Eksotisme di Pulau Kenawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Nothing in any other place, there is a peaceful island like Kenawa Island.

Sepertinya beberapa artikel tentang di NTB yang sebelumnya pernah saya ceritakan masih belum cukup untuk menggambarkan betapa mengaggumkannya gugusan di Pulau Nusa Tenggara. Satu diantaranya terdapat pulau cantik yaitu Pulau Kenawa, satu kata untuk merangkum kekaguman saya terhadap pulau ini adalah “Eksotis”.

Pulau Kenawa Sumbawa Barat, NTB itu sangat eksotis dari mana pun sisi mata memandang, dari sisi alam berinteraksi, dari sisi lansekap yang selaras dan dari sisi tanah yang ditapakki.

Eksotisme Lansekap Pulau Kenawa

Tidak banyak orang yang menyangka kalau gundukan perbukitan yang ada di artkel ini ternyata dapat kita temui di Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat, siapa sangka foto ini bukan di ambil di Aftrika?

Di sekeliling Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat, kita akan disuguhkan dengan pemandangan laut dan perbukitan yang seolah-olah menyatu kemudian kita merasakan eksotisme yang mempesonakan. Pulau Kenawa memiliki warna yang selalu berubah-ubah tergantung musim, jika kamu datang bulan Januari – Juli pulau ini berwarna hijau yang segar sedangkan jika datang sekitar bukan Agustus hingga Desember pulau ini akan berwarna cokelat keemasan.

Eksotisme Pesisir Pantai Pulau Kenawa

Sebuah pulau yang letaknya di kelilingi oleh lautan ini, Pulau Kenawa memiliki pantai yang cantik. Karena letaknya yang berhadapan langsung dengan laut, perpaduan seperti gradasi biru, putih kemudian oranye. Pulau Kenawa terkenal memiliki laut yang bersih serta pemandangan sunset dan sunrise terbaik.

Warna laut yang biru jernih serta pantai yang putih, membuat siapa saja yang datang ingin bermain air disini. Tidak terlihat banyak kapal yang menepi berlama-lama, karena sebagian nelayan langsung menuju laut untuk mencari ikan.

Eksotisme Ketenangan di Pulau Kenawa

Karena bukan merupakan sebuah pulau yang sangat touristy, Pulau Kenawa banyak menyimpan hidden tressure. Hidden tressure di Pulau Kenawa adalah beberapa perbukitan yang menghadap ke laut, suasana sore yang tenang dengan pemandangan gunung rinjani di Pulau Lombok atau pulau-pulau kecil lainnya sekitar Kenawa. 

Dengan akses yang terbilang belum cukup mudah, tapi jika datang ke lokasi yang tersembunyi serta ketenangan yang ditawarkan. Jauh lebih baik daripada tempat wisata yang penuh sesak oleh wisatawan, pulau kecil yang tenang itu hanya menjamu beberapa penjunjung saja, suara air ombak pesisir pantai yang terdengar. Pantai sangat bersih, tidak terlihat sampah satu pun, sepertinya keindahannya masih sama seperti ketika alam melahirkannya.

Mungkin Pulau Kenawa tidak setenar pulau pulau tetangganya, seperti Bali, Sumba atau Flores. Tapi siapa sangka Perjalanan ke Pulau Kenawa berhasil menambah kecintaan saya terhadap ibu pertiwi Indonesia.

Keindahan Pulau Kenawa seperti ini juga dapat kamu nikmati kapan saja, jadi tidak melulu menunggu waktu liburan akhir tahun, karena kamu dapat memanfaatkan promo payday dari Traveloka. Karena di era digital saat ini semakin mempermudahkan kita dalam hal apapun termasuk liburan yang kita butuhkan misalnya mencari hotel yang mendadak, karna Traveloka ada fitur-fitur yang dibutuhkan seperti pay@hotel, easy reschedule, last minute hotel, hotel near me dan fitur unggulannya yaitu Pay Later. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, belum gajian bukan berarti liburan kamu harus ditunda kan?

Oh ya, sekarang Traveloka punya metode pembayaran cashless (ini termasuk cicilan online) menggunakan kartu kredit online. Jadi, sekarang bisa ambil liburan dulu dan bayar nanti. tenang saja nanti kamu akan dapat cek tagihan dan cara bayar tagihan lebih mudah melalui aplikasi Traveloka. Seluruh informasi akun tagihan dapat disimpan dalam satu aplikasi mobile Traveloka. Artinya, pengguna dapat langsung mengecek berbagai tagihan dan memilih cara pembayaran yang diinginkan.

Temukan hotel terbaik dengan fitur hotel hear me di Aplikasi Traveloka untuk menemukan hotel yang pas sesuai dengan kebutuhan kamu untuk liburan di Sumbawa sebelum berlayar ke Pulau Kenawa.

Jangan khawatir soal penagih dari Traveloka, karena di Aplikasi Traveloka ada fitur Bill Reminder yang akan membantu pengguna untuk selalu membayar tagihan agar tepat waktu. Pengingat ini akan dikirimkan melalui email serta notifikasi langsung di dalam aplikasi Traveloka. Lengkap dengan nominal yang harus dibayarkan dan tanggal jatuh tempo, fitur ini jelas memudahkan pengguna untuk menyelesaikan pembayaran dari seluruh tagihan yang dimiliki, termasuk tagihan kartu kredit.

Kamu juga perlu ketahui bahwa Traveloka PayLater didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tentunya ini legal.

Jadi sebelum berlayar ke Pulau Kenawa yuk cari hotel dulu di Pulau Sumbawa untuk beberapa malam. Langsung download aplikasi Traveloka sekarang juga di Google PlayStore atau AppStore!

Happy Traveling!

Be social share!

31 thoughts on “Eksotisme di Pulau Kenawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

  1. Masih dalam angan angan sih mewujudkan impian ke Kanawa, soalnya budget masih belum cukup dari batam, tapi liat fitur traveloka jadi gatal juga buat cek cek promonya agar bisa sampai kesana….hehehe

  2. Kalau bukit dan laut sudah berpadu, dijamin akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis, Mbak. Termasuk Pulau Kenawa ini. Indah sekali. dari fotonya saja sudah indah, apalagi melihatnya langsung. Jadi ingin segera terbang ke Pulau Kenawa ini, Mbak hehehe.

  3. Salah satu keindahan alam yang harus dieksplore nih. Salah satu kelebihan dari tempat wisata yang belum diketahui orang banyak adalah kita bisa bebas mengeksplore tempat itu, kesunyian dan ketenangan yang ditawarkan juga bisa jadi suguhan yang tidak bisa didapatkan ketika penuh sesak pengunjung

  4. wah ke NTT aja belom kesampean udah dicekokin ke NTB, huehuehue. bikin panas mau ajak suamik liburan wkwkwk. duh aku tuh anak pantai banget kalo traveling gak betah kalo liat tempat bagus kek gini, bawaannya pengen langsung kabur kesana juga, heu. Alamat mimpiin pulau kenawa nih nanti malem wkwkwk.

  5. Pulau Kenawa di Sumbawa ya. Keren…Waktu itu sempat mampir ke pulau Kanawa, mirip ya…tapi di Flores. Lautnya juga beniiiing. Duh…mau ah ke Sumbawa.

  6. Indah bener tempatnya, wishlist banget ini mah. aku lama memimpikan jalan di padang rumput khas NTB itu sama ke pantainnya. sekarang apa-apa dipermudah termasuk dari Traveloka ini, udah bisa nyicil juga ya ternyata, asal bisa ngelunasin aja nih :’3

  7. Masyaallah… mupeng banget lihat pulaunya. Pemandangannya indah sekali membuat yang memandang pasti bersyukur bisa menikmati ciptaan Allah Maha Besar. Btw, traveloka memang selalu tahu isi hati traveller ya, hehe

  8. wish list berikutnya after Labuan Bajo adalah Sumba..Masya Allah pulau Kenawa cantik bangettttttt ya mba. Merencanakan hingga melakukan perjalanan ke Sumba bisa lancar dengan pembayaran secara Paylater di Traveloka. Duhhhh makin mupeng kan ini buat segeraaaa kesana!

  9. Ya ampuuuun, aku mimpi banget nih bisa ke Sumbawa. Di sana masih alami banget ya. Cakeeep banget Ya Allah pemandangannya. Bersih dan seger liatnya.
    Mudah2n tahun ini bisa ke sana, aamiin.

  10. Cantiknya pemandangan di Pulau Kenawa ini ya, dan banyak sekali sudut-sudut instragramable yang perlu dieksplorasi itu untuk mendapatkan foto-foto berkualitas bagus. Aku kalau bisa ke sana, bakalan betah tuh tinggal di sana untuk waktu yang lama, apalagi dekat laut.

  11. Duh, saya dari kecil kalau dari Lombok naik kapal menuju ke rumah Kakek di Bima, pasti lewat nih di ulau Kenawa sebelum kapal bersandar di pelabuhan Pototano. Tapi ya sepengalaman saya, cuma dadah ddah saja sama pulau ini. Om saya yang pecinta mountain bike yang sudah jelajah ke sana. Baca cerita dan lirik lirik foto di sini, saya jadi makin ingin merengek ke Om saya untuk dibawa menjelajah juga ke sana.

  12. aku juga ngandelin traveloka untuk keperluan beli tiket maupun booking penginapan
    pulau kenawa NTB ini memang bener bener eksotis, apalagi kalau berwarna kecoklatan, terliat gimana gitu, apik aja

  13. Setuju, kak. Pulau Kenawa emang eksotis ya. Kayaknya masih “perawan,” juga. Sejauh mata memandang hanyalah keindahan alam yang terpampang. Ah, sumba. Diriku rindu padamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *