Sarapan Pagi di Bubur Pekong Kota Singkawang

Tulisan kuliner di blog saya ini memang random ya, kadang kulinerannya di restoran, kadang di rumah makan, kadang juga dipinggir jalan. Tapi gak masalah kan ya, asalkan kuliner yang saya ulas di blog ini merupakan kuliner yang pernah saya coba dan memang enak bagi saya. Kali ini masih tentang Kota Singkawang, kota amoy yang punya banyak tempat wisata alam dan kuliner ini menyimpan banyak hidden gem jika mau diexplore, termasuk kulinernya. Banyak yang bilang Kota Singkawang memang punya vibes ala Tiongkok yang memang menyenangkan, berbeda dengan china town di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Singkawang Vibes

Mulai dari bagunan, budaya, tradisi bahkan kulinernya yang memang menggoda sekali untuk diicip-icip. Bicara soal kuliner di Singkawang ini ada banyak banget, mulai dari Kwetiau Goreng, Bakso Sapi 91, Chai Kue/Choi Pan, Rujak Singkawang dan lain sebagainya. Nah kali ini saya rekomendasikan kuliner Kota Singkawang yang cocok untuk sarapan pagi.

Salah satunya adalah Bubur Pekong Singkawang, eiittss jangan salah mengartikan namanya yaa bukan berarti berada di Pekong atau bubur buatan pekong. Dinamakan Bubur Pekong karena letak penjual bubur ini dekat dengan Pekong/Vihara di tengah Kota Singkawang.

Pekong atau dibaca “Pe’ Kong” merupatan kata lain dari Klenteng, tempat ibadah bagi masyarakat Tionghoa.

Disini yang lebih terkenal memang kuliner buburnya karena memang khas, tapi sebenarnya yang dijual disini tidak hanya bubur saja tapi ada juga Nasi Kuning, Sate bahkan Lontong Sayur. Lokasi makannya itu bisa pilih di luar atau di dalam, kalau diluar letaknya berada di lorong antara ruko nah kalau di dalam bisa memilih di dalam warung kopi.

Lokasi Bubur Pekong

Penjualan bubur disini sebenarnya tidak menetap, mereka menumpang bagian teras sebuah warung kopi jadi kalau mau pesan makan dan minum bayarnya ditempat yang berbeda. Mereka disini unik, yang jual bubur adalah orang Melayu sendangkan yang punya warung kopinya adalah orang Tionghoa. Mereka saling dukung dan melengkapi.

Menu makanan yang kami pesan adalah Bubur Daging Sapi Komplit dan Nasi Kuning, kemudian minumannya adalah Es Air Tahu (Soya) dan Es Teh Manis.

Bubur Rp.15.000,-

Kondimen dari Bubur ini terdiri dari bahan dasar bubur, kemudian topping pelengkap seperti potongan daging sapi, ikan teri dan kacang goreng, daun sop, kuah kaldu dan kerupuk emping. Sedangkan nasi kuningnya terdapat nasi kuning yang dilengkapi telur rebus dengan sambal goreng, mie goreng, tumisan kacang, teri dan kacang goreng dan tidak lupa kerupuknya. Tentunya kulineran seperti ini harganya cukup terjangau yaitu 10-15ribuan.

Nasi Kuning Rp.10.000,-
Es Air Tahu (Rp.5.000,-) Es Teh (Rp.4.000,-)

Bubur Pekong Singkawang
Jl. Niaga, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang.
Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 10.

Tabik, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *