SMKN 07 Pontianak Sekolah Binaan Safety Riding Pertama di Kalimantan Barat

PT. Astra International, Tbk – Honda selaku main dealer motor Honda di Kalimantan Barat, tidak bosan-bosannya selalu fokus terhadap keselamatan berkendara untuk masyarakat di Kalimantan Barat terutama kalangan Generasi Z. Selain memberikan pengetahuan tentang cara berkendaraan yang aman, Astra Motor Pontianak melalui tim safety ridingnya menjadikan SMK Negeri 7 Pontianak sebagai sekolah binaan Safety Riding Honda yang pertama di Kalimantan Barat.

Sebagai binaan, Astra Motor sudah membangun insfratruktur keselamatan sekolah dari Honda. SMK Negeri 7 Pontianak dipilih sebagai sekolah pertama binaan safety riding di Pontianak karena memiliki konsep dan pemikiran keselamatan yang sama dengan Honda dan sekolah tersebut juga merupakan sekolah binaan Technical Service Astra Motor yang sudah lama bekerja sama dengan Astra Motor. Kami berharap Sekolah Binaan Safety Riding Honda ini mampu memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor khususnya pelajar di sekolah tersebut yang pada akhirnya bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Terang Dony Adrian selaku instruktur Safety Riding Astra Motor.

Beberapa bentuk peralatan keamanan lalu lintas yang dibangun berupa rambu-rambu lalu lintas seperti rambu di area parkir, rambu penyeberang jalan, rambu wajib helm, rambu wajib SIM dan STNK, helm, rambu batas kecepatan, papan Kontrol keselamatan, dan papan kontrol pelanggaran yang berfungsi sebagai parameter tingkat pelanggaran yang dilakukan para siswa di kawasan sekolah. Dengan adanya papan kontrol pelanggaran tersebut memudahkan pihak sekolah menganalisa kecelakaan secara periodik.

Selain itu juga Team safety Riding Astra Motor memberikan bekal kepada Team Task Force SMKN 07 Pontianak yang terpilih berkenaan Skill kemampuan Safety Riding di sekolah tersebut seperti pengetahuan teori safety riding, skill ballacing, skill slalom course, teknik menikung agar mereka bisa memberikan edukasi safety riding kepada siswa lainnya.

Manager Marketing Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat Pontianak memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, Astra Motor selaku pelopor keselamatan berkendara juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan berbagai instansi pemerintahan seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menyebarkan edukasi safety riding dengan tagline keselamatan berkendara Honda #cari_aman.

Dengan adanya program Sekolah Binaan Safety Riding Honda ini, kita ingin menjadikan institut pendidikan sebagai model dan pelaku aktif dalam pendidikan berkendara yang aman dan nyaman. Sehingga sekolah sebagai sumber pendidikan keselamatan berkendara bagi guru dan siswa pada khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Bukan hanya mereka saja, kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.

Salam Satu Hati!

Be social share!

1 thought on “SMKN 07 Pontianak Sekolah Binaan Safety Riding Pertama di Kalimantan Barat

  1. Penting sekali memberi edukasi tata tertib berlalu lintas terutama buat pelajar. Karena pelajar sering berkendara dengan tidak tertib, ngebut dan tanpa helm/belum punya SIM. Semoga SMKN 7 Pontianak bisa menjadi inspirasi
    bagi pelajar lain untuk berkendara sesuai aturan 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *