Tukad Cepung Air Terjun Cantik di Dalam Goa

Belum bosen eksplor Bali, so here it is another hidden gem in Bali, tepatnya di Kabupaten Bangli.

Emang ya Bali tempatnya banyak hiden gem, seperti air terjun dan ini salah satu yg menurutku raw jungle nya masih kerasa karena letaknya di dalam goa. Trekking ke air terjun ini sudah pasti ya trek nya turun tangga, jadi siap-siap baliknya jalan kaki menanjak sekitar 20 menit ke parkiran. Sudah ada rute nya kok dan gak terlalu licin.

Perjalanan melewati dinding goa hutan tropis di Bali dan pastinya sedikit basah. Saran ku gunakan pakaian yang nyaman dan jangan datang terlalu sore, takutnya airnya meluap, ini seperti aliran sungai. Karena air terjunnya tidak terbuka, melainkan berada di dalam goa. Inilah yang menjadikan air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Di sekitar air terjun pun seolah belum pernah terjamah oleh manusia dengan adanya batuan dan tanaman yang ada begitu lebat dan alami.

Cahaya yang Masuk ke Dalam Goa

Bentukan air terjunnya seperti tirai yang ada di dalam rumah, Tukad Cepung Waterfall memang berbeda dari air terjun pada umumnya yang ada di Bali. Dengan ketinggian 15 meter, air terjun ini mampu memukau wisatawan dengan keindahannya.

Kolam pun tidak dalam, sehingga pengunjung dapat bebas bermain air di kolamnya. Berfoto di kolam dengan latar belakang air terjun menjadi favorit para wisatawan, apalagi ada bias cahaya yang masuk ke goa dari atas, mirip seperti sebuah teater dengan sorotan lampunya. Apalagi ditambah efek batuan pada goa yang terkena percikan air terjun, jika beruntung kamu akan melihat pelagi disebelahnya.

Batu Lumut
Tukad Cepung Waterfall

Disini kalau gak foto-foto kamu dapatmandi di turunan air terjun yang menyerupai tirai ini. AIRNYA DINGIN BANGET! Karena turun langsung dari Gunung, segeerr dan jernih. Saat saya kesini sengaja datang jam 10.00 pagi, untuk menghindari keramaian. Jam 12 pas pulang dateng 2 grup sekitar 6 orang-an.

Di sini, tentunya pengunjung dapat menyaksikan suasana hutan nan hijau dan asrinya alam Bali dengan cara berbeda, jadi gak melulu ke Pantai yaa. Pepohonan rindang tumbuh subur di sekitar Air Terjun Tukad Cepung ini. Suara serangga hutan pun menjadi musik yang menemani perjalanan menuju air terjun surga ini.

Jika diperhatikan, batuan yang ada di goa sudah sangat lama. Banyak lumut yang menempel dan tumbuhan merambat sesekali menyembul diantara celah batuan. Tak jarang tanaman-tanaman ini juga mengalirkan tetesan air yang mungkin bisa langsung diminum.

Lokasinya memang cocok untuk ambil beberapa foto, tapi pastikan kamera yang dibawa tahan air atau berhati-hati jika basah. Perpaduan warna hijau dan hitam batuan menjadi kombinasi yang menyegarkan mata. Pada jalan anak tangga menuju air terjun, terdapat aliran air tipis dari air terjun seperti bendungan kecil, suaranya bikin betah.

📍 Tukad Cepung Waterfall, Tembuku, Bangli, Bali
🏷 Tiket masuk sukarela (donasi saja)

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

1 thought on “Tukad Cepung Air Terjun Cantik di Dalam Goa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *