Kuliner Soto Ayam Lamongan di Surabaya

Halo Soto Loverss!! Siapa sih yang gak suka makan soto, kuliner Indonesia satu ini memang menjadi favorit apalagi masyarakat Indonesia, setiap daerah punya soto khas nya masing-masing. Hal inilah yang membuat ada banyak varian atau jenis yang dibuat di Indonesia, menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, ragam jenis soto nusantara mencapai 40 jenis loh (bahkan ada varian di mie instan). Btwe, sudah berapa banyak nih jenis soto di Indonesia yang pernah kamu cicipi?

Dari sekian banyaknya jenis soto tersebut tetap ada perbedaan di antara semuanya. Satu diantaranya adalah soto lamongan yang kian tersohor akibat tersebarnya kedai-kedai soto lamongan di seluruh nusantara. Biasanya semangkok soto ayam dibanderol dengan kisaran harga antara Rp10.000 – 15.000. Tapi, di Kota Surabaya (yang notabenenya sebagai kota dengan biaya hidup tinggi) justru ada soto ayam lamongan yang harganya hanya Rp6.500 rupiah. Serius?

Soto ayam lamongan ini diberi nama ‘Soto Unyil’ dijual di warung Soto Abas Surabaya. Warung Soto Abas memiliki lebih dari 57 cabang termasuk di Kota Surabaya dan beberapa daerah lainnya. Outlet yang saya kunjungi berada di Cabang Keputih Jl. Keputih Tegal No.32-A, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, soto unyil, soto ini disajikan di sebuah mangkok berukuran mini yang memang cocok untuk ukuran porsi Si Unyil. Di dalam mangkok mini tersebut sudah termasuk nasi dan beberapa suwir sayap dan kulit ayam.

Memang Kenyang? menurut saya sih kuliner soto unyil pada dasarnya cocok dinikmati untuk orang-orang yang tidak terlalu lapar misalnya waktu sarapan atau sekadar ingin mencicipi rasa sotonya. Untuk varian soto unyil sendiri ada delapan, yang membedakannya ada di lauknya yang berupa sayap & kulit, dada, paha, telor, ampela ati, uritan, usus, dan ceker. Paling mahal harganya Rp7.500. Tidak percaya? nih saya sertakan daftar menu plus harga yang tertera di nomor meja.

Menu Harga Warung Abas

Etapi kalo pengen makan banyak dan juga bukan kategori Unyil? tenang-tenang, kamu juga bisa pesan soto dengan versi Jumbo atau Istimewa kok. Dua jenis soto ini adalah kategori menu di warung Soto Abas yang bisa dinikmati porsi normal dengan kisaran harga mulai Rp13.000 – 17.000. Perbedaan harga ditentukan oleh pilihan lauk, seperti soto unyil, namun dengan porsi yang tidak lagi unyil.

Soto Lamongan dengan Taburan Koya

Ciri khas yang selalu ada dari kuliner soto lamongan adalah adanya taburan koya, suir daging ayam dan perasan jeruk yang bikin seger. Koya sendiri berguna sebagai penyedap, bisa juga sebagai pengental kuahnya agar lebih pekat.

Sego Sambel

Masih kurang juga? Oke oke, ada menu lainnya lagi kok yaitu Sego Sambel, dengan berbagai varian lauk pilihan seperti ayam, telor, lele, bebek, tahu tempe dan wader (cek harga masing-masing di daftar menu di atas ya).

Overall, Soto Abas ini cukup direkomendasikan untuk orang-orang yang hendak bepergian menggunakan bus yang lupa belum mengisi perut atau orang-orang yang baru saja pulang dari bepergian yang sedang mengalami perut keroncongan.

Soto Abas dan Sego Sambel Abas
Alamat: Jl. Keputih Tegal No.32-A, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.
Instagram: @sotoabas.id

Semoga bermanfaat dan selamat ber-pengin-ria. ^^ 

Be social share!

2 thoughts on “Kuliner Soto Ayam Lamongan di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *