Terlena Pesona Pulau Randayan di Kabupaten Bengkayang

Pulau Randayan, a very nice wild trip, beautiful islands where could be reach for 3 days with good budget. Very Recomended for city’ sweet escape.

Yah begitulah kira-kira serangkaian kalimat yang bisa menggambarkan trip saya ke Pulau Randayan. Perjalanan awal tahun kali ini sedikit diluar dugaan, karena baru saja pulang dari Pulau Lemukutan langsung diajak untuk trip lagi ke Pulau Randayan.

Sebenarnya Pulau Randayan tidak begitu jauh dari Pulau Lemukutan, yah sekitar 45 menit tapi karena gelombang cukup tinggi dan selisih day trip nya satu hari jadi harus kembali ke Teluk Suak (dermaga penyebrangan, daratan Bengkayang) sehingga perjalanan dilanjutkan besok paginya sementara menginap dulu di Singkawang.

Ketika berencana ke Pulau Rndayan, pastikan kamu tidak berangkat sendiri, karena jatuhnya akan lebih mahal dibandingkan kalau berangkat bareng dan bisa sharing cost. Berangkat dengan 6 orang lainnya, ini kesekian kalinya private trip untuk sharing cost dimana itinerary saya dan partner yang arrange semuanya.

Perjalanan dimulai pukul 09.00 pagi dari Teluk Suak menuju ke Pulau Randayan. Sepanjang 1 jam 30 menit perjalanan laut. Udara sangat terik, langit cerah dan seperti biasanya beberapa penumpang sempat ketiduran di kapal.

Pulau Randayan

Pulau Randayan merupakan sebuah pulau kecil yang lokasinya berhadapan langsung dengan Pulau Lemukutan. Pulau yang menjadi tempat persinggahan para nelayan ini memiliki pasir yang putih serta spot diving tidak kalah cantiknya dengan terumbu karang diberbagai pulau di Indonesia.

Tekstur pasir putih, air yang jernih dengan latar belakang pepohonan kelapa membuatnya menjadi magnet utama bagi traveler yang hendak mengunjungi Pulau Randayan. Awalnya saya sempat ragu apakah benar Pulau Randayan memiliki air sejernih dan pasir seputih itu, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan daratan Bengkayang. Namun, itulah gunanya harus membuktikan dan merasakkannya sendiri, dan buat saya sendiri, Pulau Randayan dengan kejernihan air nya sangat recommended banget, melihat letaknya yang bisa dicapai dengan mudah.

Di Pulau Randayan juga terdapat guest house penginapan yang di kelola oleh Pengelola Pulau Randayan. Pengunjung yang berniat menginap di Pulau Randayan boleh camping ataupun menyewa guest house Randayan Island Resort.

Ada beberapa hal unik yang perlu kamu ketahui, cantiknya Randayan tidak sekedar pasir putih dan air biru lautnya yang jernih tapi kamu juga dapat menikmati sunrise pagi hari dan sunset di sore hari di tempat yang sama. Bahkan ketika malam hari pun, pengunjung dapat menikmati indahnya langit yang dipenuhi oleh bintang-bintang dari pulau kecil ini.

Gimana? kira-kira kemana destinasi untuk liburanmu selanjutnya? Ayo, explore Indonesia jangan hanya menikmati weekend di rumah sambil bobo cantik aja, Indonesia lebih cantik loh, serius!

Nah, jika kamu ingin explore Pulau Randayan, kami dapat membantu dengan harga terjangkau bersama korakalbar. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang pengaturan perjalanan, silakan email di korakalbar@gmail.com atau WA 085348133614.

Be social share!

3 thoughts on “Terlena Pesona Pulau Randayan di Kabupaten Bengkayang

  1. Wuih, seru banget nih pastinya main ke pulau kecil begini. Pasirnya masih putih banget, dan air lautnya itu bikin kangen. Sudah lama pengen ke Kalimantan, tapi penerbangan ke sana dari Semarang nggak bisa sewaktu-waktu. Dan di sana kudu agak lama juga ya biar bisa eksplorari pulau-pulau cantik begini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *