Journalist Award Honda Astra Motor Pontianak

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba juga, setelah sekian bulan mengikuti rangkaian kegiatan dan kompetisi yang diadakan oleh Astra Motor Pontianak akhirnya seluruh anggota Journalist of Astra diundang untuk mengahadiri acara Journalist Award yan diselenggarakan pada 14 November 2019 di IBIS Hotel Kota Pontianak.

Astra Motor menggelar lomba menulis yang diselenggarakan mulai bulan Mei 2019 hingga November 2019, kompetisi ini terdiri dari beberapa kategori lomba, seperti media cetak maupun media online hingga blogger dengan hadiah utama yaitu 1 Unit Honda Beat eSP dan Trip ke Thailand.

Nah, untuk kompetisi jurnalis kategori blogger sendiri, para peserta menuliskan minimal dua berita menarik apa saja mengenai Honda Astra Motor Kalbar baik itu peluncuran produk baru, event, hingga tips-tips menarik seputar motor honda. Beberapa kali peserta juga diberikan sebuah press release yang dapat kita edit dan kembangkan menjadi tulisan yang bagus.

Tips Menang Lomba Blog dari Honda Astra Motor

Alhamdulillah setelah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dari Honda dan akhirnya saya terpilih menjadi juara 2 kategori blogger dan mendapatkan uang tunai sebesar dua juta rupiah. Nah, kali ini saya akan sharing sedikit bagaimana saya mendapatkannya kepada teman-teman yang berencana mengikuti kompetisi yang mirip seperti Astra Motor atau lomba yang diselenggarakan oleh Astra Motor berikutnya.

1. Follow Instagram @Honda_Kalbar

Dari mendapatkan informasi yang update dari instagramnya honda kamu dapat mencari dan menemukan baik itu program terbaru dari honda misalnya hadiah apa saja yang didapatkan pelanggan jika membeli motor bulan tertentu atau informasi event yang akan diadakan, kamu dapat catat tanggalnya dan datang ke event tersebut.

Contoh tulisan :

2. Mengembangkan Tulisan dari Press Relase

Setiap bulannya pihak Astra Motor akan memberikan berita-berita baru tentang motor honda. Biasanya sudah disediakan foto dan beberapa press release sebanyak 300an kata. Nah, dari press release tersebut, usahakan tulisannya dikembangkan atau ditambah pendapat kamu tentang berita/informasi tersebut. Sehingga dapat tulisan mencapai 500-1000 kata.

PS: Setelah selesai menulis cek di Plagiarism Checker untuk memastikan tulisan kamu seperti original dan tidak menurunkan DA/PA ataupun kualitas blog.

Contoh tulisan:

3. Datang Ke Event Honda atau Acara yang Disponsori oleh Honda

Hampir di setiap kegiatan yang diselenggarakan di Kota Potianak pasti ada sponsor dari Honda. Karena Honda merupakan perusahaan yang paling sering memberikan sponsor untuk menyukseskan suatu kegiatan. Misalnya pada konser Tulus, Pontianak Culinary Festival, DBL dan masih banyak lagi.

Datang dan nikmati acara tersebut, tulis se original mungkin menjadikan satu diantara artikel yang berkualitas di blog kamu. Jangan lupa foto-foto dan post and share di Sosial Media kamu.

Contoh tulisan :
http://sitimustiani.com/2019/05/nonton-konser-tulus-gratis-dari-honda-kalbar/

Oh iya kamu juga perlu melakukan selingan tulisan lain, jadi artikel tidak melulu soal honda.

Tidak hanya itu saja, tiap tulisan kita juga akan mendapatkan point di website resmi astramotorkalbar.id dan poin tersebut juga dapat ditukarkan dengan hadiah menarik lainnya di JGP (Jurnalist Get Poin).

JGP (Jurnalist Get Poin)

Selain nantinya website para jurnalis ini dipromosikan di portal Astra Motor, mereka juga akan mendapatkan reward berupa souvenir, voucher ataupun gift dengan ketentuan reward point-point sebagai berikut:

  • 30 Point: 1 Voucher Makan / Belanja (senilai hingga 200rb)
  • 50 Point: 1 Souvenir (senilai > 250rb)
  • 100 Point: 1 Gift (senilai > 700rb)Untuk teman-teman media Cetak/Online baik itu Koran, ataupun Blogger, tahun ini kita mengadakan Jurnalist Get Point loh untuk setiap tulisan teman-teman.

Dengan catatan point 30 dan 50 yg sudah di tukarkan tidak akan hangus dan tetap terakumulasi hingga mencapai 100 Point, setelah 100 Point, baru akan direstart kembali dari 0.

Point yang dikumpulkan oleh para jurnalis baik itu media cetak maupun online, akan terus terupdate di website resminya Astra Motor Kalbar pada menu Jurnalist.

Update November 2019

Adapun ketentuan Point tersebut:

  • 1 Berita di Media Cetak : 3 Poin
  • 1 Berita di Online Web : 1 Poin
  • 1 Berita Blog Ukuran >= 510 kata : 3 Poin
  • 1 Berita Blog Ukuran < 500 kata : 1 Poin
  • Tidak nulis yaa gak dapat point

Nah, kalau kamu juga bagian dari jurnalis atau blogger kamu juga dapat bergabung dengan melakukan pendaftaran astrahondakalbar.co.id dengan mendaftar pada menu login.

FYI untuk artikel baik berita yang berasal dari hunting pribadi maupun rilis jadi yang berasal dari team Astra Motor seperti Doni Adrian, Prastya Agusta, ataupun Suyanto yang tinggal dinaikkan tetap di hitung sebagai poin.

Tidak berhenti sampai disanasaja, astra motor terus berinovasi dan kembali menghadirkan fitur terbaru, dimana rekan-rekan journalist juga di manjakan dengan system cek in melalui QR Code, sehingga ketika menghadiri setiap acara, tidak perlu lagi memberikan ttd kehadiran tradisional/ ttd basah; cukup mengeluarkan handphone masing-masing dan scan QR code maka sudah check in serta pastinya data nya data dilihat dengan mudah dan tersistem.

Nah, pastikan handphone kamu juga terinstall aplikasi QR & Barcode Scanner yang bisa didownload di Google Play Store bagi pengguna android atau App Stoore bagi pengguna Apple.

Nantinya, kehadiran journalist nantinya juga akan mendapatkan apresiasi melalui beberapa café di Pontianak, sehingga rekan-rekan journalist kembali akan dimanjakan agar dapat dengan leluasa menyalurkan bakat ide tulisan dan berita sambil santai di café. Wah asik ya!

Voucher & Gift dari Astra Motor

Eittss, kebaikan Astra Motor tidak hanya sampai disini saja, tidak hanya buat artikel dan hadir acara dari Astra Motor saja kamu dapat point, kamu buat konten di instagram maupun di youtube pun juga dapat point, lumayankan kalau terkumpul banyak bisa ditukar dengan voucher belanja atau voucer makanan, hehe.

Dapatkan informasi selengkapnya di website astramotorkalbar.co.id.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat saya berikan, sampai jumpa di kompetisi selanjutnya. Selamat untuk Rio Pratama mendapat juara 1 dan Muhammad Teguh yang mendapat juara 3. See you next competition! salam satu hati!

Be social share!

2 thoughts on “Journalist Award Honda Astra Motor Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *