Ce Hun Tiau Kuliner Khas Kota Pontianak

Katanya di Kota Pontianak cuacanya panas ya? Iya, emang benar, yaa memang wajar sih disini panas karena kota kecil di Provinsi Kalimantan Barat ini tepat dilalui dengan garis khatulistiwa, ibaratnya matahari melintas tepat di atas kepala secara garis lurus.

Tapi bukan berarti Kota Pontianak tidak layak untuk dikunjungi, namun itu adalah berkah sendiri bagi masyarakat Kota Pontianak. Dengan kekayaan kulinernya yang khas, hanya satu-satunya di sini. Satu diantaranya Ce Hun Tiau, kuliner populer masyarakat Tionghoa di Kota Pontianak menyajikan kolak yang nyegerin membuat kita cepat kenyang.

Nyegerin banget kan?

Kuliner segar ini disajikan dengan tujuh komposisi bahan utama di dalamnya, yaitu ketan hitam, kacang merah, cincau, bongko (ati pari), santan, gula merah cair dan ce hun tiau itu sendiri sejenis cendol atau candil, berwarna putih yang terbuat dari tepung sagu dengan bentuk yang panjang mirip mie. Gimana sudah bisa bayangin?

Ce Hun Tiau Kuliner Khas Kota Pontianak

Menurut sejarahnya, dari bahasa Tio Ciu, Ce itu dari kata chiu ce yang artinya adalah ubi, sedangkan hun adalah tepung dan tiaw atau tiau artinya balok memanjang seperti mi. Penjual dari kuliner ini, kebanyakan adalah masyarakat Tionghoa, walau pun begitu semua kalangan apapun dapat menikmati keseharan kuliner ini karena terbuat dari bahan-bahan halal.

Agar tambah nikmat dan nyegerin, Ce Hun Tiau disajikan dengan es batu atau didinginkan di dalam lemari es, agar komposisi dari Ce Hun Tiau tetap enak dan menyegarkan. Untuk harga, cukup ramah di kantong dengan harga sekitar Rp 8.000,-/porsi , kamu sudah bisa menikmati kesegaran dari minuman tradisional khas Kota Pontianak ini.

FYI: Ce Hun Tiau ini pernah masuk ke dalam salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) II Tahun 2017, dalam kategori Minuman Tradisional Terpopuler.

Jangan makan sendirin ya

Karena cukup banyak penikmat kuliner Ce Hun Tiau satu ini, para penjual membuat banyak titik di sepanjang jalan WR Seopartman Kota Pontianak. Biasanya bergerobak di tepi jalan, buka mulai jam 2 siang hingga sore, tapi datangnya jangan kesorean ntar keburu habis duluan.

Berikut lokasi tempat jual Ce Hun Tiau di Kota Pontianak:

Tabik, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

2 thoughts on “Ce Hun Tiau Kuliner Khas Kota Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *