Empat Pemandangan Indah di Nusa Penida

Tentang Nusa Penida, Bali. Ternyata tidak banyak wisatawan tahu bahwa Bali memiliki tiga pulau terpisah. Berjarak 45 menit dengan perahu dari Pantai Sanur, Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan biasanya telah dipilih oleh para pelancong untuk melarikan diri dari Daerah Bali Selatan yang sibuk.

Ketiga pulau ini dipisahkan oleh lautan dan kita harus naik kapal/ferry untuk mencapai masing-masing pulau, kecuali Nusa Lembogan dan Nusa Ceningan, karena ada jembatan yang disediakan di antara keduanya. Sebagai pulau terbesar, Nusa Penida memiliki begitu banyak tempat indah untuk dijelajahi.

Berikut ketiga pulau cantik yang terpisah dari pulau Bali:

1. Kelingking Beach

Pemandangan menakjubkan pertama adalah Pantai Kelingking. Pemandangan bukit-bukit hijau berpadu dengan air lautan biru, dan pantai berpasir putih dapat dilihat dari atas. Gambar akan terlihat cantik ketika diambil dengan kamera drone.

Dari tempat parkir kita harus berjalan sejauh 100 meter untuk melihat pemandangan ini. Kamu benar-benar dapat pergi ke pantai karena pantai terlihat sangat menggoda! Tapi Anda harus memastikan Anda tidak takut ketinggian. Lintasannya curam, licin, dan lebarnya hanya 50 cm. Jadi hati-hati!

2. Pasih Uug

Dikenal sebagai broken beach atau pantai yang rusak, tapi justru yang membuat tempat ini istimewa adalah sebuah lubang di tengah tebing. Air di sini terlihat sangat jernih. Pasih Uug adalah yang terdekat yang bisa kamu jangkau dari dermaga.

3. Angels Billabong

Tepat setelah Pasih Uug, berjalan ke sisi kanan sekitar 10 menit kamu akan melihat laguna alami yang indah bernama Angels Billabong. Kamu bisa turun untuk mencapai laguna tetapi tebing yang berisi batu karst, kamu harus turun perlahan.

4. Atuh Beach

Favorit berikutnya adalah Pantai Atuh. Pemandangannya seperti Wayag, Raja Ampat dengan batu tunggal yang ada di tengah lautan. Atau beberapa orang mengatakan itu sangat mirip seperti Nugget Point, Australia. Pantai Atuh adalah lokasi terjauh dan jalan menuju ke sini tidak begitu mulus.

How to Get There?

Pastikan kamu datang di siang hari untuk mendapatkan cahaya terbaik. Jejak untuk mencapai tampilan pendek tapi curam. Persiapkan stamina kamu saat berjalan di atas panas.

Bagaimana menuju ke sana:

  1. Dari Bali kamu harus pergi ke Pantai Sanur, Jika kamu tinggal di Kuta, Seminyak, kamu sebaiknya naik GoJek atau Grab. Biayanya sekitar Rp. 100.000 untuk sekali jalan sekitar 50 menit
  2. Beli tiket kapal dengan dua cara Rp 150.000 (turis lokal), Rp 300.000 (turis asing) – 45 menit
  3. Jadwal Kapal berangkat dari Sanur ke Nusa Penida pukul 08.30 pagi dan berangkat dari Nusa penida ke Sanur pukul 03.30 sore.
  4. Sewa sepeda motor untuk menjelajahi pulau – 50.000-60.000 / 24 jam. Sewa sepeda motor mudah ditemukan, begitu kamu tiba di dermaga, akan ada begitu banyak orang yang menawarkan untuk menyewa sepeda motor. Lakukan tawar-menawar semurah mungkin! 🙂

Tip dan Trik

  1. Tanda jalan tidak tersedia untuk tujuan, cukup sulit jika ini adalah pertama kalinya kamu di Nusa Penida.
  2. Penduduk lokal kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris dan tidak mengerti ketika ditanya cara untuk mencapai Pasih Uug / Angel Billabong
  3. Koneksi Internet yang tidak stabil, bahkan tidak dapat menggunakan google maps dengan benar.
  4. Panas benar-benar akan membakar kulit kamu, siapkan tabir surya atau sunblock sebelum berangkat.
  5. Jika kamu benar-benar ingin melakukan perjalanan satu hari, tetapi kamu pergi sendiri, itu akan memakan banyak waktu.
  6. Jika kamu ingin mengunjungi semua tempat di atas, kamu perlu 2 hari 1 malam. Kalau tidak, jika kamu ingin pergi untuk explore satu hari, masih mungkin dengan tujuan (Pasih Uug, Angels Billabong, Kelingking Beach) karena kapal terakhir untuk kembali ke Sanur adalah pada pukul 15:00.
  7. Perjalanan satu hari di Nusa Penida biayanya sekitar Rp 450.000-500.000 / orang (termasuk tiket kapal, transportasi mobil di Nusa Penida, Makan Siang, dan pemandu – minimal 5 orang).

Gimana? sudah memiliki rencana untuk explore Nusa Penida? semoga artikel ini bermanfaat 😀

PS : Foto Nusa Penida by Imron Hakim

Be social share!

4 thoughts on “Empat Pemandangan Indah di Nusa Penida

  1. Waduh jadi malu nih mau komen, sudah setua ini belum pernah ke Bali, hehe. Ajak-ajak dong Mbak kalau mo traveling kemana gitu, biar saya bisa cuci mata jauhan dikit, hehe.

    Pantainya indah-indah dan bikin betah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *