Puncak B29 Argosari Lumajang Jawa Timur

Melanjutkan perjalanan kembali, karena tidak berhenti hanya di satu tempat adalah sebuah pilihan. Pilihan kali ini, wajib meneruskan ke destinasi selanjutnya, yap akhirnya di Puncak B29 Argosari Lumajang Jawa Timur. Konon, dinginnya bisa sampai masuk ke tulang rusuk. Bagi saya yang berasal dari Kota Pontianak, suhu di sini memang di bawah normal, bahkan melebihi dinginnya AC. Wajar jika kaum urban yang baru menginjakkan kaki di wilayah pegunungan, ia pasti kaget.

Milky Way

Salah satu kesenangan dari suatu perjalanan adalah membawa pengalaman dan ilmu pun juga. Oh iya, tempat ini dinamakan Puncak B29 artinya ketinggian puncak disini adalah 2900 mdpl. Saat tiba beruntungnya dapat melihat gugusan bintang (Milky Way) dan bermalam di rest area 2, kala itu suasana memang gelap dan sepi *jelas saja kedatanganku kali ini saat setelah kegiatan Nyepi pukul 12 malam.

Bersyukur disambut oleh petugas yang sangat baik dan kami diizinkan untuk istirahat di rest area tersebut, tidur dengan berbalut dingin, sambil melihat bongkahan bintang di atas jendela, bahagianya! Sebelum pukul 5 pagi, kami bangun dan bergegas menuju Puncak B29 dengan berjalan kaki, karena mengejar sunrise.

Menunggu Sunrise

Well done, perjalanan yang tidak memakan waktu sepuluh menit ini akhirnya sampai, terlihat hanya 3 tenda yang ada di puncak. Tapi sayangnya pagi itu sempat ditutupi kabut jadi tidak terlihat cahaya oranye matahari terbit yang seperti diceritakan orang-orang.

Lanskap di atas Puncak B29 ini memang benar-benar sulit diprediksi, jadi untung-untungan gitu, bahkan hari sebelumnya saya merasakan guyuran hujan dari Tumpak Sewu ya lumayan deras. Namun, sepertinya para pendaki yang camping di sini tidak merasakan adanya hujan datang, tidak apa yang penting panoramanya tetap bagus dan menjadi incaran setiap mata.

Terlihat Gunung Semeru
Lautan Awan

Sedikit demi sedikit matahari mulai naik, bak melihat nirwana di depan mata dan memperlihatkan keindahan alam yang ada disekitarnya. Saya pun bolak-balik ke sana ke mari demi memburu foto yang bagus untuk dibawa pulang. Karena sebaik-baiknya traveler yang baik adalah tidak meninggalkan sampah, tidak merusak tanaman, tidak membuang sampah, hanya meninggalkan jejak dan mengambil gambar dan menuliskan ceritanya di blog. ahsekkk. 

Jangan Lupa Pakai Jaket & Kupluk
Landscape di Balik Tanaman Gunung
Ada Warung

Memang benar-benar sweet escape, saya bisa menyaksikan apa yang sering disebut orang-orang, ya negeri di atas awan. Bukan hanya itu, di depan mata pun bisa melihat Gunung Bromo, Semeru dari sisi yang berbeda di Kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) wajar jika menjadi buruan wisatawan, selain bisa menikmati negeri di atas awan kita juga bisa melihat perkebunan sayur yang sudah tertata rapi dan miring. Dan dalam hati, “btwe ini gimana nanamnya, ya?”

Perkebunan di Argosari
Nemu Banyak Kembang
Kebun Bunga di Rest Area 2

Jika ingin mengunjungi Puncak B29 kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil tapi pastikan jangan menggunakan yang matic ya. Jika tidak ingin repot, kamu dapat menggunakan fasilitas para ojek yang siap mengantar kamu sampai puncak hingga turun kembali di Rest Area 1 dengan harga Rp.75.000,-/ojek.

Setelah berlama-lama dan cukup puas menikmati Puncak B29 Argosari, waktu pun memanggil untuk turun kembali. Hm, sedih. Semoga nanti bisa datang kembali dan menikmatinya lagi. Yuk traveling di Indonesia Aja!

More info:
Puncak B29, Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, Lumajang – Jawa Timur
Tiket masuk Puncak B29 Rp5000/orang
Penitipan Helm termasuk parkir Rp.5000,-
Bisa sewa ojek Rp.75.000 dari gerbang-puncak PP

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

14 thoughts on “Puncak B29 Argosari Lumajang Jawa Timur

  1. Wah kalo dinginnya kayak gini, bisa-bisa saya masuk angin dong, biasa di Kota Depok panas, hehehe…

    Padahal pengen banget ngeliat sunrise-nya, eh malah tertutup kabut ya.

    Subhan Allah, pemandangannya bagus banget, asli ini bisa bikin saya betah nggak mau pulang, karena saya prefer traveling ke pegunungan daripada ke pantai.

    Nice story kakak

  2. Klo bicara tentang kawasan Bromo Tengger semeru, memang selalu mengasyikkan ya. Pemandangan alamnya bener-bener indah. Saya baru 2x ke Bromo via jalur utara (Probolinggo/Pasuruan), mudah2an bisa ke sana lagi via Lumajang atau Malang

  3. Daku belum kesampean ke sana. Baru menyimak kisahnya saja, semoga suatu saat bisa terwujud apalagi pas lihat maps bagian puncak B29 yang menawan 😍

    1. Belom pernah naik guning, cuma selalu kagum aja sama pemandangan dari atas yang dibawa turun via foto oleh para pendaki. Cantik dan indah sekaliiii ya puncak B29 Argosari Lumajang iniii

  4. Belom pernah naik guning, cuma selalu kagum aja sama pemandangan dari atas yang dibawa turun via foto oleh para pendaki. Cantik dan indah sekaliiii ya puncak B29 Argosari Lumajang iniii

  5. Waduh, Kak, bikin ngiri aja. Aku yang tinggal di Jawa Timur malah belum pernah ke Lumajang. Pengin juga menikmati pemandangan Puncak B29 sekaligus mencicipi kopi khas kaki bukit Semeru. Itu kebayang ya dinginnya, aku suka tapi ga kuat juga kalau terlalu dingin. Cantik banget pemandangannya. Bakal jadi momen berkesan seumur hidup!

  6. Sejak dulu pengen banget ngerasain indahnya puncak B29. Tapi gak pernah berhasil.

    Selain emang gak ada partner yang cocok. Mana boleh akutuh pergi jauh sama kanjeng mami… Huft 🙄

  7. Pemandangan puncaknya maa syaa Allaah indah sekali ya. Saya sudah lama nih tidak traveling ke tempat2 indah seperti itu. Lihat postingan ini jadi pengen, apalagi bisa sambil menatap sunrise di sana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *