagai keamanan dari berbagai tindakan kejahatan, layanan ini juga menjaga server saat listrik padam. Bagi sebuah perusahaan, listrik padam merupakan sebuah bencana. Karena listrik yang padam maka server akan mati dan operasional akan berhenti. Dengan layanan ini, server akan tetap terjaga meskipun ada pemadaman listrik mendadak.

6. Persiapan Mitigasi Bencana

Bencana merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan juga tidak bisa diprediksi. Menggunakan strategi menghadapi bencana akan membuat operasional perusahaan kamu bisa terus berjalan. Selain itu, layanan ini juga membuat kamu selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi perubahan.

Itulah 6 kelebihan colocation server yang menjadi alasan mengapa perusahaan kamu membutuhkannya. Jika mencari layanan terbaik dan berkualitas, kamu bisa menggunakan layanan dari NEX. Tidak hanya berkualitas, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kunjungi website resmi NEX untuk informasi selengkapnya.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *