Yuk Simak 5 Kerugian Jika Menggunakan Software Payroll Gaji yang Buruk

Software payroll gaji banyak dibutuhkan pebisnis. Hal itu karena membuat proses penggajian lebih cepat dan akurat. Software payroll sendiri merupakan aplikasi atau program komputer yang digunakan membantu pebisnis dalam mengelola maupun mengorganisir pelaksanaan manajemen SDM khususnya penggajian karyawan. Adanya software payroll ini perusahaan akan mudah menghitung gaji yang harus dibayar kepada karyawan mereka. Untuk menghitung gaji yang diperoleh ini harus menggunakan unsur atau komponen berupa absensi, jabatan atau divisi, lembur dan lain sebagainya yang sudah di integrasikan ke sistem. Sistem itulah yang nantinya akan menghitung pajak, potongan, pajak dan lain-lain sebelum dikirimkan ke rekening karyawan. 

Saat ini software payroll dilengkapi berbagai macam fitur lengkap sehingga akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Tidak mengherankan jika saat ini banyak perusahaan menengah sampai dengan skala besar yang menggunakan software payroll gaji ini.

Berikut 5 Kerugian Menggunakan Software Payroll Gaji yang Buruk:

Banyak vendor yang menawarkan software penggajian satu ini. Meski begitu kamu sebagai pebisnis harus bersikap selektif alasannya tidak semua sistem atau software tersebut sesuai dengan perusahaan kamu. Berikut ini adalah beberapa kerugian yang bisa kamu dapatkan jika memilih software payroll gaji yang salah dan buruk:

1. Penggajian yang Terlambat

Kerugian pertama adalah penggajian yang terlambat.  Tidak semua karyawan senang terlambat menerima gaji karena gaji adalah motivasi mereka dalam bekerja. Jika perusahaan sering menggaji karyawan terlambat akan berdampak pada produktivitas mereka. Karyawan akan tidak semangat bekerja karena hak mereka tidak terpenuhi dengan baik. Menggunakan software payroll yang tepat kamu akan bisa melakukan proses penghitungan gaji karyawan dengan cepat dan akurat termasuk pajak, BPJS dan potongan-potongan yang lainnya.

2. Gaji yang Tidak Transparan

Menggunakan software payroll gaji yang buruk akan membuat karyawan kamu mendapatkan rincian atau data gaji yang tidak transparan. Karyawan akan merasa kurang puas atau terselip pemikiran buruk jika gajinya di manipulatif. Oleh sebab itulah software payroll yang kamu pilih ini harus mampu mendukung transparansi data agar karyawan tahu berapa besar gaji yang diperolehnya, setelah itu penghitungan gaji tersebut seperti apa dan lain sebagainya.

3. Adanya Selisih

Sistem payroll yang buruk ini akan menimbulkan human error dimana HRD ini akan menghitung dan menghasilkan selisih dalam menghitung. Jika selisihnya positif bagi perusahaan karyawan yang akan dirugikan dan sebaliknya. Selisih ini bisa dihasilkan oleh software yang buruk dan tidak pernah  melakukan update sistem di dalamnya.

4. Kinerja Karyawan Menjadi Menurun

Karyawan adalah roda perusahaan sehingga maju atau tidaknya perusahaan tergantung dengan roda yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sistem penggajian yang buruk menyebabkan kinerja karyawan juga memburuk. Gaji adalah penghargaan untuk karyawan sehingga jika dia sudah berhasil menyelesaikan kewajibannya dia pantas mendapatkan hak dan penghargaannya. Jika tidak peka dengan hal ini akan menyebabkan karyawan menjadi bermalas-malasan dan performa perusahaan menjadi tidak meningkat.  

5. Laporan Keuangan yang Tidak Akurat

Sistem dan software penggajian yang buruk ini akan menyebabkan laporan keuangan tidak akurat. Hal ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari dan berdampak pada pengambilan keputusan perusahaan.

Agar kerugian-kerugian tersebut tidak terjadi di perusahaan, kamu bisa menggunakan software payroll gaji Talenta. Talenta adalah penyedia software payroll terbaik dengan fitur yang canggih dan bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

Kamu juga bisa mengintegrasikannya dengan absensi online dan software lainnya yang terinstal di perusahaan sehingga proses penggajian akan lebih praktis terutama saat WFH seperti saat ini. Software payroll gaji berbasis cloud dan mampu menyimpan data kamu dengan aman, so jangan ragu hubungi Talenta sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

1 thought on “Yuk Simak 5 Kerugian Jika Menggunakan Software Payroll Gaji yang Buruk

  1. bener banget mb siti, gaji adalah semacam reward bagi pekerjanya dan semangat untuk bekerja.
    memang kadang ada beberapa sistem payroll yang sering eror, jadinya gaji masuk telat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *