Pesona Bukit Batu Tuka Kabupaten Sanggau

Kemarin saya baru saja mampir ke suatu tempat yang terletak di bagian utara Provinsi Kalimantan Barat dekat dengan perbatasan negara. Ini adalah perjalanan ke tiga kalinya ke daerah Bonti dan tiga kali juga merasa bahagia dan terkagumkan dengan keindahan bukitnya. Cukup dengan mengendarai transportasi seadanya bersama orang-orang yang spesial (eak, nasgor kali spesial), perjalanan pun menjadi sangat berkesan. Meskipun akses jalan yang amat sangat sulit, tapi kalau bersama orang-orang yang menyenangkan jalur apa pun selalu sempurna. Sempurna~

SAHABAT, yang membuat sempurna sebuah perjalanan

Namanya Bukit Batu Tuka terletak tepat di Dusun Petuo Desa Tunggul Boyok Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jadi, perjalanan kali ini sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya, kebetulan ada teman yang tinggal di Bonti dan mau menjadi guide di perjalanan ini. Btwe, disini saya baru tahu kalau julukan Kecamatan Bonti adalah “Negeri Pucuk Rebung”.

Oke, kembali ke perjalanan, nah untuk perjalanan ke Kabupaten Sanggau sendiri dari Kota Pontianak ditempuh kurang lebih 5 jam, kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Bonti sekitar satu jam menuju lokasi meeting point rumah Achmad Rizky (Bang Abo) teman baru saya di Bonti, juga ada beberapa teman lainnya seperti Dwi Haryati dari Parindu (Bodok), Ardian Panji Dwi Kuncoro dari Balai dan Ghopur (Bang Opunk) dari Desa Sami. Sedangkan saya dan Yandy dari Kota Pontianak.

Dokumentasi Perjalanan Menuju Desa Tunggul Boyok

Sebelum menuju Bukit Batu Tuka yang ada di Desa Tunggul Boyok kita ke Desa Sami (Rumah Bang Opunk sebagai basecamp) terlebih dahulu untuk mempersiapkan peralatan, menyimpan barang yang tidak diperlukan dan mengisi tenaga. Setelah semuanya sudah siap, perjalanan kembali dilanjutkan ke Dusun Petuo Desa Tunggul Boyok untuk laporan dengan Kepala Dusun disana kami juga harus registrasi dan membayar tiket masuk Rp.15.000,-/orang.

Setelah regristrasi selesai, perjalanan pun dilanjutkan ke kaki bukit dengan melewati jalan hutan yang hanya bisa dilalui kendaraan motor, disini saya sempat sedih, karena cuaca mulai tidak mendukung dan akhirnya hujan, apalagi harus melewati beberapa pinggir perbukitan yang cukup curam, berliku dan sungai kecil. Ayo, Bu, harus optimis, kita harus explore bukit di Kecamatan Bonti tersebut, biar banyak didatangi turis mancanegara seperti saya *halah.

Oya, saran saja sih, sebaiknya naik motor yang bergigi, karena jalannya naik turun naik turun, kayak nilai IPK. Udah, jangan sok-sokan bawa mobil, boleh sih bawa mobil tapi diparkir di rumah penduduk dan untuk naik ke kaki bukit kalian sewa ojek. Plis di sana tidak ada gojek atau grab, gak usah macem-macem.

Ketika sampai di kaki bukit, hujan ternyata tidak kunjung reda, akhirnya kami terpaksa menginap dulu di pondok milik warga yang punya kebun disana, kami pun memutuskan untuk istirahat disini dan melanjutkan perjalanan ke puncak keesokan harinya. Berharap cuaca membaik dan dapat naik ke puncak.

Syukur Alhamdulillah, ketika bagun pagi cuaca pun cerah. Ada untungnya juga sih sebenarnya tadi malam hujan, jadi kami cukup membawa badan aja naik ke puncak segala perlengkapan tenda dan logistik kami tinggalkan di pondok. Wah ternyata kami sampai di puncak Bukit Batu Tuka tidak sampai 30 menit.

Memantau Bukit Disekitar

Violla, bukit dengan hamparan rumput ilalang nan hijau terhampar luas bak karpet hijau menyelimuti sebagian daratan bumi. Rasa capek terbayarkan dengan melihat pemandangan yang mengagumkan di ketinggian 351 mdpl, subhanallah pokoknya! Oya, di bukit ini kalian tidak boleh buang sampah sembarangan yaa, sayangkan tempatnya udah bagus dan bersih tapi dikotori, mending kita jaga biar kayak gini terus. Udah foto prewed aja, lah. Kalau mau camping boleh, kok, asal bawa tenda ya jangan lupa bawa sikat gigi. Astaga ini kenapa nulis ngawur gini sih, yaiyalah namanya juga blogger hot!

Rasanya aah Mantap!

Kalian tidak perlu khawatir dengan hawa di atas bukit tersebut, walau pun tak terlihat banyak pohon tapi tetap adem semriwing semriwing. Enak banget lah pokoknya, betah berlama-lama apalagi view-nya kayak di Sumba yah seperti itulah gambarannya.

Gimana nih, setelah melihat pengalaman saya yang super duper extra menarik ini, kamu nggak mau nih ke Bukit Batu Tuka? Kalau kamu butuh guide saya bisa kok nemenin. Hehehe, nggak ding kamu bisa hubungi Bang Opunk di WA +62 85246418456 jika ingin diantar kesana. O ya, ingat tetap menerapkan protokol kesehatan ya!

Ayo traveling #DiIndonesiaAja gaes, karena di Indonesia punya banyak tempat-tempat menarik yang gak kalah bagusnya dengan luar negeri. Percuma kan, cantik, kalau jarang piknik. Babaihh.

Tabik manis, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

23 thoughts on “Pesona Bukit Batu Tuka Kabupaten Sanggau

  1. Oh, di Kalbar. Aku kira karena namamya “Batu,'” lokasi nya di Malang… Hehehe

    Tapi pemandangannya keren banget ya, kak. Pantai nya itu loh, indah 😍

  2. Asliii… indah bangettt!! Cocok banget buat berwisata di masa pandemi begini. Wisata outdoor. Dannn.. bener banget, Indonesia punya banyak banget tempat-tempat wisata yang keren dan murmer serta alami yang siap setiap saat untuk dieksplor.

  3. Hijauuuuuuuu.

    Itu celotehan pertama yang bakalan aku ucapkan sambil bisik bisik kalo bisa sampai kesana. *lah udah ngayal aja si Acha mah ya

    Semoga makin banyak yang berkunjung ke sana, biar nggak Sumba melulu *kan bagi bagi rejeki buat daerah lain

    Dan senang banget di tulisan kali ini ada himbauan untuk nggak buang sampah sembarangan.

  4. Kalau ke sana pun juga harus yang jago bawa motornya ya kak, biar yang diboncengin nggak deg degan haha, tapi asik halan-halannya bareng kawan-kawan

  5. aku mauuu mbakk kalau tempatnya kayak gini
    suka sama view dan kayak diatas awan gitu
    meskipun jalur nya sulit, tapi kalau sepadan masih oke lah dengan perjuangannya 😀

  6. Jadi semakin terbuka mata saya kalau di Indonesia ini masih banyak tempat yang bagus. Rasanya pengen menjelajahinya satu persatu. Lihat foto-fotonya, wah di Sanggau ada tempat yang sebagus ini ya. Tapi memang tantangan di Kalimantan Barat ini adalah kondisi medan yang luar biasa. Mungkin suatu saat bisa dikembangkan lagi ya

  7. Subhanallah, indah banget Kak Buki Batu Tuka! Aku pikir tempat seindah itu hanya ada di Jawa atau Sumba. Ilalangnya segar banget, apalagi ada sapuan kabut yang bikin betah ya. Asyik banget tuh kalau camping bareng keluarga. Ga terlalu tinggi jadi jalan ga jauh ya buat anak-anak. Semoga bisa main ke Pontianak, bisa nyobain kulinernya sekalian. Lumayan banget nih baca post ini jadi kayak berlibur ke sana.

  8. Petualangan yg seru ya, naik turun bukit dengan mengendarai sepeda motor. Harus bener2 ahli dan mengenal medan utk melakukan hal ini. Dan banyak tempat di tanah air kita yg punya pemandangan keren kayak gini

  9. Lihat foto rame-rame begini, jadi ingat jaman muda dulu. Suka jalan bareng dan menjelajah. Sekarang udah jarang wkwkw. Mainnya atau ngebolangnya sama anak, tapi seru juga sih.

  10. Pastinya maulah ke sana, pemandangannya cakep banget. Cuma jauhh ya di Kalimantan Barat. Tahunya selama ini Kalbar itu identik dengan hutan dan sungai. Ternyata oh ternyata, ada bukitnya juga.

  11. Wah asyik nih buat yg suka travelling outdoor gitu. Mata jadi ikutan ijoo klo liat yg seger2 gini. Pingin sih ke alam gini soalnya di kota udah sumpek banget udaranya. Meski pandemi entah kenapa jalanan di kota rame mulu. Pingin menyepi ke alam ijo nih

  12. Pingback: Bukit Batu Tuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *