Formagama Balek Kampong, Be The Change Maker and Choose Your Colour

Adakah liburan akhir tahun 2020 atau tahun baru 2021 teman-teman ada yang pulang kampung? atau liburan sebentar? Di era pandemi seperti ini mungkin ada beberapa yang di rumah aja tapi ada juga yang pulang kampung dengan alasan tertentu.

Beberapa ada yang melakukan perjalanan pulang kampung menggunakan transportasi umum, tapi tidak jarang juga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Hal tersebut tentunya harus dipersiapkan dengan matang ya agar perjalanan tetap lancar dan terkendali, apalagi akhir dan awal tahun selalu identik dengan musim hujan.

Sosialisasikan Aman Dalam Berkendara Bersama Formagama Balek Kampong

Nah, kemarin pada hari Rabu tepatnya tanggal 6 Januari 2021 Astra Motor Kalimantan Barat kembali melakukan edukasi caranya aman berkendara pada musim hujan. Dalam sosialiasi Formagama balek kampung dengan tema “Be The Change Maker and Choose Your Colour” kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Kota Pontianak terdapat edukasi safety riding dari Astra Motor Kalimantan Barat.

Sosialisasi yang dilakukan pada program Formagama Balek Kampong merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap generasi muda seperti misalnya anak SMA yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, selain memberikan informasi terkait universitas rekomendasi, Astra Motor Kalimantan Barat juga berperan dalam sosilalisasi dengan melakukan edukasi safety riding kepada murid-murid SMA Negeri 1 Pontianak.

Nah, dari edukasi ini saya bagikan sedikit informasi mengenai berkendara saat musim hujan dengan kendaraan motor:

  1. Pastikan semua lampu/mesin kendaraan berfungsi dengan normal dan aman untuk dikenarai terutama saat hujan dan jarak yang cukup jauh.
  2. Periksa tekanan angin dan alur ban kendaraan kamu
  3. Pastikan sistem kontrol kendaraan kamu berfungsi dengan baik
  4. Kurangi kecerapatan jika kamu berkendara saat hujan
  5. Menjaga jarak kendaraan kamu dengan kendaraan lain saat hujan
  6. Jangan memaksa menerobos genangan air dalam di jalanan
  7. Rencanakan dengan baik rute yang kamu tempuh dalam perjalanan tersebut
  8. Gunakan sepatu, helm dan jas hujan yang nyaman

Tentunya, Edukasi Safety Riding ini disampaikan ialah pentingnya berkendara dengan aman saat musim hujan yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama mahasiswa Universitas Gajah Mada, dan Juga Siswa/I SMA Negeri 1 Pontianak.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Safety Riding Manager Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan Astra Motor Kalimantan Barat akan selalu melakukan edukasi safety riding kepada masyarakat di Kalimantan Barat dari setiap jajaran, menurutnya Astra Motor Kalimantan Barat akan selalu melakukan edukasi safety riding kepada masyarakat di Kalimantan Barat dengan memberikan informasi yang seru dan nyaman untuk dipahami oleh masyarakat.

Pentingnya Safety Riding

Mengetahui berbagai macam rambu lalu lintas bukanlah hal yang sepele, mengingat banyak berita yang menyapaikan kecelakaan dalam perjalanan adalah tidak tertibnya pengendara dalam mengetahui rambu lalu lintas. Wajar saja, kadang mereka tidak tau maksud dan artinya apa.

Dalam hal ini, manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas. Peningkatan kemampuan dan kesadaran dalam menghindari potensi kecelakaan merupakan upaya strategis yang dapat ditempuh untuk mencapai tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Fokus terhadap kemampuan dan kesadaran manusia tentu saja bukan hal yang sederhana sebab rentang upaya untuk mencapai hal tersebutu sangat luas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan sejak dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan, yang merupakan cara untuk membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak dalam rangka membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan.

Kita semua sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.

Daan, jangan lupa pakai masker! Salam satu hati!

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *