UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak

Mengikuti kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja Kota Pontianak yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pontianak 14-16 Oktober 2021 menjadi kegiatan yang sungguh membuka mata saya akan potensi kuliner dan belanja yang ada di Kota Khatulistiwa ini.

Mengingat beberapa teman yang datang ke Kota Pontianak baik itu hanya mampir atau menginap beberapa hari, yang mereka cari adalah kulinernya, tak jarang mereka membelinya juga untuk dijadikan oleh-oleh terutama kuliner maupun benda ketika pergi/pulang ke daerah asalnya.

Saya bersama peserta lain yang berkecimpung dalam dunia wisata turut hadir untuk menambah ilmu, seperti komunitas travel agen/transportasi, kapal wisata, GENPI (Generasi Pesona Indonesia), pemilik usaha UMKM, bersama ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies), PHRI (Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia), dan HPI (Himpunan Pemandu Indonesia) sebagai pengisi acaranya.

Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja Kota Pontianak

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Orchard Ayani selama tiga hari ini diisi dengan berbagai acara dengan pemateri yang berpengalaman selama dua hari, kemudian di hari ketiga alias terakhir kami melakukan trip menggunakan BIS DAMRI langsung turun ke lapangan praktik.

Lokasi pertama yang kami kunjungi adalah Rumah Produksi Kue Bingke untuk wisata kuliner, kemudian dilanjutkan ke lokasi wisata belanja di UMKM Center Kota Pontianak.

Gedung UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak

Yes, Kota Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalimantan barat punya satu tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin mencari oleh-oleh selain PSP. Namanya UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak, yang terletak di Jalan Sultan Abdurrahman No.140 Kota Pontianak, gedung ini memang baru dibangun awal 2019 lalu dan diresmikan ditahun yang sama juga.

Penasaran ada apa saja yang ada di dalam bangunan unik menyerupai tanaman aloevera ini? Berikut beberapa produk UMKM yang ada di UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak ini:

Hiasan dan Manisan Aloevera (Lidah Buaya)
Produk Kerajinan dan Fashion
Kain Tenun Corak Insang
Snack dan Kopi

Nah, untuk kamu warga Kota Pontianak jika ingin produknya mau ditampilkan untuk dijual, bisa datang langsung kok ke lokasi. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku ya, minimal sudah punya surat izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Selain sebagai tempat untuk menampilkan produk UMKM, Dekranasda Kota Pontianak sering sekali mengadakan berbagai kegiatan baik itu pelatihan atau workshop yang berhubungan dunia kreatif. Bangunan nan megah dengan standar terbaik semoga saja tempat ini bisa menjadi pusat wisata belanja layaknya mall besar di Kota Pontianak.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *