Basic Life Support : Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Kita tidak dapat mengetahui kapan dan dimana bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kejadian gawat darurat seperti serangan jantung mendadak atau kecelakaan dapat berpotensi terjadi di mana saja dan siapa saja. Lantas siapa yang akan menolong? sudah pasti orang terdekat korban yang harus memberikan pertolongan pertama.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Untuk itu, kertampilan Basic Life Support (BLS) seharusnya dimiliki setiap orang.

Basic Life Support atau Bantuan Hidup Dasar merupakan sekumpulan intrusi yang bertujuan untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi vital organ pada korban henti jantung dan henti nafas. Intrusi ini terdiri dari pemberian kompresi dada dan bantuan nafas – Hardisman, 2014

Pelatihan BLS kembali dan terus dilakukan oleh Astra Motor Pontianak. Nah kali ini giliran Komunitas Motor Honda Kalimantan Barat yang mendalami materi Basic Life Support pada Minggu 17 November 2019 yang dilaksanakan di Main Dealer Training Centre (MDTC), Kubu Raya dimana dalam rangkaian ini bertujuan pembekalan persiapan #Cari_aman Gas Touring Honda Bikers Day Nasional yang akan di laksanakan pada tanggal 30 November 2019 yang berlokasi Lapangan Jendral Sudirman Ambarawa, Jawa Tengah nanti.

Penyampaian Materi Basic Life Support

Mengasah ilmu tentang Basic Life Support (BLS) ini dilaksanakan guna melatih member komunitas Honda dalam menanggulangi pertolongan pertama dalam kecelakaan berkendara saat touring. Agenda kali ini diikuti puluhan peserta dari perwakilan club yang ada di bawah naungan Paguyuban HWBC dengan mengundang Instruktur HIBGABI Kalbar (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia).

Pada saat penyampaian materi tersebut, perlu kita ketahui bahwa serangan jantung merupakan sebuah kedaruratan medis. Kondisi ini biasanya terjadi ketika aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba tersumbat, sehingga darah tidak mencapai bagian otot jantung. Nah, kalau aliran darah di dalam tubuh tidak dikembalikan dengan sergera, bagian dari otot jantung akan mulai mati.

Praktek Penanganan Serangan Jantung

Lantas, apa yang harus dilakukan saat terjadi Serangan Jantung?

Penting untuk mengetahui pertolongan pertama serangan jantung. Jika seseorang tiba-tiba mengalami serangan jantung, hal pertama yang perlu dilakukan adalah:

  • Korban harus duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang. Ia dapat duduk di kursi, di lantai, atau bersandar pada dinding. Duduk di lantai membuat mereka lebih tidak berisiko mengalami cedera jika pingsan.
  • Longgarkan semua pakaian.
  • Jika sudah pernah diresepkan obat nitrogliserin sebelumnya oleh dokter, segera berikan. Caranya pemberiannya dengan meletakkan tablet di bawah lidah.
  • Jika penderita tidak memiliki riwayat perdarahan atau pun alergi, pasien dapat diberikan aspirin 325 mg untuk dikunyah. Hindari memberikan apa pun melalui mulut, kecuali nitrogliserin atau obat lain yang sudah pernah diresepkan sebelumnya.
  • Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.
  • Segera lakukan RJP (resusitasi jantung paru) setelah menghubungi UGD, jika pasien tidak sadar atau tidak merespons. Lakukan RJP lebih dulu selama satu menit sebelum mengontak UGD jika pasien adalah balita atau anak-anak.
  • Panggil bantuan terdekat jika kamu merasa panik. Tetapi jangan sekali-sekali meninggalkan pasien sendirian.
  • Berikan persuasi positif sambil menunggu ambulans datang.
  • Jangan menunggu hingga gejala berlalu untuk memanggil bantuan. Juga jangan membujuk pasien untuk menganggap bahwa gejalanya adalah hal biasa.
Tips Pertolongan Pertama

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan komunitas Honda ini tampak antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support. Kesigapan orang terdekat dapat menentukan nyawa seseorang. Serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, jika terlambat ditangani maka akibatnya akan fatal. Untuk mengurangi risiko seseorang meninggal akibat serangan jantung, penuhilah diri kamu dan juga keluarga dengan berbagai informasi mengenai pertolongan pertama pada serangan jantung.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *