Hari Pers Nasional untuk Jurnalis Seluruh Indonesia

Bicara tentang dunia literasi saat ini kita memang tidak dapat dilepas dengan dunia informasi yang terus ada dan dibutuhkan. Informasi apapun semakin kesini semakin sangat mudah untuk diakses baik melalui media cetak maupun media digital seperti smartphone ataupun komputer. Informasi yang kita dapat haruslah informasi yang berasal dari media yang terpercaya berdasarkan data berupa fakta.

Informasi pun harus melalui proses filter mana yang baik serta layak untuk diberitakan, dan itu semua tentunya ada kerja keras dari pada wartawan. Maka dari itu, spesial tanggal 9 Februari 2021 ini saya menulis tentang Pers karena hari ini diperingati Hari Pers Nasional (HPN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Hari Pers Nasional: Program Servis Gratis Pers

Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Pers Nasional. Antara lain Pameran Pers dan Media yang diikuti oleh seluruh komponen pers nasional, media, serta pendukung lainnya. Selain itu diselenggarakan Konvensi Nasional Media Massa, penyerahan Anugerah Jurnalistik dan Pers, Bakti Sosial hingga hiburan rakyat. Hari Pers Nasional juga menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

Nah, tidak ketinggalan kali ini Astra Motor selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk 12 wilayah di Indonesia kembali memperingati Hari Pers Nasional (HPN) bersama jurnalis di seluruh wilayah pemasarannya.

Menjadi kegiatan tahunan, setidaknya akan ada 800 sepeda motor jurnalis yang akan mendapatkan layanan service dan ganti oli gratis dari Astra Motor dengan program bertajuk “Astra Motor Sahabat Pers”.

Kepala Wilayah, Lukas Ferinata mengatakan bahwa insan pers, baik itu jurnalis maupun karyawan media massa lainnya yang bekerja di balik layar, memiliki peranan yang besar dalam penyebaran informasi positif untuk membangun Indonesia. Terlebih lagi dimasa pandemic ini, Insan Pers sangat berperan membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 melalui informasi teraktual baik secara regional, nasional maupun manca negara.

Lukas juga menambahkan bahwa sebagian besar Jurnalis menggunakan sepeda motor untuk mobilitas saat liputan. Untuk itu, kami ingin motor yang dikendarai bisa selalu aman dan prima, sehingga mendukung aktifitas insan pers saat mengejar berita.

Peringatan HPN 2021 kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana tahun ini Astra Motor tidak melakukan service kunjung ke media setempat. Tetapi Astra Motor membagikan voucher service dan ganti oli gratis bagi insan pers yang dapat ditukarkan di jaringan AHASS Astra Motor yang telah ditentukan. Khusus Wilayah Pontianak, Insan Pers dapat mendapatkan layanan ini di Astra Motor Pattimura, Pontianak dari tanggal 9 Feb – 15 Feb 2021. Teman-teman Pers juga dapat melakukan Booking Service melalui Aplikasi Motorku X agar tidak perlu menunggu antrian dan dapat langsung mendapatkan pelayanan sesuai dengan jam bookingnya.

Selain memperingati HPN 2021, kegiatan ini juga sebagai komitmen Astra Motor menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di jaringan Astra Motor dan juga untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di Indonesia.

Program service dan ganti oli gratis ini dilakukan serentak di 12 kota di Indonesia, mulai dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur 1 & 2 (Balikpapan & Samarinda), Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Papua.

Nah, itulah program menarik dari Astra Motor untuk para jurnalist atau wartawan yang ada di seluruh Indonesia. Selamat Hari Pers Nasional! Semangat bekerja wartawan Indonesia, salam satu hati ^^

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *