Tujuh Hari di Lombok, Kemana Aja? Ini Itinerary Liburanku

Ahh tidak terasa sudah hampir akhir tahun, sudah saatnya merencanakan liburan untuk liburan akhir tahun. Seperti biasa setiap tahun saya membuat sebuah bucket list yang biasanya berisikan hal-hal yang ingin saya lakukan disuatu tempat, misalnya mengunjungi ke tempat yang belum pernah dikunjungi dan membuat itinerary. Membuat itinerary sebelum melakukan melakukan sebuah perjalanan adalah hal yang sangat penting.

Iyaa, udah lama gak posting liburan terbaru. Gimana kalau buat itinerary nya dulu aja

Pentingnya Membuat Itinerary Perjalanan

Itinerary atau rencana perjalanan adalah rencana atau daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan, akomodasi, transportasi, serta informasi pendukung lainnya seperti include, exlude, biaya tambahan dan catatan lainnya. Menyusun itinerary perjalanan ini sangat penting, karena kamu akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya adalah:

Pertama dapat memperkirakan durasi traveling, karena pas membuat itinerary kamu mencatat destinasi dan atraksi wisata apa saja yang akan dikunjungi, tentu kamu bisa memperkirakan durasi travelingmu.

Mengetahui durasi traveling akan sangat bermanfaat. Apalagi buat para pejalan yang kantongnya tipis tapi berhasrat buat traveling lama-lama. Kalau kamu punya budget yang tidak terbatas sih sebenarnya itinerary tidak perlu-perlu amat.

Kedua, lebih mudah untuk menyusun anggaran. Nah disini para traveler akan lebih gampang untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan, mulai dari akomodasi, transportasi dan konsumsi. Nah, Itinerary tidak hanya bantu kamu buat mengihtung pengeluaran untuk pos-pos besar seperti penginapan dan transportasi, tapi juga yang lebih kecil seperti biaya masuk destinasi wisata, parkir hingga sumbangan lainnya.

Ketiga, kamu tidak akan kebingungan ketika tiba di tujuanitinerary bisa diibaratkan sebagai cue card-nya pembawa acara. Jadi pas tiba di destinasi kamu tidak akan kebingungan mau ngapain. Dari bandara kamu sudah punya beberapa alternatif transportasi ke penginapan. Keesokan harinya kamu juga tidak akan kebingungan mau pergi ke mana karena sudah mengantongi daftar perjalanan wisata menarik.

Manfaat lainnya adalah kamu jadi tidak gampang ditipu karena sudah riset terlebih dahulu dan jadi tidak panikan saat tiba ditempat tujuan jika tidak sesuai rencana, tenang saja dengan itinerary kamu jadi punya rencana kedua, ketiga, dan seterusnya.

Itinerary Tujuh Hari di Lombok

Nah, karena akhir tahun akan segera tiba dan Lombok menjadi destinasi pilihan saya untuk traveling akhir tahun, berikut itinerary liburanku saya selama seminggu di Lombok:

1. Day 1 (Desa Sade dan Bukit Merese)

Jika sudah tiba di Lombok jangan sampai terlewatkan mampir ke satu desa yang kental akan budayanya yaitu Desa Sade, desa wisata yang satu ini memberikan pengunjungnya pengalaman unik dengan melihat dari dekat kehidupan sehari – hari suku Sasak, yakni suku asli yang mendiami Pulau Lombok. Dari mataram hanya membutuhkan waktu sektar 20-30 menit saja untuk mencapai desa ini. Desa Sade juga akan dilewati jika kalian menuju ke Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan.

Welcome to Desa Sade

Teriknya matahari di Lombok tidak mengurangi atmosfir Desa Sade yang begitu tradisional, terdapat gapura besar yang berdiri sebelum memasuki desa. Ketika memasuki desa ini kami disambut oleh senyum dari para warga. Desa Sade memiliki luas kurang lebih 6 ha dan saat ini ditinggali oleh sekitar 150 kepala keluarga. Hebatnya pemerintah daerah setempat bersama dengan pemangku adat desa sengaja mempertahankan keaslian adat istiadat lokal di desa ini.

Bukit Merese

Tidak jauh dari Desa Sade, kamu juga dapat mampir ke Bukit Merese. Bukit ini sering disebut orang-orang dengan sebutan bukit cinta, entah apa alasannya sampai saat ini saya belum mengetahuinya. Bukit merese wajib menjadi salah satu bucket list kamu ketika kamu mampir di Pulau Lombok ini.

Bukit Merese (orang lokal menyebutnya ‘Bukit Meresek‘) kawasan ini masih dikelola oleh masyarakat lokal biaya masuk ke Bukit Merese ini gratis hanya parkirnya saja yang bayar yaitu Rp.5.000,- per motor kalau mobil Rp.10.000,-.

2. Day 2, 3 dan 4 (Gunung Rinjani)

Siapa yang tidak kenal dengan pesona Gunung Rinjani yang selalu cantik, gunung api tertinggi kedua di Indonesia menjadi destinasi favorit hingga mancanegara. Untuk mencapai puncak gunung Rinjani memang membutuhkan watuk yang sedikit lebih lama yaitu sekitar 3 hari.

POS 2 Gunung Rinjani
Puncak Gunung Rinjani

Memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, tapi jangan khawatir karena pesona yang disuguhkan tidak akan membuat kamu menyesal untuk mendaki Gunung Rinjani. Namun karena tahun lalu Lombok sempat terjadi gempa, tenang kamu tetap bisa menaiki Rinjani namun hanya sampai puncak pelawangan, disana kamu tetap bisa melihat danau segara anak bahkan waktu yang dibutuhkan hanya dua hari saja.

3. Day 5 (Bukit Selong & Air Terjun Sendang Gile)

Turun dari Gunung Rinjani, kamu akan tepat berada di Desa Sembalun. Jangan buru-buru pulang karena di Desa ini juga punya banyak destinasi wisata yang tidak terlalu berat untuk mencapai lokasinya misalnya seperti Bukit Selong dan Air Terjun Sendang Gile.

Bukit Selong
Air Terjun Sendang Gile

Kedua destinasi terbut tidak perlu memerlukan tenaga yang cukup banyak karena lokasinya mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan mobil maupaun motor.

4. Day 6 & 7 (Villa Hantu dan Gili Trawangan)

Villa Hantu, ah tidak seseram namanya destinasi ini cukup mudah untuk dijangkau. Misalnya tujuan keberangkatan ke Gili Trawangan tapi mampir sebentar di Villa Hantu barulah lanjut ke penyebrangan menuju pulau Gili.

Villa Hantu

Villa Hantu memperlihatkan indahnya pantai dengan pasir putih dan laut birunya. Ketia cuaca cerah, warna laut dan pasir akan terlihat sangat jelas.

Gili Trawangan

Lanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan, ah siapa sih yang tidak kenal dengan Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa.

Gak tau sih kenapa, gak pernah bosan nulis itinerary mulu. Gpp nulis dulu, disimpan karena ada kemungkinan tulisan kita bisa menjadi nyata.

Lebih Mudah Jika Bersama BookingLokal

BookingLokal adalah platform pemesanan penginapan hemat kantong, menawarkan harga dan promo terbaik cocok bagi budget travel.

Nginap Bapakai BookingLokal

Misi BookingLokal adalah mendorong semua orang untuk menjelajahi Indonesia dengan menawarkan akomodasi terbaik dengan cara paling nyaman. Dengan berbagai keuntungan seperti:

  • Platform memudahkan proses pemesanan
  • Berbagai macam platform media sosial menyediakan konten dengan informasi tentang promo, diskon, dan hal-hal terkait informasi lainnya
  • Diskon hampir setiap harinya, untuk mengkompensasi budget travel kalian
  • Promo tiada henti untuk pemesanan hemat kantong

Apa aja sih yang ditawarkan aplikasi BookingLokal? Intip aja di bawah ini

1. Mudah Mendapatkan Hotel Murah

BookingLokal menyediakan beragam pilihan hotel murah, rata-rata di bawah Rp 300 ribu saja per malam. Pilihan tepat untuk kamu yang gak mau bangkrut abis liburan.

2. Bisa Pesan Meski Mepet Tanggal Check-In

Nekad liburan besok, tapi belum tahu mau nginep di mana? Tenang, pesan kamar di BookingLokal aja! Pilihan banyak, proses pesannya juga cepat. Mau coba? Klik di sini.

3. Setiap Hari Selalu Ada Promo

Gak ada hari tanpa promo hotel di BookingLokal. Selain berbagai diskon hotel, kamu juga berkesempatan dapetin cashback, saldo GoPay, pulsa, dan masih banyak lagi!

4. Jaminan Harga Terbaik

Apa maksud “Jaminan Harga Terbaik”? BookingLokal menjamin kamu dapat harga terbaik alias harga termurah. Kalau kamu ketemu harga yang lebih murah untuk hotel dan tanggal yang sama lewat layanan pemesanan lain, BookingLokal bakal kasih kamu cashback GoPay sebesar selisih harga.

5. Yang Kamu Lihat, Yang Kamu Bayar

BookingLokal menjamin gak ada biaya tersembunyi atau pajak tambahan. Harga yang kamu lihat di aplikasi adalah harga yang kamu bayar.

6. Beragam Cara Pembayarannya & Aman

BookingLokal juga menjamin pembayaran yang aman dan beragam, termasuk kartu kredit dan transfer bank. Jadi gak perlu ngerasa waswas lagi. 

7. Layanan Pelanggan

Hubungi BookingLokal kapan saja kamu butuh bantuan. Layanan pelanggan BookingLokal siap nolong kamu via WhatsApp, telepon, dan email.

Gimana? Seru kan itinerary jalan-jalannya? Buat kamu yang rencana liburan ke Lombok atau destinasi wisata lainnya dalam waktu dekat atau bahkan udah mulai rencana buat liburan akhir tahun nanti, cek penginapannya di BookingLokal, ya! Kamu bisa pakai promo Rp1000 Satu Malam Pertama untuk dapetin kamar cuma bayar seribu perak aja untuk malam pertamanya. Liburan jadi #GampangKan?

Dapatkan informasi menarik tentang BookingLokal di Blog BookingLokal dan sosial medianya BookingLokal seperti: Instagram bookinglokal, Twitter @BookingLokal, Facebook BookingLokal dan Channel Youtube BookingLokal.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Kompetisi Blog BookingLokal, Itinerary Liburanku yang diselenggarakan oleh Booking.com Hotels & Vacation Rentals. Yuk ikutan juga bikin Itinerary Liburan versi kamu!

Referensi:

  • Pengalaman Pribadi
  • Foto Pendukung : Dokumen Pribadi Siti Mustiani
  • Tentang BookingLokal :https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bookinglokal&hl=in
  • Aplikasi Booking Lokal : https://blog.bookinglokal.com/aplikasi-bookinglokal-di-playstore-untung/
Be social share!

8 thoughts on “Tujuh Hari di Lombok, Kemana Aja? Ini Itinerary Liburanku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *