Investasi Jangka Pendek yang Cocok di Bawah Satu Tahun

Apakah kamu tertarik untuk memulai investasi jangka pendek? Meskipun risikonya cukup tinggi, hasilnya pun cukup menggiurkan. Berikut beberapa contohnya.

Secara umum, berdasarkan jangka waktunya, investasi dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu investasi jangka panjang, investasi jangka menengah, dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang dapat dinikmati keuntungannya pada 5-10 tahun mendatang, investasi jangka menengah antara 1-5 tahun, sedangkan investasi jangka pendek kurang dari 1 tahun.

Sebagian orang memilih untuk berinvestasi jangka pendek karena beberapa alasan. Pertama, karena ingin membiayai kebutuhan jangka pendek. Kedua, karena ingin memanfaatkan cash dari investasi untuk keperluan lain. Nah, apa saja jenis-jenis investasi jangka pendek yang cocok dilakukan di bawah 1 tahun? Berikut di antaranya.

1. Deposito Syariah

Konsep deposito syariah sebenarnya hampir sama dengan deposito. Secara sederhana, deposito adalah kegiatan menyimpan uang di bank, tetapi dengan bunga yang lebih besar daripada jenis tabungan biasa. Deposito dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, hingga 12 bulan.

Khusus deposito syariah, konsep yang digunakan adalah sistem syariah. Akad disesuaikan dengan ketentuan syariah yang berlaku. Imbal hasil yang akan didapatkan oleh investor adalah dalam bentuk bagi hasil. Artinya, keuntungan yang diperoleh akan disesuaikan dengan kinerja investasi.

2. Saham

Investasi jangka pendek lainnya yang menguntungkan adalah saham. Instrumen investasi yang satu ini cukup populer di Indonesia. Namun, meskipun keuntungannya besar, risiko yang harus dihadapi juga besar. Posisi investasi ini berubah sangat cepat. Dalam beberapa jam saja, kamu bisa meraup keuntungan besar atau justru mengalami kerugian.

Dalam mengelola investasi saham, dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Keputusan yang diambil pun harus tepat. Kamu dapat mengelola saham secara mandiri, tetapi juga bisa menggunakan jasa sekuritas. Hal yang harus diperhatikan saat berinvestasi saham adalah tidak terburu-buru menentukan pilihan karena keuntungan sesaat.

3. Peer to Peer Lending

Kamu juga bisa memanfaatkan investasi peer to peer lending untuk mewujudkan tujuan finansial jangka pendek. Dalam hal ini, peer to peer lending merupakan solusi bagi yang ingin menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Biasanya, imbal hasil dari investasi ini bisa dinikmati dalam beberapa bulan atau satu tahun.

Salah satu contohnya seperti yang ditawarkan oleh Qazwa. Platform ini menawarkan pinjaman berbasis syariah kepada para pelaku usaha mikro dengan pembiayaan dari investor. Nah, kamu dapat berpartisipasi sebagai investor dengan setoran minimal Rp5.000. Hasil yang akan didapatkan mencapari 24% per tahun.

Sebagai platform yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Qazwa menawarkan jaminan keamanan bagi investor. Setiap transaksi pun dijamin kehalalannya. Bahkan, tingkat keberhasilan pengembalian dana saat ini mencapai 100%. Nah, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah.

Be social share!

1 thought on “Investasi Jangka Pendek yang Cocok di Bawah Satu Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *