Terlena Pesona Pulau Karimata Kayong Utara

Surga di Kalimantan Barat, banyak banget!! Satu diantaranya adalah Pulau Karimata di gugusan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Kepulauan Karimata sendiri punya banyak pulau-pulau seperti Pulau Pelapis, Pulau Besi, Pulau Serutu, Pulau Bulu, Pulau Surunggading, Pulau Kera, Pulau Mentangor, Pulau Buwan dan yang paling besar adalah Pulau Karimata.

Kawasan ini menjadi salah satu wisata bahari yang sangat berpotensi dimana terdapat beberapa spot diving yang sangat bagus, terlihat dari warna airnya yang bersih dan jernih. Beberapa spot tersebut adalah Tanjung Serunai dan Desa Padang.

Pulau Karimata Kayong Utara

Pulau Karimata tidak hanya punya spot diving untuk melihat terumbu karang di laut saja, di kawasan ini juga memiliki hutan pantai, hutan mangrove dan perbukitan tinggi dengan tumbuhan yang terdiri dari berbagai jenis tanaman dan tumbuhan yang tumbuh di bukit Pulau Karimata dengan luas luas sekitar 77.000 ha.

Untuk sampai di pulau ini, pengunjung dapat menggunakan transportasi air yang ditempuh melalui beberapa rute yang berbeda dari Kota Pontianak. Pertama dengan kapal motor (klotok) dari pelabuhan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yang ditempuh sekitar 10 jam ke Sukadana (Kayong Utara), kedua dengan penerbahan pesawat dari Bandara Supadio ke Ketapang, nah dari Ketapang kemudian bisa menggunakan kapal motor/klotok sekitar 8 jam tapi kalau ada speed boat (bisa carter) hanya butuh waktu 3 jam sampai di Pulau Karimata.

Homestay di Pulau Karimata

Jika sudah sampai di Pulau Karimata ada beberapa opsi untuk staycation/menginap, pertama kamu dapat menginap di rumah salah satu warga disana, kedua dapat menginap di homestay milik bang eko yang baru saja dibangun dengan harga murah meriah yaitu sekitar 100ribu/malam.

Nah, gengs jadi ke mana destinasi untuk liburanmu selanjutnya? Ayo, #DiIndonesiaAja jangan dikit-dikit liburannya ke luar negeri hehe, Indonesia lebih cantik men, serius!

Baih, semoga bermanfaat

Tabik, manis ^ ^

Share this post:

1 thought on “Terlena Pesona Pulau Karimata Kayong Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *