Ladang Bunga Gemitir di Klungkung, Bali

Gaes, pernah gak sih kalian tersesat disuatu tempat tapi nemuin tempat yang epic banget buat foto-foto kayak gini? Etapi kalau tersesatnya di Bali mah bakalan banyak ya nemuin hidden gem. Contohnya ini nih, bukan tempat wisata sih hanya ladang bunga milik warga sekitar Desa Negari, Klungkung Bali.

Ini adalah ladang Bunga Gemitir atau Bunga Marigold tapi ada juga yang menyebutnya Calendula, Kenikir, Tegetes, Mitir dan Tahi Ayam (etapi Tahi Ayam kayaknya ukurannya lebih kecil sih), bunga ini sangat terkenal di Bali, selain digunakan sebagai sarana untuk persembahyangan atau upacara keagamaan umat Hindu Bali, terkadang digunakan juga sebagai kalungan bunga untuk menyambut tamu atau wisatawan yang datang ke Bali, tidak heran jika masyarakat Bali menanam bunga ini untuk dijual bahkan bisa juga sebagai spot foto yang tidak kalah cetar 😍

Marigold

Desa Negari, Klungkung Bali disinilah saya menemukan ladang ditepi jalan, memang desa tersebut menyuguhkan pemandangan yang cantik dan menarik terutama dengan ladang bunga sebagai mata pencaharian warga setempat. Sejauh mata memandang hamparan bunga-bunga cantik ini bermekaran membuat takjub dan membuat saya betah berlama-lama disini.

Keindahan alam yang disuguhkan Desa Negari Klungkung ini semakin menyenangkan dengan ditambah udara yang segar, sejuk dan terpencil serta jauh dari keramaian, menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk refresh serta melepaskan penat, apalagi kalau kamu hobi hunting foto-foto instagramable di Bali.

Kelopak Bunga

Seperti yang kita ketahui bunga marigold ini memiliki ciri-ciri yang has bunganya berbentuk bulat dengan kelopak yang menumpuk, terdiri berbagai macam varietas bahkan ada yang menyerupai bunga matahari, warna bunga marigold tersebut juga beragam ada yang berwarna orange, kuning, marun, warna emas, bahkan ada yang berwarna campuran, tetapi warna bunga marigold yang dibudidayakan di desa ini pada umumnya adalah marigold berwarna orange dengan ukuran besar bak negeri dongeng saat digunakan sebagai latar foto.

Tinggi satu pohon bunga gemitir rata-rata 60cm, gugusan bunga kuning dan oranye cerah dengan tangkai berwarna hijau tua membentang membentuk barisan semak yang sedap dipandang mata. Keindahan ladang bunga gemitir tersebut akan lebih menawan ketika bunganya sudah mekar dengan sempurna, pada saat ladang bunga tersebut bermekaranlah menjadi spot yang ideal bagi anda untuk foto selfie.

Keranjang Bunga

Bunga Marigold tersebut bisa hidup sepanjang musim dan tempat berhawa sejuk seperti di Desa Negari menjadi tempat perkembangbiakannya yang paling ideal, itulah sebabnya kamu bisa berkunjung dan datang ke lokasi sewaktu-waktu.

Oh ya, sebelum foto-foto disini sebaiknya izin terlebih dahulu kepada pemilik kebun, tidak memetik bunga, menjaga kebersihan, tidak menginjak tanaman, serta bersikap sopan kepada petaninya 😁

Bunga marigold/gemitir setidaknya terdiri dari 50 spesies, namun yang banyak diketahui ada tiga jenis yakni:

  • Tagetes patula (marigold Prancis): Jenis yang paling umum ditemukan di pembibitan lokal, ukurannya berkisar dari 6 hingga 12 inci dan lebar 6 hingga 9 inci.
  • Tagetes erecta (marigold Afrika): Ini adalah varietas marigold teratas dan tingginya berkisar dari 1 hingga 4 kaki, dan memiliki penyebaran 1 hingga 2 kaki. Saat besar, bunganya bisa mencapai 5 inci, padat seperti pompon.
  • Tagetes tenuifolia (Signet marigold): Tanaman semusim tegak yang tumbuh setinggi 12 inci dan lebar. Kepala bunganya tunggal dan berukuran 1 inci. Bunganya bisa dimakan dan sering digunakan sebagai hiasan salad, pasta, dan sayuran.

Bunga marigold sendiri melambangkan keindahan, kekayaan, kemasyhuran, dan kehangatan. Hal ini diartikan dari warna kuningnya cerahnya. Bunga marigold juga bisa dimaknai sebagai jam kecil yang mengartikan waktu terbatas.

Tidak cuma sekadar indah, faktanya bunga marigold/gemitir juga memiliki manfat bagi kesehatan loh. Biasanya, untuk memperoleh manfaatnya bunga ini dikonsumsi dengan melalui proses pengolahan terlebih dulu.

Kebun bunga marigold/gemitir tidak hanya ada di Desa Negari, Klungkung Bali saja tapi ada juga banyak tumbuh seperti kebun/ladang seperti ini di:

  • Desa Bangli, Tabanan
  • Desa Belok/Sidan, Badung
  • Desa Temukus, Karangasem
  • Desa Banjarakan, Klungkung

Tapi kalau mau samaan tempat seperti saya bisa cek lokasi google maps dibawah ini ya!

Adakah yang pernah mengunjungi kebun-kebun atau menanam di rumah, atau punya sebutan sendiri tentang bunga ini? Share yuk di kolom komentar ^^

Share this post:

12 thoughts on “Ladang Bunga Gemitir di Klungkung, Bali

    1. Nama bunga marigold sama kenikir pernah denger tp baru tau dari artikel ini kalo keduanya sama n ternyata cantik banget ya. Berharap suatu saat bisa mampir disana

  1. aku tahu marigold aja pas baca tulisan teman yang ngulas ingredient skincare, ternyata seperti ini toh bentuk bunganya, cantik sekali. Tapi kenikir itu kalau di jawa masuknya dedaunan sih mbak, hihi..

    Apa mbak mustiani tinggal di Bali skrg bukan di pontianak lagi?

  2. Sering liat bunga ini (itu juga liat di internet, hahaha), tapi nggak tau namanya. Ternyata banyak sekali di Bali ya? Bagus banget perkebunannya sih. Dah kayak di luar negeri aje. Mba Siti nggak joget-joget India kan di kebun bunga itu?????

  3. Aiiihh masyaAllah cantiknyaaa <3
    Sukaaa juga sama infografisnya, mba Siti keren banget euyy.
    Baru tahu juga kalau bunga itu namanya gemitir, padahal sering lihat 😀

  4. Masya Allah.. cantik banget bunga Marigold atau Gemitir ini. Dari satu kelopak bunga yang bertumpuk penuh, lalu tertata indah dalam sebuah ladang yang luas.. duh… Seneng banget ya bisa di tengah-tengahnya sana. Cocok banget emang buat yang suka foto-foto 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *