Pesona Pantai Atuh Pulau Nusa Penida Bali

Spesial hari bumi ini saya ingin share salah satu tempat di bumi yang cantik, tentunya ini ada di Indonesia. Namanya adalah Pantai Atuh tepatnya di Kabupaten Klungkung, Pulau Nusa Penida, Bali. Ah, Bali memang banyak menyimpan pesona budaya dan alamnya yang sangat memukau, seberapa lama liburan di Bali pun tak akan pernah puas untuk explore semua tempatnya.

Pantai Atuh merupakan pantai yang letaknya paling jauh di ujung timur Pulau Nusa Penida, dari penyebrangan kapal kira-kira sekitar dua jam perjalanan dengan motor. Tapi tenang bagi pendatang yang tidak begitu hafal jalan, disini aman kok mengandalkan google maps.

Untuk sampai di pantai ini pun kita tidak benar-benar menjangkaunya dengan kendaraan motor, dari parkiran kita harus menuruni tebing yang terdapat sekitar 155 anak tangga menurun, karena letaknya cukup tersembunyi diantara tebing pulau. Apakah bisa dibayangkan?

Aksesnya dari atas tebing

Saat datang kesini bagus memang saat cuaca cerah, karena pasirnya akan terlihat putih bersinar dan birunya laut tampak memukau seperti kristal. Tapi ya, kalau cuaca cerah pastikan kamu menggunakan tabir surya/sun block agar kulit tidak terbakar dan jangan lupa bawa air mineral.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini cukup donasi saja sukarela bayarnya dan kamu sudah bisa menikmati beberapa pemandangan tidak hanya Pantai Atuh, tapi juga Diamond Beach, Joglo View Point dan lain-lain. Ibaratnya sekali dayung, tiga pulau terlampaui. Ya itupun kalau kamu mampu untuk naik turun tangga dibawah terik matahari. Hehe.

Batu Padasan

Di depan Pantai Atuh ini terdapat sebuah bongkahan pulau batu bernama Batu Padasan, sebagian ada yang bentuknya agak bolong, kamu akan melihat pecahan obak juga disini.

Saat sampai di area pantai, kamu akan menemukan beberapa warung-warung kecil dan payung pantai. Beberapa ada yang masih buka walaupun pandemi tapi kebanyakkan sudah tidak buka lagi. Saat saya sampai disini, tampak pengunjung sepi sekali terlihat ada ada tiga orang saja. Bak pantai pribadi ya jadinya.

Oh iya, kamu boleh saja berenang di laut Pantai Atuh ini, tapi ingat tidak disarankan karena tidak ada penjaganya dan obak juga kadang tidak menentu. Jadi main di pasir yang dekat-dekat saja biar aman, disini segala bentuk aktivitas menjadi tanggung jawab sendiri.

Warning!
Payung Pantai
Lompat

Walaupun suasana pantainya terlihat panas, tapi tenang saja angin disini semriwing semriwing gitu. Adem kok, apalagi kalau hammock-an bisa ketiduran puas mah, serius. Yaa, setidaknya siapkan saja tenaga untuk jalan pulang, karena harus menaiki 155 anak tangga lagi sampai di atas.

Pantai Atuh Nusa Penida Bali
Ayo ke Pantai Atuh

Short Tips

  • Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, secukupnya saja
  • Pantai ini bukan untuk snorkeling atau diving, namun hanya untuk bermain di bibir pantai karena ombaknya yang kadang masih besar
  • Membawa makanan dan minuman secukupnya
  • Bisa untuk piknik bagi keluarga atau bareng teman, namun masih sedikit panas
  • Sebaiknya memakai sandal, karena ombaknya suka bandel dan karang dan pasirnya yang masih tajam
  • Jalanan bisa diakses untuk mobil sampai parkiran di atas, oh iya sediakan bahan bakar yang cukup karena jarang pom bensin
  • Bawa pulang sampahmu dan jangan pipis sembarangan. Tinggalkan kenangan saja, selain itu, jangan!

Jadi, gimana kalau ke Nusa Penida Bali jangan lupa mampir ke Pantai Atuh ya. Karena kalian bisa memanjakan mata. So, jangan lupa piknik biar makin cantik.

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

6 thoughts on “Pesona Pantai Atuh Pulau Nusa Penida Bali

  1. Dengan aneka view yang bisa terlihat cantik, pemandangan pantai yang indah alami, birunya lautan..dengan tarif masuk masih sukarela, wah senangnya! Pengin main di bibir pantai dan merasakan lembutnya pasir Pantai Atuh

  2. Indah banget pemandangannya Kak!
    Saya pernah stay di Bali, tapi tidak pernah ketempat ini. Rupanya indah benar pemandangan Pantai Atuh.

    Oh iya,
    Terimakasih juga Short Tipsnya Kak, sangat bermanfaat.

  3. Ngeksplore keindahan pantai bali memang menyenangkan. Keindahan bibir pantai, langit dan lautnya seolah tak bisa habis dan membuat kangen ingin kembali.
    Duhhh saya sudah lama ngga pose lompat lompat bergembira seperti itu

  4. Aku pernah beberapa kali ke Bali, tapi belum pernah ke pantai ini. Kalau ke Bali lagi aku ke sana ah, kyknya pemandangannya indah banget ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *