Masjid Terapung di Kabupaten Kayong Utara

Kayong Utara, jadi ini artikel pertama saya tentang Kabupaten Kayong Utara, yeay berarti menambah satu tag lagi daerah yang ada di Kalimantan Barat untuk blog ini. Sekedar informasi, Kayong Utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, memiliki letak ibu kota di Kecamatan Sukadana. Walaupun satu pulau dengan Kota Pontianak, untuk menjangkau kabupaten ini sebagian besar orang menggunakan transportasi udara ataupun laut, sangat jarang sekali menggunakan kendaraan roda dua atau empat karena jarak dan jalan yang masih proses pembangunan, tapi memungkinkan menggunakan jalur darat jika ingin merasakan perjalanan yang benar-benar adventure.

Untuk waktu tempuh perjalanan dari Kota Pontianak ke Kayong Utara ini, jika menggunakan jalur udara kamu harus tiba di Kabupaten Ketapang terlebih dahulu hanya 30 menit kemudian dilanjutkan perjalanan darat selama 3 jam sampai Sukadana Kayong Utara, jika menggunakan kapal sekitar 8 jam perjalanan, sedangkan jika moda darat bisa mencapai 12 jam perjalanan. Yaa, tinggal pilih saja sesuai kemampuan kamu, hehe.

Kayong Utara punya cukup banyak tempat wisata menarik, satu diantaranya adalah wisata religi Masjid Terapung bernama Masjid Agung Oesman Al Khair yang dibangun oleh Bapak Oesman Sapta Odang tahun 2012 yang kemudian diresmikan pada tahun 2016 oleh Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo.

Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana Kayong Utara

Masjid yang berdiri gagah di atas permukaan laut berlokasi di Jalan Kota Karang, Kelurahan Sutra, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Letaknya pun tak jauh dari beberapa pegunungan yang ada di sekitarnya, kalau diperhatikan sekilas bangunan masjid yang berwarna dominan putih ini mirip dengan bangunan Taj Mahal, warnanya serba putih atau Masjid Al-Rahma terletak di Corniche, Jeddah di lokasi pingiran Laut Merah. Tapi Masjid Oesman di atas permukaan laut Teluk Sukadana. Masjid Oesman Al-Khair saat ini juga telah menjadi salah satu ikon utama Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana Kayong Utara
Megah di Atas Permukaan Air Laut Pantai Sukadana

Biasanya, masyarakat banyak berdatangan melihat keindahan masjid sambil menunggu tenggelamnya matahari (sunset) tapi tidak salah jika datang ketika pagi hari karena pengunjung sepi, jadi bisa puas ber swa foto.

Masjid Agung Oesman Al Khair yang berdiri megah dengan luas 50×50 meter ini dapat menampung jamaah kurang lebih sekitar 3.000 orang. Bangunan ini juga sebagai bukti bahwa di negeri kita ini punya banyak potensi wisata yang harus digali lebih dalam lagi. Beribadah di tempat ini bisa menjadi sebuah kewajiban bagi kamu yang sedang menjelajah wilayah Kalimantan Barat. Jadi, kapan kamu mampir ke Masjid Agung Oesman Al Khair di Kayong Utara?

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *