Main Bareng Arafik si Lumba-Lumba di Bali

Masih di Bali, lagi-lagi saya menemukan experience baru dan teman baru nih di Bali. Kali ini saya juga berkesempatan untuk mampir di salah satu tempat menarik dan baru di Bali. Namanya Bali Exotic Marine Park, kebetuan ada teman yang kerja disana, sebenernya kedatangan saya kali ini cuma ingin lihat-lihat dan nemenin teman baruku ini kerja dan dikit-dikit bantuin dia, saya tertarik karena pekerjaan beliau ini adalah seorang pelatih/intruktur Lumba-Lumba di tempat tersebut, waktu kunjungan saya kali ini juga saat sore hari dimana saat Lumba-Lumba ini makan sore.

Mural

Tentang Bali Exotic Marine Park, jadi yang belum tahu tempat baru di Bali ini pertama kali dibuka dan diresmikan pada 19 September 2019 oleh Bapak Ir. Wiratno, M.Sc. (Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem) Indonesia. Bali Exotic Marine Park ini bukan sekedar tempat aktraksi lumba-lumba saja melainkan pusat konservasi, seperti melakukan perawatan, perlindungan dan penyelamatan lumba-lumba yang ada di Bali.

Lompat!

Semua lumba-lumba yang ada disini berasal dari penyelamatan lumba-lumba yang terluka, beberapa diantaranya lumba-lumba sitaan, ada juga pindahan dari tempat pemeragaan yang saat ini sudah tutup akibat pandemi Covid-19. Bali Exotic Marine Park juga dipercaya oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dalam menangani segala tindakan rescue (penyelamatan), rehabilitasi, konservasi dan penelitian hewan cerdas ini. Dimana, walaupun masih pandemi hewan-hewan disini tetap dirawat sebagaimana mestinya, misalnya diberi makan ikan-ikan segar, adanya dokter hewan khusus yang memantau mereka selama 24 jam, jadi lumba-lumba disini tidak di exsploitasi seperti yang kita bayangkan.

Belajar Berinteraksi dengan Lumba-Lumba

Oh ya disini ada 5 ekor lumba-lumba jantan dengan rentang usia 10 – 12 tahun, bernama Arafik, Leo, Suares, Simba dan Lemon. Disini saya berkesempatan untuk memberi makan para lumba-lumba dan membuktikan kecerdasan sambil belajar banyak tentang mamalia cerdas ini. Lumba-Lumba yang ada di Bali Exotic Marine Park ini semuanya sehat-sehat, terlihat dari pergerakannya yang super aktif, matanya yang besar, tidak kegemukan dan tidak kurus, serta bersih. Ya jelas saja Lumba-Lumba ini dirawat dengan baik oleh orang-orang yang profesional.

Ada banyak fakta menarik yang saya temukan saat berkunjung disini, diantaranya bahwa Lumba-Lumba sebenarnya punya identitas berupa garis di sirip atas (dorsal) yang berbeda-beda layaknya manusia yang punya sidik jari, oh ya ternyata lumba-lumba tidak bernafas di bawah air loh, soalnya mereka kan mamalia, mereka menghirup udara ke paru-paru, seperti halnya manusia. Jadi Lumba-Lumba bernafas lewat lubang hidung yang tertelak di atas kepala mereka, yang disebut lubang sembur. Jadi wajar kalau mereka sering terlihat di permukaan karena berenangnya gak dalam-dalam amat, mereka tinggal hampir diseluruh lautan terutama daerah tropis.

Fakta lainnya menyebutkan bahwa para ilmuan saat ini percaya bahwa lumba-lumba merupakan hewan mamalia yang hampir sama cerdasnya dengan manusia dalam cara-cara tertentu. (Seandainya mereka bisa berbicara dan punya tangan mungkin sudah menciptakan teknologi yang mutakhir ya). Bahkan kabarnya ukuran otak lumba-lumba lebih besar dan lebih kompleks dibandingkan otak manusia.

Satu lagi nih yang menarik, bahwa sebenarnya lumba-lumba adalah hewan yang sangat baik dan suka menolong. Tidak jarang beberapa Lumba-Lumba ini juga membantu melakukan terapi khusus untuk anak berkebutuhan khusus. Siapa saja juga dapat mendapatkan pengalaman yang menarik ini, tapi harus registrasi dulu.

Gimana menarik bukan pengalaman singkat saya mampir di Bali Exotic Marine Park, untuk kamu yang penasaran bisa juga mampir di alamat Jalan Pelabuhan Benoa, No. 7, Pesangoran Benoa, Bali. Kamu juga bisa bermain, belajar hingga berenang bersama mereka yang tentunya ditemani oleh petugas yang profesional. Disini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti restoran dengan casual style, toko soufenir, therapy center dan fasilitas umum lainnya. Yuk sayangi hewan mamalia seperti Lumba-Lumba ini dan jaga kelestariannya! Saya yakin siapa pun yang bertemu dengan mereka ini pasti akan bahagia deh.

Bali Exotic Marine Park
Alamat: Jalan Pelabuhan Benoa, No. 7, Pesangoran Benoa,
Denpasar 80222, Bali – Indonesia
Reservasi: +6285338833678
Website: https://baliexoticmarinepark.com/

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

22 thoughts on “Main Bareng Arafik si Lumba-Lumba di Bali

  1. Terakhir ke Bali tahun 2017 deh kalo ga salah. Jadi aku ga th kalo ada destinasi baru ini. Ntar kalo ke Bali mampir ah ke Bali Exotic Marine Park ini. Seru banget tuh tempat kayaknya.

  2. Saya belum pernah jalan-jalan Bali, paling singgah transit doang di Bandara. Sangat menarik dg lumba-lumba, karena saya suka, apalagi boneka, klu sdh nggak tua gini pengen koleksi boneka lumba-lumba

  3. Terbukti memang lumba lumba ini cerdas dan kadang bisa cari perhatian kalo kita dekati dan panggil namanya..langsung deh dia beraksi macam berdiri gitu… Semoga tetap terjaga mereka disana ya kak..

  4. Selalu seru saat membaca jalan-jalan Mbak Tiani. Dan kali ini ke tempat lumba-lumba. Seru ya, Mbak. apalagi bisa berinteraksi langsung dengan 5 ekor lumba-lumba. Semoga nih, saya bisa segera ke sana. Aamin.

  5. wah keren berani ya mba berinteraksi langsung sama lumba-lumba, pengen banget deh bisa main kesana lihat atraksi si lumba-lumba, mudah-mudahan suatu hari bisa main kesana

  6. Jadi inget waktu nonton pertunjukan lumba-lumba, memang bener2 keren dan cerdas!
    Jadi pengen liat dan langsung berinteraksi dengan lumba2 di Benoa, Bali.

  7. Bali banyak yang bisa dieksplor nih, salah satunya Bali Exotic Marine Park ini. Bisa mendapatkan suasana yang hangat plus ketemu lumba-lumba. Semoga tetap dapat terawat dan dilestarikan, agar tidak punah

  8. Wah aku ada rncanya ke sni sama anak2. Seusai pandemi. Ada apa aja ya mba di Bali Exotic Marine Park ini? Maksudnya lumba2 ga dieksploitasi itu bedanya apa dengan atraksi lumba2 di tempat lain? Terus lumba2 yg udah ga sakit lagi apakah bakal dilepas ke lautan?

  9. Sudah lama sekali aku nggak nonton pertunjukan lumba-lumba. Ternyata di Bali Exotic Park ada juga ya kak.
    Kapan ya Aku bisa jalan-jalan lagi dan melihat pertunjukan lumba-lumba ini?

  10. Pernah denger lumba-lumba bisa membantu terapi pada autis dengan suara nada tingginya. Dulu sempat cari2 info buat keponakan, tapi sayang biayanya tak terjangkau oleh kami selain juga jauh.

  11. Pengalaman yang menarik ya Mbak Siti,, bisa mengenal lebih dekat lumba-lumba si sahabat manusia ya,, lokasinya ini di Bali Exotic Marine, Benoa, Bali ya Mbak, noted

  12. Saya punya kisah menarik tentang lumba-lumba ini. Dulu, ketika masih kecil saya ikut merantau ayah dan ibu ke Kalimantan. Waktu itu kami menaiki kapal laut. Ada satu perairan, saya lupa persisnya dimana, ada lumba-lumbanya. Saya suka menunggu kapan waktu melewati perairan itu hanya untuk melihat mereka melompat-lompat dari laut. Rasanya menarik sekali. Nggak tahu, apakah sekarang lumba-lumba itu masih ada di perairan itu atau sudah bermigrasi. Hehehe

    Saat saya memiliki kesempatan ke Bali, saya akan mampir kemari. InshaAllah.

  13. Gak pernah ketemu lumba-lumba… Aslinya pengen ih kayaknya seru berinteraksi sama mereka. Cute banget liatnya.
    Asyik juga ya punya teman yg kerja di tempat seperti itu. Bisa berkunjung sambil nanya2 lebih leluasa kayaknya.

  14. Waaah lumba -lumbanya sepertinya jinak ya mbak. Aku sering liat feed dan status IG mbak Mustiani. Waaaah puaasss banget ya roadtrip Jawa Balinya. Bisa main kemana-mana….

  15. Jadi mupeng ke Bali, Kak. Terakhir ke Bali dah lamaaa banget. Bakalan banyak yang mengasyikkan kalau ke sana lagi ya karena banyak yang berubah. Jadi ingat lumba-lumba ini selain paling cerdas juga satu-satunya mamalia di laut yang ditakuti ikan hiu. Apakah karena dia pintar ya udah sekolah dan terlatih hehe….

  16. Lumba lumba si mamalia air.. jadi inget jaman main ke bali liat lumba-lumba juga di tengah laut. Happy banget liat lumba lumba di laut lepas.. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *