Seru-Seruan Bersama GenPI Kalimantan Barat

GENPI!!! Gasss gass gass, ah saya jadi teringat dengan keseruan pada kegiatan Pembinaan dan Penguatan GenPI Kalbar pada tanggal 5-6 Septemper 2020 lalu. Bagaimana tidak, saya sebagai anggota GenPI Kota Pontianak dapat bertemu langsung dengan teman-teman se-generasi dan pencinta pariwisata dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Sebelum saya lanjutkan artikel ini, pastikan kamu sudah tahu Apa Itu GenPI? Jadi untuk kamu yang belum mengetahui apa itu GenPI, GenPI adalah singkatan dari Generasi Pesona Indonesia yang merupakan sebuah komunitas dimana terdiri dari anak muda yang memiliki ketertarikan pada bidang pariwisata dalam hal fotografi, videografi, menulis dan lain sebagainya. Komunitas ini bersifat volunteer atau relawan dan dibawah naungan atau dibimbing langsung oleh dinas pariwisata masing-masing kabupaten/kota. GenPI sendiri sudah ada di 34 provinsi di Indonesia, satu diantaranya adalah GenPI Kalbar. Sedangkan di Kalimantan Barat sendiri ada 14 kabupaten/kota, berarti ada 14 komunitas GenPI juga.

GenPI Kota Pontianak

Saya sendiri adalah anggota dari GenPI Kota Pontianak, yang dibentuk dan dilantik pada tanggal 23 September 2018 (sudah dua tahun ya). Berbagai kegiatan sudah cukup banyak dilakukan mulai dari promosi wisata kota, liputan berbagai event yang diselenggarakan kota, pelatihan, dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, komunitas kecil ini juga perlu diberi semangat baru baik dari segi kepengurusan, ide-ide kreatif, persahabatan dan memperkuat semangat memajukan pariwisata Indonesia yang sempat turun akibat pandemi, maka dari itu kami berkumpul untuk mengikuti Pembinaan & Penguatan GenPI Kalbar disini bukan sekedar bertemu dengan isian materi monoton saja, tapi juga dibarengi dengan kegiatan-kegiatan yang berjiwa muda.

Penasaran seperti apa keseruan GenPI Kota Pontianak bersama 13 GenPI Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat kemarin? Lanjut lagi yuk baca artikelnya!

Pembinaan & Penguatan GenPI Kalimantan Barat

Pembinaan & Penguatan GenPI Kalbar ini diselenggarakan di Hotel Grand Mahkota di Kota Pontianak, semua peserta dari berbagai kabupaten/kota datang dengan 2 perwakilan masing-masing kabupaten/kota, nah kalau di GenPI Kota Pontianak sendiri dihadiri oleh Ketua Umum dan Kabid Konten Kreatif.

Ketua Umum dan Kabid Konten Kreatif GenPI Kota Pontianak

Semua peserta yang hadir disini diberi surat tugas secara langsung oleh masing-masing dinas pariwisata kota asalnya, disertai dengan surat kesehatan atau hasil rapid test. Karena kegiatan kali ini menerapkan protokol kesehatan, sehingga setiap kegiatan diawasi oleh dinas kesehatan provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini, dibuka oleh Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Ibu Windy Prihastari tentunya ibu Windy berharap melihat perkembangan media digital yang sangat pesat seperti saat ini, promosi daerah dapat dimaksimalkan melalui sosial media dan platform informasi lainnya sehingga daya tarik wisata dapat lebih banyak dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan materi yang disampaikan oleh pakar-pakar pariwisata dibidangnya masing-masing seperti Knowledge Managemen oleh Anas Nasrullah dan Strategi Komunikasi & Motivasi GenPI 2020 oleh Dewi Safitri. Tidak hanya materinya saja, tapi semua peserta diajak untuk langsung mempraktekannya.

Eh, Ada Anak Blogger Pontianak

Di seluruh rangkaian kegiatan, semua peserta tentunya membaur dan saling berbagi ide, informasi wisata, kesamaan hobi, tentunya semakin membuat kami semakin akrab dan bersemangat. Kalau dipikir-pikir Kalimantan Barat itu cukup luas, nah kalau sudah punya teman-teman di 14 kabupaten ini tentunya akan lebih memudahkan untuk mendapatkan informasi yah bersyukur diajak ke tempat-tempat terbaik mereka.

Oh ya, serunya lagi teman-teman yang datang dari berbagai daerah membawa oleh-oleh atau makanan khas mereka untuk dinikmati bersama loh. Menghadiri kegiatan ini berasa melakukan perjalanan di 14 kabupaten/kota di satu lokasi, harapannya sudah icip-icip, dan berharap suatu saat dapat mengujungi tempat asalnya. Amiin.

Makanan/Oleh-oleh Khas berbagai daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat

Hal yang tak kalah serunya adalah, saat masing-masing GenPI Kabupaten/Kota memparkan tempat wisata andalan mereka depan persentasi berupa foto dan video. Sungguh, banyak keindahan alam di Kalimantan Barat yang belum saya ketahui, potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Yah, intinya tidak perlu jauh-jauh sampai keluar negeri karena di daerah sendiri juga tidak kalah menariknya.

Foto bersama seluruh peserta pembinaan penguatan GenPI Kalimantan Barat

Yah, itulah sedikit cerita singkat saya saat seru-seruan bersama anggota GenPI Kalbar bersama anggota GenPI Kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat. Sempai jumpa di kesempatan selanjutnya dan tetap menjaga kesehatan yaa.

Semoga bermanfaat ^^
Salam GENPI!! Gass gass gass…

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *