Banyumala Twin Waterfalls di Bali Utara

One of Hidden treasures in North Bali.

Pas pertama ke sini, fix jadi salah satu air terjun favorit yang pernah aku datangi karena airnya dangkal (kedalaman se-betis manusia dewasa), airnya tenang jadi bisa berenang atau berendam santai. Namanya Air terjun Banyumala Twin Waterfalls, merupakan air terjun terindah di Pulau Dewata. Meski pengunjungnya belum seramai dengan air terjuan lainnya yang ada di Bali, air terjun ini memiliki daya tarik alam yang sangat luar biasa.

Terdapat tiga aliran air, dimana air terjun terbesar berada ditengah, antara dua air terjun kecil di sisi kanan dan kiri. Air terjun tertinggi di Bali Utara ini membentang sepanjang 20 meter. Beberapa wisatawan menyebut Banyumala sebagai Air Terjun Kembar.

Banyumala Twin Waterfalls
Kolam

Di bawah dari ketiga air terjun tersebut, kamu dapat menemukan kolam besar dangkal yang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 15 meter. Kolam ini terbentuk secara alami dan memiliki kedalaman sedang, setinggi dada orang dewasa. Wisatawan diperbolehkan berenang atau sekedar berendam di bebatuan pinggir kolam, airnya jernih dan sejuk karena berasal dari gunung langsung.

Welcome to Banyumala Twin Waterfall
Explore Bali

Daya tarik Banyumala Twin Waterfalls terletak pada pemandangan alamnya, jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti lukisan. Bahkan pada momen tertentu, pengunjung dapat menyaksikan pelangi yang muncul setelah hujan membentang melintasi kolam. 

Banyumala Twin Waterfalls ini mulai dibuka oleh warga setempat sebagai tempat wisata sekitar tahun 2015. Air terjun ini dikelola sendiri oleh penduduk Desa Wanagiri. Untuk sampai disini kamu harus jalan kaki dimana jalan yang harus dilalui adalah melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari kayu dan masih berupa tanah. Tangga disini cukup aman untuk digunakan menuruni tebing yang agak curam, tetapi mungkin tidak terlalu sulit bagi kamu penggemar hiking.

Meskipun cukup menguras energi, pemandangan yang ditawarkan sangat setimpal dengan pengorbanan. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan udara segar serta pemandangan menakjubkan dari hutan tropis dan kebun bunga seribu malam milik warga sekitar.

  • Air nya jernih dan dingin karena berasal dari air gunung langsung.
  • Kalau dari Denpasar untuk ke Air Terjun ini sekitar 2,5-3 jam.
  • Dari parkiran untuk ke air terjun jalan kaki 15-20 menit dengan medan turun tangga, siapkan energi untuk baliknya naik tangga.
  • HTM 20.000/orang

Untuk fasilitasnya sendiri, di Banyumala Twin Waterfalls terdapat sebuah warung dekat pos tempat masuk air terjun yang menyediakan aneka makanan ringan dan minuman serta halaman parkir yang cukup luas dan aman untuk kamu yang datang dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Gimana tertarik untuk mampir ke Banyumala Twin Waterfalls, yuk langsung datang aja, tapi tetap dengan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan ya. Alamat lengkap Banyumala Twin Waterfalls: Jalan Raya Wanagiri Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Semoga beremanfaat ^^

Be social share!

30 thoughts on “Banyumala Twin Waterfalls di Bali Utara

  1. Wah wah, sepertinya berendam sejenak melepaskan penat mantep ya kak di sana, itu yang di dinding air terjun nya lumut atau apa kak, jadi tambah cantik bernuansa hijau hijaunya 🤩🤩

    1. Itu daun-daun kecil yang tumbuh di sekitar bebatuan air terjun mas. Air terjun di daerah Bali dan Nusa Tenggara memang identik seperti itu sih. Terima kasih mas Trio sudah mampir di tulisan saya 😊

  2. Jadi kangen ke Bali lagi deh. Dulu ke air terjun cuma ke Gitgit. Abis itu belum traveling lagi ke destinasi air terjun di Bali. Kalo pun liburan, masih berkutat di Denpasar dan Badung. Padahal kangen banget suasana sendu dan sepi di Bali utara ini. Semoga pandemi lekas selesai, biar gw bsa jalan2 lagi ke Bali yang jadi rumah kedua buat gw.

  3. Ngebayangin berendam di sana, enak kali ya. Sambil menyeruput secangkir teh manis anget. Ternyata di Bali juga ada air terjun juga toh, kirain cuma bentangan laut aja…

  4. Setahuku Bali hanya menyuguhkan keindahan pantainya, rupanya ada air terjun yang indah juga. Kembar pula air terjunnya. Cocok untuk berpetualangan dan menghilangkan penat.

  5. Kangen banget ketemu sama air jernih air terjun dan udaranya yang segar. Kukira dari namanya, ini awalnya di Banyuwangi #halah wkwk. Boleh nih jadi wishlist tempat yang mau didatangi, HTMnya masih termasuk terjangkau juga ya. Dan tentunya sepertinya untuk persiapan tenaga, perut harus diisi benar nih

  6. Bali emang kumplit banget alamnya, ada laut dan pantai, ada bukit dan pegunungan serta budaya yang ciamik. Pasti adem banget disini ya kak SIti…. healing banget suasananya

  7. wuah keren banget air terjunnya
    ntar kalau ke Bali harus ke banyumala, jangan ke pantai atau pasar mulu ah, hahaha
    keren ini air terjunnya. pemandangannya ijo dan airnya segeeer

  8. Tertarik banget nih, Mbak. Apalagi salah satu wisata favorit saya adalah air terjun plus dengan pemandangan alam yang keren. Pastinya wajib berenang atau berenda, di sana hehehe. Semoga bisa segera ke sana.

  9. Sejuk bangeet main ke air terjun. Rasanya pengen nyemplung aja nih…
    Berarti treking ya Kak untuk mencapai air terjun Banyumala tersebut?
    Aku malah suka sih ke tempat-tempat yang engga ramai gitu. Kalau ramai, bawaannya banyak sampah.
    Sedih…

  10. Indah banget! Aku yang ga bisa berenang ini langsung merasa hore pas tau kedalamannya sebetis saja, bisa enjoy berendam sambil lihat view cakep yaa. Ahh semoga someday bisa main ke Banyumala twin waterfall ini. Aamiin ^^

  11. Wah, jadi pengen berendam di air terjunnya. Natural banget ya kak pemandangannya. Masih asri banget gitu. Aksesnya juga bisa dibilang gampang ya. Ada tempat parkir untuk kendaraan. Cuma, trekkingnya ini. Bagi yang gak kuat kayak aku masih memungkinkan untuk ke lokais gak ya? hehehe

  12. Wah, jadi pengen berendam di air terjunnya. Natural banget ya kak pemandangannya. Masih asri banget gitu. Aksesnya juga bisa dibilang gampang ya. Ada tempat parkir untuk kendaraan. Cuma, trekkingnya ini. Bagi yang gak kuat kayak aku masih memungkinkan untuk ke lokasi gak ya? hehehe

  13. Nah aku suka takut kalau main-main air di bawah air terujun khawatir dalam airnya, taoi di Banyumala Twiin Waterfall dangkal ya, asyik ya kalau mau berenang juga.
    Duh jadi kangen jalan-jalan alam kaya gini

  14. Cantik banget air terjunnya. Baru liat fotonya aja langsung berasa adem. Kalau ke Bali harus ke sana nih. Makasih reviewnya, Mbak. Jadi tahu tempat wisata selain pantai di Bali.

  15. MasyaAllah keren yaa Kak waterfall nya, sejuk, gak dalam pula yaa jadi masih bisa berenang kecil meski gak tahu berenang kayak saya, hihih

  16. Wah ini hidden place. Belum pernah denger namanya, tapi ternyata air terjun Banyumala ini cantik ya.
    Lokasinya sebetulnya gak sulit-sulit banget ya, ada di daerah Buleleng. Ini yang bikin tambah penasaran pengen ke sana melihat air terjunnya.

  17. Belum banyak pengunjung, mungkin karena Banyumala Twin Waterfall belum banyak diketahui dan diulas juga ya kak.

    Meski begitu seneng melihat kejernihan airnya, dan daku kek berasa seger aja, padahal baru lihat fotonya aja hehe

  18. HTM-nya murah ya. Yang mahal itu ongkos ke Balinya. Hehe… Tapi pasti seneng banget, terhapus semua lelah kalau disuguhi pemandangan alam seindah ini.

  19. Keindahan alam di Bali nggak ada habisnya ya untuk diulik, selalu ada temlat wisata baru yang ingin dikunjungi, artikel ini bikin mupeng berkunjung ke banyumala twin waterfalls

  20. Selalu terhibur baca kisah pelesiran Kak Mustiani. Masih di Bali nih Kak? Tempo hari air terjun yang di goa, sekarang ga kalah indah. Daun hijau di tebing itu bikin tambah segar, bisa bayangin sejuknya air. Cuma kok jauh ya dari Denpasar, sampe 2,5 jam, aku malas perjalanan darat hehe. Namun kalau ada gathering blogger gitu asyik kali ke wisata alam gini.

  21. Main ke artikel ini berasa main ke air terjun nya beneran. Hehe. Efek dah lama ga berkunjung liat yang ijo2 seger.
    Adem banget lihat foto air terjun nya. Jarang2 ada air terjun yang kolam nya dangkal.

  22. Nah aku suka takut kalau main-main air di bawah air terujun khawatir dalam airnya, tapi di Banyumala Twiin Waterfall dangkal ya, asyik ya kalau mau berenang juga.

    Duh jadi kangen jalan-jalan alam kaya gini

  23. Selalu cantik foto-fotonya Mbak
    Jadi kangen jalan-jalan bebas tanpa bawa anak-anak
    Setidaknya untuk merenungi keindahan ciptaanNya saja

  24. Akutuh penyembah keindahan alam. Tapi malah jarang sekali eksplor keluar. Dan dari blog nya kak Siti aku malah dapet gambaran view-view cantik di negeri ini

  25. Pemandangannya bagus banget… Adem juga ngeliatnya. Udah lama nih gak jalan2 ke air terjun. Asyik juga malah kalau blm ramai wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *