Mengelola Kehadiran Karyawan secara Efektif Selama Krisis COVID-19

COVID-19 telah membawa kesulitan dan pergolakan yang tak terhitung pada setiap orang. Mengelola karyawan dan kehadirannya selama pandemi, membuat HR dan para manajer menemukan cara baru untuk menjaga kehadiran karyawan dan memantau aktivitas mereka di hari bekerja.

Terlebih, segala aktivitas terkait pekerjaan sekarang berputar di ekitar pandemi. Untuk itu,penting untuk tetap mendapat informasi yang baik dan menjaga komunikasi terbuka dengan karyawan. Termasuk sistem manajemen waktu karyawan.

Berikut akan dijelaskan beberapa kebijakan penting dan cara mengelola kehadiran karyawan di tengan pertarungan dengan COVID-19 dengan attendance management software Talenta.

Membuat Kebijakan Tempat Kerja yang Jelas

Penting untuk melihat kebijakan kantor yang sudah ada, meningkatkan dan menambah fleksibilitas, memberitahu para manajer dan melatih mereka untuk mengelola kebijakan selama pandemi sesuai kebutuhan.

Menerapkan kebijakan yang tepat secara efektif akan sangat mengurangi tugas perusahaan untuk mengelola penilian kehadiran karyawan. Manajemen perlu memantau peran dan tanggung jawab karyawan untuk dapat mengelola ketidakhadiran mereka.

Pada saat yang sama, bersikap empati namun tetap tegas di saat sulit ini juga diperlukan. Menggunakan aplikasi baru seperti aplikasi absensi online, memebrikan keuntungan bagi setiap perusahaan.

Aplikasi seperti Talenta menyediakan metode sederhana dan efisien untuk melacak kehadiran setiap karyawan yang juga mudah digunakan.

Program Absensi Karyawan yang Komprehensif

Memotivasi karyawan untuk selalu bekerja walau sedang wfh adalah tugas yang menantang dalam skenario pandemi ini. Untuk itu, memperkenalkan cara kerja baru akan membantu mengurangi ketidakhadiran dalam jam kerja. 

Membangun komunikasi yang kuat, memastikan karyawan mengetahui proyek baru yang sedang ditangani oleh kolega mereka dan memiliki semua data relevan terkait pekerjaan yang dapat mereka kerjakan saat mengetahui rekan tim sedang  ambil cuti ata izin tentu membantu transparansi dan support kepada karyawan.

Perusahaan juga dapat menerapkan program komprehensif yang akan mendoroang loyalitas seperti intensif kehadiran penuh, kinerja terkait pekerjaan, dan lain-lain. Konsistensi dalam menjalankan kebijakan absensi karyawan sama pentingnya dengan menulis kebijakan dengan baik.

Sistem Pengelola Absensi

Memastikan bahwa Anda memiliki aplikasi untuk mempertahankan kehadiran karyawan meski mereka bekerja dari jarak jauh, akan membantu perusahaan Anda meningkatkan produktivitas di tengah pandemi. 

Terlebih dengan sistem mesin fingerprint yang dihilangkan dari tempat kerja, menjadi penting untuk mencari solusi yang lebih dapat diandalkan dan aman untuk keselamatan semua pihak. 

Kemudian, mengingat masa depan pekerjaan dan kinerja bisnis perusahaan secara keseluruhan, melacak absensi karyawan secara online juga dapat menyelesaikan masalah curi-curi waktu dan kehadiran perusahaan dalam waktu yang singkat. 

Talenta adalah attendance management software berbasis cloud yang membantu perusahaan mengidentifikasi karyawan yang mengambil lebih banyak cuti daripada untuk bekerja. Mengidentifikasi waktu lembur karyawan, jam kerja keseharian karyawan, hingga rekapan absensi ini juga membantu pemprosesan penggajian yang akurat.

Pendekatan Work From Home

Dengan diberlakukannya PSBB di beberapa kota di Indonesia, perusahaan mulai menjalankan aturan kerja fleksibel dengan bekerja dari rumah. Kerja jarak jauh, meskipun sebelumnya tidak normal pada sebagian besar karyawan, menjadi norma baru bagi semua orang. 

Perusahaan dapat mengizinkan karaywan mereka untuk memilih antara bekerja dari rumah atau kantor selama berbulan-bulan. Namun, tetap membuat strategi yang baik untuk membuat karyawan tetap termotivasi dan fokus pada pekerjaan. Tak luput juga dari pencegahan banyaknya ketidakhadiran karyawan.

Pergantian Shift

Jarak sosial adalah kebutuhan daat ini untuk mengurangi penyebaran seperti yang diasarankan oleh WHO. Perusahaan atas persetujuan bersama mulai berfungsi 50 persen, sehingga karyawan dapat datang ke kantor secara bergantian untuk menghindari keramaian di sektor perkantoran.

Shift bergilir dapat memastikan penyebaran virus berkurang, juga mengurangi stress karyawan akibat pandemi, dan menjembatani kesenkangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sekaligus meningkatkan produktivitas perusahaan.

Untuk mempermudah, perusahaan dapat menggunakan Talenta untuk mengelola shift secara otomatis. Dari mulai penyusunan, pembagian, hingga hasil laporan jam kerja setiap karyawan. 

Secara keseluruhan, megelola kehadiran karyawan selama COVID-19 membuka jalan baru bagi setiap orang. Tak terkecuali penggunaan attendance software management Talenta. Buat kebijakan manajeman waktu, mengatur program absensi, mengelola absensi, pembagian kerja wfo dan wfh, hingga pergantian shift dapat dilakukan dalam aplikasi Talenta

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *