Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang

Siapa nih yang baru pertama kali ke tempat wisata dimana tempat wisata tersebut sudah ada sejak lama dikenal bahkan sempat menjadi lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Sama nih seperti saya yang baru berkunjung ke argowisata Taman Bukit Bougenville di Jalan Pertanian Desa Sijangkung Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat.

Taman Bukit Bougenville adalah sebuah tempat wisata berupa kebun bunga terutama bunga bougenville yang lokasinya dengan luas 1,5 hektar, lokasi seluas itu tidak hanya bunga bougenville yang cantik saja tapi ada banyak tanaman lain seperti bunga anggrek, buah alpukat hingga penangkaran ikan juga ada di taman ini.

Luas Taman Bukit Bougenville 1,5 hektar

Taman Bukit Bougenville dibuat sealami mungkin untuk menghadirkan nuansa sejuk dan asri. Salah satu kelebihan taman bougenville ini adalah lokasinya yang berada di lembah dan berhadapan dengan Gunung Passi serta dikelilingi alam pedesaan. Tidak lupa, disediakan juga track untuk pejalan kaki sehingga kamu yang gemar explore dapat merasakan suasana hutan yang asri dan menemukan spot-spot menarik untuk ber-swa foto.

Seperti yang terlihat, taman ini dinamakan dengan nama Bukit Bougenville ya dikarenakan ada banyak bunga Bougenville yang tumbuh di lokasi ini. Bougenville atau yang juga disebut dengan bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer dan mudah tumbuh di tanah Kalimantan. Tanaman ini mempunyai batang yang kecil dimana arah tumbuhnya tidak bisa tegak, berduri dan punya banyak varian warna yang cerah, menariknya satu pohon bisa dibuat beberapa warna bunga dengan cara menyambung atau istilah ilmiahnya adenium. Segingga ada sekitar 46 jenis Bougenville tumbuh dan dikembangkan di taman bukit bougenviile ini.

Taman Bukit Bougenville Singkawang

Saat bunga Bougenville sedang mekar, biasanya tanaman ini akan merontokkan sebagian daunnya juga jadi terlihat hanya bunganya saja yang ada di pohon tersebut. Ciri ini bisa digunakan sebagai pertanda, bahwa bunga dari tanaman Bougenville telah mekar. Sementara bila bunganya sedang dalam perkembangan, makan seludang bunganya akan berbentuk kuncup menutupi keseluruhan bagian bunga. Seludang bunga dari Bougenville terlihat tipis sekali. Oleh karena itulah tanaman ini disebut juga dengan bunga kertas. Untuk menunjukkan bentuk seludang bunga yang tipis seperti kertas.

Sementara kata Bougenville diberikan oleh seorang ahli botani bernama Philibert Commercon yang ikut ekspedisi mengelilingi dunia menggunakan kapal yang dipimpin Louis Antoine de Bougainville. Kata bougenville populer digunakan di Indonesia untuk merujuk kepada bunga kertas.

Selain dapat menikmati keindahan bunga Bougenville, kawasan wisata ini pun memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap. Mulai dari sarana umum yakni tempat parkir yang luas, mushola, pondokan-Pondokan untuk tempat bersantai, rest room, kolam renang mini untuk pengunjung yang sengaja datang membawa putra-putri tercinta hingga hutan homogen yang dikenal dengan “Area Super Sejuk”.

Selain dapat menikmati tanaman hias, di Taman Bukit Bougenville ini juga terdapat kebun buah. Tanaman buah yang berada di lokasi ini merupakan jenis buah-buahan yang sering dijual para pedagang di Kota Singkawang. Saat berkeliling ke kebun buah ini, para wisatawan dapat menemui koleksi tanaman buah, seperti durian, rambutan, belimbing dan juga buah alpukat.

Nah, setelah berkeliling Taman Bukit Bougenville ini, bagi para wisatawan yang punya hobi menanam bunga atau sekedar mengkoleksi bunga, bisa membeli langsung bibit bunga yang tersedia di rumah kaca taman ini. Harga bibit bunga tersebut bervariasi tergantung jenis bunga yang ingin dibeli.

Taman Bukit Bougenville ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini cukup relatif dan terjangkau yakni Rp 25.000,-/orang. Nah, kalau kamu ingin berkunjung kesini kamu dapat memilih perjalanan udara dengan tujuan Pontianak atau bandara Supadio. Dari bandara dapat menggunakan kendaraan darat sebagai transportasi menuju kota Singkawang dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Selanjutnya dari kota Singkawang kamu dapat langsung menuju lokasi Taman Bunga Bougenville.

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

1 thought on “Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *