Jalan-Jalan di Kota Pontianak, Tenang #PastiAdaOYO

Pertama, apa yang kamu pikiran tentang Kota Pontianak? Apakah Sungai Kapuasnya? Kulinernya yang legendaris? atau Tugu Khatulistiwa? Eittsss Kota Pontianak tidak sekedar itu saja, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui tentang Kota Pontianak sebab kota ini memiliki pesona wisata yang tidak kalah menariknya dengan kota-kota lain di Indonesia. Kota Pontianak punya banyak destinasi menarik, murah dan bikin bahagia, bahkan beberapa lokasi wisata disini dapat dilakukan dalam waktu seharian.

Semakin bahagia, jalan-jalan di Kota Pontianak bisa staycation mewah di Hotel Premium dengan voucher 70% dari OYO Hotels Indonesia!

Oh iya OYO Hotels Indonesia sekarang semakin banyak dan tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia tanpa kecuali Kota Pontianak. Hotel yang menyuguhkan fasilitas sangat lengkap, dengan harga yang terjangkau. Percaya? baiklah di artikel ini akan saya ulas secara lengkap tentang wisata Kota Pontianak dan pengalaman seru menginap di OYO 1097 Appartel Cempaka.

Sehari di Kota Pontianak Bisa Kemana Aja?

Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Jadi jangan heran jika suhu udara di kota ini lebih panas daripada kota lainnya di Indonesia. Kota yang memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi ini dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak sungai tersebut juga dijadikan sebagai lambang Kota Pontianak.

Nah, jika kamu sekarang berada di Kota Pontianak atau suatu saat berencara berwisata di Kota Pontianak, berikut beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi di Kota Pontianak:

1. Tugu Digulis

Tugu ini terletak di tengah Kota Pontianak, dengan ikon unik ditengah bundaran seperti bambu runcing berwarna kuning yang disebut dengan Tugu Digulis.

Monumen Sebelas Digulis Kalimantan Barat, disebut juga sebagai Tugu Digulis atau Tugu Bambu Runcing hingga Tugu Bundaran Untan oleh warga setempat, tugu ini merupakan sebuah monumen yang terletak di Bundaran Universitas Tanjungpura, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Pontianak.

Sekitar lokasi Tugu Digulis ini terbagi beberapa tempat seperti Jogging Track, Taman Digulis, Taman Arboretum Sylva dan Taman Ayani. Ketika weekend lokasi ini cukup ramai dikunjungi, karena area hijau dengan halaman yang cukup luas menjadikan tempat ini sebagai tempat berkumpul anak muda untuk melakukan kegiatan komunitas atau kegiatan sosial.

Oh iya, Tugu Digulis juga terlihat cantik ketika malam hari, karena ada perpaduan cahaya dan air mancur yang seolah menari-nari. Hampir setiap tempat yang ada di Kota Pontianak, biasanya melewati bundaran ini.

2. Rumah Radakng

Sudah tidak dipungkiri lagi, karena Pontianak terletak di Pulau Kalimantan, pulau yang paling banyak didiami oleh Suku Dayak. Maka dari itu untuk melestarikan budayanya, beberapa bagungan dibuat ukiran motif dayak seperti bandara, museum, mall hingga taman kota. Tapi jika ingin melihat motif dayak yang asli kamu dapat datang ke rumah adat dayak bernama Rumah Radakng.

Rumah Radakng merupakan rumah suku dayak terbesar di Kalimantan Barat, tempatnya yang begitu luas menjadikan tempat ini sering diadakan berbagai event Nasional hingga Internasional dan tidak ketinggalan event tahunan yang selalu diadakan yaitu Pekan Gawai Dayak. Pekan ini diselenggaran secara Internasional sekitar bulan Mei bertepatan dengan hari panen penanggalan Dayak.

3. Tugu Khatulistiwa

Selanjutnya adalah Tugu Khatulistiwa (Equator Monument) tugu yang menjadi ikon Kota Pontianak terletak di Jalan Khatulistiwa (Siantan), Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya pun tidak begitu jauh berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.

Tugu yang menjadi pendanda titik 0 garis Equator ini, memang selalu ramai dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak, apalagi bertepatan hari kulminasi matahari atau hari tanpa bayangan yang diselenggarakan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Walaupun bukan hari kulminasi Tugu Khatulistiwa tetap buka kok, bagi pengunjung yang pertama kali datang kesini akan mendapat sertifikat loh.

4. Vihara Dewi Kwan Im

Tidak begitu jauh dari Tugu Khatulistiwa ada sebuah vihara cukup besar dan juga bersebrangan dengan masjid. Tempat ibadah agama Buddha ini bernama Vihara Dewi Kwan Im. Mengunjungi beberapa tempat ibadah semuanya gratis, asalkan kita tetap menghormati setiap pengunjung yang datang untuk ibadah. Datanglah ke Vihara saat pagi hari karena masih belum banyak orang yang datang. Berswa foto disini kamu seperti berada di Tiongkok loh jadi gak perlu jauh-jauh.

5. Waterfront Pontianak City

Ketika sore hari, kamu dapat mampir sebentar menikmati matahari terbenam sambil naik kapal wisata yang ada di Waterfront Pontianak City. Santai sejenak menunggu malam menyusuri sungai kapuas menggunakan river crush.

Jika tidak ingin naik kapal kamu dapat jalan-jalan santai ditepian sungai, suasana melihat matahari terbenam di bawah jembatan Kapuas. Jembatan ini juga tidak kalah cantiknya ketika malam hari dengan lampu jalan dan lampu kendaraan yang lalu lalang di atasnya.

6. Makan Chai Kue dan Nasi Ayong 999

Kota Pontianak punya banyak pilihan perihal wisata kuliner seperi bakmi kepiting, asam pedas, hingga Chai Kue. Chai Kue juga disebut choi pan merupakan jajanan yang wajib dicoba ketika datang ke Kota Pontianak.

Walaupun sekilas bentuk Chai Kue mirip seperti pastel atau kroket, tetapi pengolahannya berbeda, jika pastel dan kroket harus digoreng terlebih dahulu, maka chai kue harus dikukus sebelum disajikan. Isi dari chai kue sendiri biasanya berupa bengkuang, buah keladi, maupun kucai. Kulit chai kue yang tipis tersebut terbuat dari tepung beras dengan pelengkap bawang goreng di atasnya.

Belum puas makan Chai Kue, jangan khawatir di Kota Pontianak ada kuliner legendaris yang selalu bikin pengen nambah terus. Kuliner legendaris tersebut adalah Nasi Ayong 999. Menu yang sederhana berupa telur ceplok dan nasi seharga Rp.7.000,- per porsi.

Masih banyak lagi tempat yang dapat dikunjunggi di Kota Pontianak, apalagi ketika malam hari misalnya Alun Alun Kapuas, Waterfront Pontianak City, Kuliner di Jalan Gajah Mada dan lain-lain.

Nah, dari semua destinasi yang saya sebutkan diatas lokasinya tidak begitu berjauhan, jadi dalam sehari dapat eksplor banyak tempat di Kota Pontianak. Tapi seharian jalan-jalan pasti sangat melelahkan, saatnya memilih penginapan yang nyaman untuk istirahat. Bingung cari penginapan Hotel di Pontianak? tenang saja karena di Kota Pontianak #PastiAdaOYO.

Eksplor Kota Pontianak, Nginapnya di OYO Cempaka Guest House Aja!

Mencari hotel murah dan nyaman sekarang tidak perlu ribet lagi karena di Kota Pontianak ada banyak OYO Hotels Indonesia dan letaknya pun sangat strategis mulai dari yang ditengah kota hingga pinggiran kota. Dengan fasilitas lengkap dan harga murah tapi tidak murahan. Satu diantara hotel OYO yang paling rekomended di Kota Pontianak adalah OYO Cempaka Guest House jika menggunakan aplikasi OYO nama hotelnya adalah OYO 1097 Appartel Cempaka.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, dekat dengan fasilitas umum. Nah jika kamu mau pergi ke tempat kuliner, lokasi wisata, kantor, rumah sakit, hingga pusat perbelanjaan tidak membutuhkan waktu yang lama. Letak OYO 1097 Appartel Cempaka ini benar-benar strategis tepatnya di belakang Rumah Sakit Anugerah Bunda masuknya lewat Jalan Abdul Rahman Saleh Jalan Ar. Saleh I Nomor 8 Kota Pontianak atau BLKI, jika menggunakan Google Maps cukup tulis saja “Cempaka Guest House” dan akan muncul maps seperti berikut ini:

Alamat Lengkap OYO 1097 Appartel Cempaka : Jalan Abdul Rahman Saleh Jln Ar. Saleh I No.8, RW. 9, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78112. Telepon (0561) 6655928.

Tentang OYO Rooms And Hotels Indonesia

OYO Hotels Indonesia adalah bagian dari OYO Rooms, umumnya dikenal sebagai OYO, merupakan jaringan layanan perhotelan hemat untuk traveler maupun backpacker. Startup yang berasal dari India ini didirikan oleh Ritesh Agarwal pada tahun 2013 dan sekarang OYO telah berkembang di berbagai tempat di belahan dunia, saat ini OYO telah memiliki lebih dari 23000 hotel dan 330000 kamar di 800 kota seperti India, Malaysia, Nepal, Cina, Uni Emirat Arab hingga di Indonesia.

Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh OYO Rooms, sebelum kamu memilih penginapan yang sesuai kebutuhan kamu:

  • OYO Townhouse, yang dipromosikan karena hotel lingkungan berada di segmen menengah yang ditargetkan untuk para wisatawan milenial yang menginginkan akomodasi ekonomi premium.
  • OYO Home, yang diklaim OYO adalah Sistem Manajemen Rumah perdesaan India yang menawarkan rumah-rumah pribadi di berbagai lokasi dan sepenuhnya dikelola oleh OYO.
  • OYO Vacation Homes, yang mengidentifikasi dirinya sebagai merek rumah liburan terbesar ke-3 di dunia dengan merek manajemen persewaan liburan Belvilla, Danland, Dan Center bersama dengan Traum-Ferienwohnungen yang berbasis di Jerman.
  • SilverKey, diluncurkan pada bulan April 2018, melayani kebutuhan para pelancong bisnis yang melakukan perjalanan bisnis untuk jangka waktu pendek atau panjang.
  • Palette, menawarkan staycation yang dikuratori dengan sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman intuitif dengan harga kompetitif, kategori resor liburan kelas atas.
  • Collection O, adalah kategori terbaru di bawah portofolio hotel OYO yang memenuhi persyaratan untuk pelancong bisnis yang cerdas. Hotel dengan kategori ini dilengkapi dengan kolam renang, fasilitas olahraga, restoran, ruang pertemuan dan area parkir.
  • OYO LIFE, ditargetkan untuk kalangan milenial dan profesional muda yang mencari rumah yang dikelola penuh dengan persewaan jangka panjang, dengan harga terjangkau.
  • OYO Premium, rekomendasi penginapan untuk keluarga. Nah, jika kamu berencana melakukan perjalanan sekeluarga kamu dapat memilih kategori hotel dengan predikat premium, jenis ruangan yang besar mirip seperti apartemen lengkap dengan perabotan rumah tangga dan lebih dari satu kamar dalam satu ruangan.

OYO 1097 Appartel Cempaka Pontianak satu diantara Hotel OYO di Kota Pontianak dengan kategori premium dengan fasilitas terlengkap dan setara standar apartemen internasional. Saat ini OYO 1097 Appartel Cempaka memiliki predikat rating point 4.9/5.0, itu artinya sebagian besar pelanggan yang menginap disini merasa sangat puas.

Pengalaman Seru Menginap di OYO 1097 Appartel Cempaka Pontianak

Bukan hanya di Kota Pontianak saja, setiap liburan keluar kota di Indonesia saya selalu menginap di OYO Hotels, misalnya di Jogja, Bali, Jakarta hingga Pontianak. Karena hampir di semua kota di Indonesia #PastiAdaOYO yang memberikan pelayanan hotel yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

Nah, kali ini saya akan review pengalaman seru saya menginap di OYO 1097 Appartel Cempaka di Kota Pontianak. Serta beberapa alasan saya memilih OYO Hotels sebagai partner penginapan yang cocok untuk menginap saat liburan maupun staycation.

1. Menginap di OYO Cukup Booking Pakai Aplikasi OYO

Tidak perlu repot-repot jika ingin menginap di OYO Hotels, kamu tinggal download aplikasi OYO Hotels di Google Play Store jika menggunakan android dan di Apps Store jika menggunakan iOS.

Banyak promo dan diskon menarik jika menggunakan aplikasi OYO!

Selain memberikan berbagai penawaran khusus, hotel murah OYO juga hadir dengan berbagai fasilitas utama seperti WiFi, AC dan linen bersih serta banyak fasilitas lain yang dapat kamu nikmati, semua disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan.

Tiga Langkah Mudah Memesan OYO Hotels:

  1. Cari. Buka aplikasi OYO dan masukkan lokasi atau gunakan lokasi kamu saat ini untuk mencari hotels.
  2. Lihat. Bandingkan harga hotel, penilaian tamu, fasilitas dan sebagainya kemudian pilih hotel yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu.
  3. Pesan. Pesan kamar dengan satu klik. Kamu dapat melakukan pembayaran saat melakukan booking atau sebelum check-in atau memilih opsi ‘Pay at Hotel’ di hotel yang dipilih.

Untuk menghadirkan pengalaman menginap nyaman dan terpercaya untuk berbagai kebutuhan perjalanan kamu, setiap hotel OYO dilengkapi dengan layanan tamu 24×7 untuk membantu menjawab setiap pertanyaan terkait pemesanan dan proses menginap dan OYO memastikan kamu dapat merasakan pengalaman menginap terstandarisasi OYO, mulai dari check-in hingga setelah menyelesaikan proses check-out.

Bicara soal fasilitas, Hotel OYO memberikan fasilitas yang lengkap sesuai dengan yang tertera pada aplikasi saat proses booking.

2. OYO H2O & Coffee Maker

Menginap di OYO Hotel mana pun, selalu ada disediakan air mineral yang selalu diganti dan diperbaharui setiap harinya bernama OYO H2O. H2O sendiri merupakan Hidrogen Dioksida atau biasa disebut air diberikan secara gratis untuk semua pengunjung hotel yang menginap di Hotel OYO.

Tidak ketinggalan dengan perlengkapan coffee maker dengan pilihan kopi dan gula yang kamu dapatkan secara gratis setiap menginap di OYO.

3. Toiletries Lengkap dan Kamar Mandi Bersih

Sama halnya pada hotel-hotel pada umumnya, semua OYO Hotels menyediakan perlengkapan mandi atau toiletries seperti hair and body wash, shampoo, sikat gigi, handuk yang juga didukung dengan toilet yang bersih.

Nah, setiap ruangan di OYO 1097 Appartel Cempaka terdapat dua kamar mandi yang pertama terletak di dekat dapur dan satu lagi di kamar tidur dengan shower air panas maupun air dingin.

4. TV Channel Internasioal dan Internet Kencang

Fasilitas yang tidak ketinggalan bagi setiap OYO Hotels Indonesia adalah tersedianya layanan TV kabel dengan Channel Internasional serta Internet yang kencang. Jadi, bekerja di hotel pun juga bisa lebih mudah dan menyenangkan.

Bekerja dengan internet stabil dan suasana lebih tenang dan damai, tanpa harus jauh-jauh pergi keluar, menulis lebih fokus dan kapan pun bisa tetap online.

5. Properti Lengkap Senyaman Rumah Sendiri

Menginap di OYO Hotels di Cempaka ini berasa di rumah pribadi, karena lengkap dengan peralatan rumah tangganya seperti perlengkapan makan, kulkas, kompor, lemari, sofa hingga mesin cuci. Semua kegiatan dapat dilakukan di dalam appartel yang dibooking di OYO.

Dengan semua fasilitas tersebut, semakin betah berlama-lama di Hotel OYO. Berikut detail fasilitas OYO Appartel Cempaka di Kota Pontianak, berdasarkan informasi booking di website resminya atau aplikasi OYO langsung.

6. Banyak Promo dari OYO, Bisa Dipakai Untuk Booking Hotel Berikutnya

OYO selalu memberikan banyak promo menarik misalnya diskon hotel 33% hingga 70% di seluruh Indonesia dengan kode promo tertentu, kemudian ada lagi bonus tambahan menginap dan promo menarik lainnya dalam rangka Harbolnas, menginap di OYO Hotels cuma bayar 99rb.

Kupon promo atau harga diskon akan di applied secara otomatis ketika melakukan proses booking hotel. Kamu juga dapat memasukkannya secara manual jika diinginkan. Selain ada juga OYO Points untuk pengguna yang memiliki akun OYO baik itu via browser maupun aplikasi di smartphone, point tersebut dapat dipakai untuk mendapatkan potongan harga. Gimana tuh, makin banyak potongan atau diskon semakin murah untuk bayar hotelnya.

7. Dimana-Mana Ada OYO, Karena Jaringan Terbesar di Indonesia

Keliling Indonesia sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi menginap dimana karena Jaringan OYO hotels merupakan terbesar di berbagai titik Indonesia yang menyediakan 1000 hotel tersebar di 100 kota di Indonesia.

Dengan jenis hotel yang beragam mulai dari rumahan di pedesaan hingga hotel mewah di tengah kota.

8. Lokasi yang Strategis, Kemana Saja Lebih Mudah

OYO Hotels terletak di lokasi yang sangat strategis, mulai dari hotel yang dekat dengan beberapa destinasi wisata, perkantoran, bandara, pusat belanja hingga tersedia juga di pusat kota. Nah, OYO 1097 Appartel Cempaka satu diantara hotel OYO yang memiliki letak yang paling strategis, berikut gambaran lokasi hotel tersebut di Kota Pontianak.

9. Bisa Bayar di Hotel Saat Check-In dengan Pay at Hotel

Menginap di OYO Hotel Indonesia kamu bisa memilih berbagai metode pemabayaran misalnya: Pay Online dengan menggunakan Credit Card, Bank/ATM Transfer atau di Alfamart terdekat. Pay at Hotel, kamu dapat menggunakan metode ini untuk pembayaran langsung di hotel saat check in. Tenang saja, jika kamu menggunakan kupon atau voucher tetap berlaku kok.

Penasaran seperti apa? yuk simak video singkat saya eksplore Kota Pontianak dalam sehari dan pengalaman menginap yang menyenangkan di salah satu OYO Hotels Indonesia di Kota Pontianak berikut ini:

Worth it banget kan harga dan fasilitas OYO 1097 Appartel Cempaka? Wajar saja kalau hotel ini memiliki rating point 4.9*. Jadi, kalau kalian mau traveling ke Kota Pontianak, langsung pesan saja kamar di OYO 1097 Appartel Cempaka (Near Tugu Khatulistiwa, Pontianak). Percaya deh tempatnya adem, sangat cocok untuk istirahat atau staycation setelah jalan-jalan di Kota Pontianak.

Sebentar lagi liburan akhir tahun loh, gimana? sudah ada rencana jalan-jalan, atau mau juga explore Kota Pontianak dan kota lainnya di Indonesia, serta menginap nyaman dengan fasilitas lengkap tanpa harus membuat kantong kering di OYO Hotels Indonesia. Yuk wujudkan Holiday Wishes kamu dengan menginap nyaman seperti rumah sendiri di OYO!

Biar gak ketinggalan promo dan informasi menarik lainnya tentang OYO Hotels Indonesia, follow sosial medianya OYO Indonesia di : Instagram oyo.indonesia, Twitter @oyoindonesia, Facebook OYO Indonesia dan Channel Youtube OYO Indonesia. Agar semakin dekat di mata, dekat di hati dan dekat di jari.

Tulisan ini diikut sertakan dalam #PastiAdaOYO Blog Competition “Pengalaman Seru Liburan Bersama OYO Hotels Indonesia” yang diselenggarakan oleh OYO Indonesia.

Referensi:

  • Infografis, Foto Pendukung dan Video : Dokumen Pribadi Siti Mustiani
  • Kota Pontianak : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak
  • Tugu Digulis : https://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Digulis
  • Tugu Khatulistiwa : https://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Khatulistiwa
  • OYO Rooms : https://id.wikipedia.org/wiki/OYO_Rooms
Be social share!

32 thoughts on “Jalan-Jalan di Kota Pontianak, Tenang #PastiAdaOYO

  1. Sebagai seorang yang suka jalan-jalan tapi low budged, sepertinya OYO adalah solusi untuk saya menginap pada saat berkunjung ke suatu daerah, bukan hanya murah, tapi juga nyaman serta banyak promonyaa.

  2. Tentu donk. Kota Pontianak sekarang ini udah berkembang sangat pesat. Udah banyak destinasi wisata yang bisa kita nikmati. Ada taman-taman tempat refreshing dan ramah anak. Belum lagi beberapa titik wisata yang udah dikelola dan diperbaiki menjadi lebih keren, lebih aman dan tentram. Haha. Yok ke Pontianak, awak datang kamek sambot. Kecik telapak tangan, nyiruk kamek tadahkan.

  3. Keren 👏👏👏 aku udah lama tau OYO cuma gatau kalau penginapannya selengkap itu uwuwuwu maacih Siti infonya. Jadi enak kalau mau liburan ke kota lain bisa nginap di OYO ❤️

  4. Wah super lengkap ini reviewnya, dari spot tujuan wisata di Pontianak sampe ke hotel OYO nya sendiri yang super asyik kamar dan fasilitasnya. Videonya juga cool banged! Mantul!

    Baru tahu OYO ada product class-nya gitu, sangat menarik untuk dicoba nih produk2nya? Kalo di Indonesia sudah ada yg class yang mana aja kak?

    1. Wah terima kasih mas James Yanuar Wijono sudah berkunjung di blog saya 😀
      Iya nih pokoknya OYO paling rekomended deh untuk liburan, mau solo traveling atau bersama keluarga juga bisa. Nah untuk class apa saja yang ada di Indonesia bisa cek di aplikasi OYO ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *