Aromatik Kopi dalam Kemasan Scarlett

Semangat pagi! Sudah ngopi belum hari ini? Saya yakin diantara kalian pasti ada penikmat kopi. Bicara soal kopi, mungkin sebagian besar pasti akan menginat sebuah minuman yang bikin melek mata, aromanya yang harum, hingga menjadi tradisi/kebiasaan di suatu daerah yang memang sulit untuk ditinggalkan, bahkan sekarang semakin populer dengan menjamurnya kedai kopi di setiap sudut kota, hingga munculnya kopi-kopi kekinian yang bertebaran di mall/café modern dan menjadi tren.

Jenis kopi pun ragamnya ada banyak mulai dari kelas internasional seperti arabika, robusta, espresso, americano, cappucino, latte, affogato, hingga khas nusantara nan legendaris seperti kopi gayo, kopi toraja, kopi wamena, kintamani, kothok, luwak, dan masih banyak lagi. Mana nih kopi favoritmu?

KOPI: Ketika Otak Perlu Inspirasi

Pernah mendengar kalimat tersebut? Katanya ketika ngopi kita bisa dapat inspirasi, hemm sepertinya iya. Karena aromanya yang bikin tenang, rasanya yang nikmat, berkhasiat dan berenergi. Sebagian orang ada yang suka ngopi tiap pagi sebelum berangkat kerja atau sebagian lainnya ngopi sebagai teman kerja.

Memang ada banyak alasan untuk setiap orang mengonsumsi kopi, karena dari berbagi penelitian yang membuktikan ada beberapa manfaat dari kopi itu sendiri jika diminum. Diantaranya adalah mencegah kangker, meningkatkan konsentrasi, menurunkan resiko depresi, baik untuk jantung, dan masih banyak lagi.

Manfaat Kopi (referensi: republika.co.id)

Memang banyak manfaat minum kopi ini tapi tetap saja, mengonsumsinya tidak boleh berlebihan dan harus diimbangi dengan minum air putih. FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat menganjurkan batas kafein hanya 400 miligram per hari atau sama dengan 3-4 cangkir kopi hitam. Nah, bagi kamu yang tidak terbiasa minum kopi sebaiknya tidak memaksakan diri ya.

Kopi merupakan satu diantara komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara dan sangat berperan penting dalam perekonomian khususnya di Indonesia. Selain menjadi andalan ekspor non migas, peluang pasar dalam negeri pun masih terbuka lebar. Data International Coffee Organization tahun 2012, Indonesia tercatat sebagai negara produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam, dengan jumlah ekspor sebanyak 10.950.000 karung (1 karung 60kg).

Kebun Kopi (sumber: freepik.com)

Untuk menikmati secangkir kopi sendiri sebenarnya membutuhkan proses yang cukup panjang mulai dari panen, pengeringan, penyaringan, digiling, hingga dihaluskan menjadi bubuk kopi. Memang saat ini kopi menjadi minuman paling populer saat ini di dunia, bahkan melebihi popularitas teh.

Oh iya, biasanya setelah ngopi, pasti ada ampasnya kan? Pernahkah kamu terpikir untuk memanfaatkan kembali ampas kopi tersebut?

Nah, tahu kah kamu selain dapat dijadikan minuman, ternyata kopi juga punya banyak manfaat lainnya loh, mulai dari biji yang dibuat souvenir/dekorasi, hingga ampas yang dapat dijadikan pupuk alami tanaman, penghilang bau tidak sedap, dan perawatan tubuh.

Berikut manfaat kopi lainnya selain dijadiin minuman:

1. Souvenir/Dekorasi Untuk Menghias Rumah

Oke kita mulai dari biji kopi terlebih dahulu, ternyata biji kopi juga dapat menjadi salah satu elemen dekorasi yang memikat. Misalnya membuat gelang dari biji kopi, frame foto, kamu juga dapat menaruh biji kopi di dalam vas bening atau wadah kaca untuk menghias ruangan. Aromanya juga dapat menyegarkan ruangan tempat biji kopi tersebut diletakkan.

2. Sebagai Pupuk Alami Untuk Tanaman Hias

Nah, habis minum kopi ampasnya jangan dibuang! karena ampas kopi dapat menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk menyuburkan tanaman. Di dalam setiap ampas kopi terdapat kandungan magnesium, fosfor, potasium, tembaga, dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tanaman agar tumbuh lebih baik. Apalagi tanaman yang menyukai asam, seperti begonia, mawar, gardenia, dan sebagainya.

Bahkan, ampas kopi dapat menghalangi tumbuhnya berbagai parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Penggunaannya pun mudah, tinggal taruh saja ampas kopi di atas tanah tanpa harus memproses terlebih dahulu. Jadi, abis minum kopi ampasnya jangan dibuang ya!

3. Mencegah Bau Tidak Sedap

Karena memiliki aroma yang khas, kopi sering digunakan untuk pengusir bau yang ampuh, sekaligus mampu memberikan aroma sedap. Mungkin kamu pernah melihat pewangi mobil atau ruangan yang terbuat dari kopi.

Karena memiliki sifat karbon aktif dalam kopi yang higroskopis membuatnya mampu menyerap bau-bauan di sekitarnya. Di waktu yang sama, kopi memiliki aroma khas yang sedap. Sehingga, kopi dalam bentuk biji hitam, bubuk maupun sudah menjadi ampas, dapat digunakan untuk mengusir bau di ruangan, lemari, sepatu, kulkas, hingga digunakan untuk mengusir bau di tangan.

Caranya gampang kok, pertama keringkan ampas kopi dan masukkan ke dalam penyaring, kapas, atau tisu dapur. Kamu juga bisa tambahkan minyak esensial favorit, seperti peppermint. Lalu, letakkan di bawah wastafel, freezer, dan tempat lainnya untuk menyerap bau.

4. Dapat Mengusir Hama seperti Semut, Hingga Tikus

Karena memiliki aroma kopi yang cukup tajam, ampas kopi mampu mengusir semut dan tikus dari dapur loh. Kebanyakan hewan tidak menyukai aroma kopi yang menyengat sehingga akan menjauhi daerah tersebut. Kamu cukup menaburkan kopi di daerah yang kerap menjadi wilayah perlintasan semut dan tikus supaya tak kembali lagi ke dapur kamu lagi. Praktis dan hemat uang kan?

5. Perawatan Tubuh Untuk Kulit Lebih Cerah

Ampas atau bubuk kopi memiliki eksfoliasi alami. Kopi juga memiliki kandungan dicaffeolyquinic acid yang merupakan antioksidan alami. Ini menyebabkan ampas atau bubuk kopi dapat digunakan sebagai perawatan kulit alami mulai dari wajah hingga kaki.

Kopi sudah dikenal manfaatnya dalam produk perawatan tubuh. Sudah banyak yang menggunakan kopi sebagai pengharum, asupan antioksidan, dan untuk eksfoliasi. Untuk mengolahnya menjadi scrub, kamu dapat mencampur bubuk kopi yang tidak terlalu kasar dengan minyak zaitun lalu membalurkannya ke kulit seperti scrub/sabun mandi.

Body Care Scarlett varian Perfect Coffee

Kabar gembira untuk kamu pencita kopi, karena sudah tahu banyak manfaatnya kini Scarlett juga tidak mau ketinggalan dengan mengaplikasikan produk aromatik seperti kopi di satu kemasan Body Care lengkap dengan Body Scrub dan Shower Scrub di varian terbarunya, yap kamu tidak salah dengar ini adalah Scarlett Body Scrub Coffee dan Brightening Shower Scrub Coffee.

Kebetulan saya pribadi cukup penasaran juga untuk nyobain produk ini karena saya termasuk orang yang suka dengan wewangian rempah/aromatik seperti kopi. Oleh karenanya saya langsung order, dan sekarang sudah mencoba produk ini sekitar 2 mingguan, nah kali ini saya tulis review lengkap Scarlett varian Coffee ini di blog, agar tidak hanya saya saja yang tahu manfaatnya.

Kalau kamu penasaran, terus baca artikel ini sampai habis ya! Btw, saya juga pernah review produk Scarlett sebelumnya. Silahkan mampir disini, hehe.

Scarlett Body Scrub Coffee

Belakangan ini saya memang sedang menggunakan body scrub dari salah satu brand lokal Indonesia yaitu Scarlett! Nah, karena Scarlett baru saja mengeluarkan Body Scrub yang terbuat dari Coffee. Jujur saya cukup penasaran banget sama produk yang satu ini, karena beda dari varian sebelumnya.

Body Scrub Coffee

Sebelum reviewnya lebih jauh saya akan kasih tahu dulu, apa saja sih manfaat Body Scrub berbahan kopi:

  1. Sebagai exfoliator: Ya namanya juga scrub, pasti lah untuk exfoliate dan menghilangkan kulit mati sehingga kulit menjadi sehat kembali.
  2. Mencerahkan dan melembutkan kulit: karena kulit mati sudah terangkat, otomatis kulit dapat menjadi lebih cerah dan lembut.
  3. Menghilangkan stress atau mood booster: Aroma kopi ternyata dapat membuat kita merasa positive vibes rilex loh, sehingga pada saat menggunakan coffee scrub, mood akan menjadi lebih baik.
  4. Anti-aging: Yap, kopi ternyata juga bisa mencegah keriput dan mampu meregenerasi kulit.
  5. Oke, sekarang langsung bahas produknya ^^

Oke, pertama saya akan bahas mulai dari packaging ya. Kemasannya produk ini berbentuk jar dari plastik cokelat transparan jadi kita bisa lihat isi di dalamnya. Di bagian sampingnya ada stiker mengenai informasi produk seperti ingredients, barcode, exp date dll.

Scarlett Body Scrub Coffee

Ingredients Scarlett Body Scrub Perfect Coffee: Aqua Demineralisata, Polyethylene, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Mineral Oil, Glycol Distearate, Glycerin, Propanediol, Perfume, Glutathione, Tocopheryl Acetate, DMDM Hydantoin, Triisopropanolamine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, dan CI 77400.

Produk ini sudah terdaftar di BPOM RI NA 18210700581 untuk keamanan produk. Meskipun terlihat besar, menurut saya pribadi produk ini cukup mudah untuk dibawa kemana-mana. Satu jar/toples scarlett body scrub ini isinya 250 ml ya.

Saat tutupnya dibuka, terdapat segel bertuliskan SCARLETT. Sekalinya dibuka, saya tidak bisa berhenti menghirup aromanya. SERIUSAN, WANGINYA ENAK BANGET. Baunya seperti kue/brownies kopi + mocca gitu *duh kan jadi laper. Aromanya yang manis juga terasa seperti relaksasi tersendiri. Love it! Kalau kamu suka jenis scrub yang cukup “berasa” dengan wangi yang enak seperti kopi, I highly recommend this! YOU HAVE TO TRY IT!

Butiran Halus Body Scrub Coffee

Kamu bisa lihat ya scrub ini ada butiran-butiran halusnya dan tidak kasar sama sekali ^^

Cara pakai:
Ambil scrub secukupnya, oleskan secara merata pada kulit. Tunggu hingga meresap sekitar 2-3 menit kemudian bilas hingga bersih.

Hasilnya? Berbeda dengan coffee scrub pada umumnya (biasanya kan hasilnya jadi lebih lembut dan matte gitu ya), kalau ini hasilnya lembut dan lembab. Pokoknya, kulit jadi bener-bener halus dan lembab banget. Jadi produk ini cocok lahuntuk kamu yang kulitnya super kering.

Jadi kalau pas kulitnya lagi kering sampai kelihatan putih-putih gitu, kasar kalau digores kuku, saya langsung pakai ini. Mulus seketika dan lembab banget. Jadi produk ini cocok banget untuk kulit super kering. Worth to try!

Coffee Brightening Shower Scrub

Untuk Scarlett Body Shower Scrub ini sebenarnya terdiri dari 3 varian yaitu Pomegrante, Mango dan Cucumber. Sekarang jadi empat dengan varian terbaru yakni Coffee. Kebetulan saya sudah coba Pomegrante, yang memiliki aroma fresh dan wanginya tidak terlalu bold. Nah kalau kamu suka wangi yang manis dan fresh sekaligus lembut, kamu pasti akan suka banget sama varian Coffee ini.

Coffee Brightening Shower Scrub

Kemasannya botol plastik yang mudah dipencet atau disqueeze dan botolnya berwarna bening. Jadi kita bisa melihat isi di dalamnya. Oh ya, saat datang produk ini segelan plastik ya. Jadi sudah pasti produk aman saat proses pengiriman alias tidak tumpah, oh ya pastikan kalau kamu membeli produk yang masih tersegel juga ya.

Pada bagian depan produk tertulis informasi mengenai nama produk, kandungan utama, dan fungsi utama produk. Pada bagian belakang kemasan produk terdapat informasi yang lebih lengkap dengan bahasa inggris. Namun ada stiker dengan informasi cara pemakaian, distributor dan BPOM dengan bahasa Indonesia.

Produk ini mengandung fragrance yang menenangkan dan mengandung Glutathione yaitu bahan antioksidan yang kuat. Berfungsi untuk mencerahkan, membersihkan kulit lebih dalam serta mengekfoliasi kulit mati agar kulit jadi lebih halus, lembut, lembab, membantu pembentukan kolagen, dan tentunya beraroma harum.

Ingredients Scarlett Brightening Shower Scrub Coffee: Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Lauryl Betaine, Sodium Lauryl Sulfate, Coconut Fatty Acid Diethanolamide, Perfume, Cocamidropropyl Betaine Ammonium Salt, Glutahione, Hydrolyzed Collagen, Polyethylene, Dmdm Hydantion, Tocopheryl Acetate, EDTA, Cutric Acid, Coffee Extract, dan Cl 77400.

Sedikit info saja, produk ini mengandung SLS, SLES dan Cocamido Propyl Betaine sebagai bahan pembersih atau pembuat busa. Kalau dilihat memang kandungan Glutanya terdapat di bagian akhir yang kedua, alias kandungannya cenderung sedikit. Namun memang mungkin sudah disesuaikan dengan takaran yang aman.

Kalau dilihat dari bahannya pun, kemungkinan Vitamin E yang tertulis sebagai manfaat utama adalah dari Coconut Fatty Acid Diethanolamide. Intinya, perlu digaris bawahi kalau produk ini pasti aman digunakan karena sudah terdapat nomor BPOM RI NA 18210700426, jadi tidak perlu khawatir untuk kandungan yang ada di dalamnya.

NB: Produk ini terdapat stiker hologram pada badan kemasan untuk mengetahui produknya asli apa tidak. Produk ini juga telah tersertifikasi halal MUI, not tested on animal, dan botolnya bisa direcycle ya!

CARA CEK KEASLIAN PRODUK SCARLETT:

  1. Scan barcode-nya.
  2. Setelah muncul form, isi nama lengkap, email, kota, dan nomor HP.
  3. Klik Cek Kode Serial Produk kamu.
  4. Akan muncul info apakah produk kita asli atau tidak, tinggal samakan angka yang muncul pada website ke stiker pada badan produk. Btw, informasi ini juga akan masuk ke email kita ya.

Dengan isi 300 ml, memiliki tutup yang flip top bottle, cukup kokoh dan tidak mudah tumpah. Karena kemasan produknya transparan, kita bisa melihat kalau sabunnya berwarna kemerahan dengan butiran scrub berwarna biru dan merah di dalamnya. Wangi varian coffee ini yang sweet dan fresh gitu, cocok banget buat kamu yang sweet dan supel.

Cara menggunakan Scarlett Brightening Shower Scrub:
Basahi tubuh, usapkan sabun ke seluruh bagian tubuh dan bilas dengan air hingga bersih.

Cara Menggunakan Coffee Brightening Shower Scrub

Menurut saya pribadi sabun ini tipe yang cukup banyak busa, apalagi kalau pake sponge mandi. Nah produk ini ada scrubnya, tapi memang scrubnya kurang begitu berasa, but it’s okay, karena kan memang fungsi utamanya hanya sebagai sabun bukan body scrub. Tapi untuk kemampuannya membersihkan kulit sih cukup oke ya.

Sabunnya memberikan sedikit sensasi licin namun tetap bersih. Mungkin karena adanya kandungan glycerin, makanya kulit jadi berasa lembab dan halus. Wanginya yang cukup semerbak ini juga relaxing banget, bikin betah mandi lama-lama.

Oh ya sedikit cerita, produk-produk ini datang dalam keadaan terbungkus rapi. Semua produknya dikasih bubble wrap dan luarnya juga disegel gitu jadi bisa dipastikan produknya aman sampai tujuan. Nah, untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh produk dari Scarlett Whitening ini, bisa langsung cek di instagram @scarlett_whitening karena di sana banyak informasi, giveaway bahkan bisa order juga.

Yuk rawat kulit dengan semerbak aromatik kopi dengan Scarlett Whitening dan jangan lupa diimbangi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta olahraga rutin yaa. Oh iya, seluruh harga produk Scarlett ini satuannya Rp.75.000,- ya…

Kira-kira, adakah teman-teman yang sudah nyobain Scarlett Coffee Edition ini juga? Bagaimana menurut teman-teman? Share yuk di kolom komentar!

Semoga bermanfaat ^^

Referensi:

  • Kopi: https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
  • Manfaat Kopi selain Minuman: https://gaya.tempo.co/read/1212795/selain-diminum-ini-5-manfaat-kopi-lainnya/
  • Product Knowledge Scarlett Perfect Coffee Edition
  • Pengalaman pribadi menggunakan produk Scarlett Perfect Coffee Edition
  • Foto pribadi, infografis by Siti Mustiani
Share this post:

21 thoughts on “Aromatik Kopi dalam Kemasan Scarlett

  1. wahhhh aku pun udah cobain scarlett yang perfect coffee edition ini mba! aku sukaaaa banget sama aroma body scrub nya! sumpah manis banget kaya tiramisu! jadi pengen mandi lama-lama hahhaha

  2. kopi punya manfaat yang begitu banyak ya Kak.
    saya juga belakangan suka minum kopi, walau bukan kopi hitam, rasanya klo minum cappuciono gitu bisa jadi mood dan lancarkan ide, hehehh.
    yeaay, boleh banget nih dicoba, SCARLETT body care biar jadi makin betah perawatan ya 😀

  3. Jadi naksir nih dengan scarlett varian kopi. Aku udah bayangin aromanya. Kopi emang bikin rileks pikiran. Apalagi kalau buat body care yaa.

  4. Aku minum kopi saat stres, kak. Biasanya banyak kerjaan yang numpuk atau ada beberapa urusan belum kelar, lumayan rileks. Untuk Scarlett ini aku jadi ingin mencobanya, apalagi baca salah satu kandungan isinya (antioksidan).

  5. Sebagai traveler pasti senang dong ya karena ada scrub dan sabun yang bisa bikin makin PD saat perjalanan kemana saja
    Bisa banget nih saya coba dan cari promo di marketplace

  6. Whuaaa….Scarlett punya aroma kopi ya sekarang? Aku suka pakai produk Scarlett yang Freshy. Aku juga suka banget minum kopi. Apakahhhh itu pertanda aku harus nyoba varian ini juga? 😀

  7. Mantaappp mba. aku sukaaa sama body showernya yang unguu ituuu. Belum cobain nih yang kopi. Ngebayangin gimana harumnya kopi masuk ke badan rasanya uuhhh <3 pasti bikin tenang dan relax yaak.
    Jadi betah mandi haha

  8. wah ini varian baru ya kak, aku baru pake rangkaian produk facecare dari scarlett sih, untuk yang body scrubnya bikin tertarik nih aroma kopi. Bikin penasaran sih hehe

  9. Manfaat ampas kopi banyak juga ya, aku biasanya giling kopi sendiri dan ampasnya dibuang, kayaknya habis ini bakal kumanfaatkan buat hal-hal semacam ini deh

    Wah, baru tau nih produk scarlett ada yang berbahan kopi, aku sendiri udah tau ada beberapa produk yang memakai kopi ini. Aku belum make produk ini sih, tapi sepertinya menarik untuk dicoba

  10. Wah, bisa dibayangin nih pakai lulur kopi. Saya tuh gak bisa minum kopi tapi kalau aroma kopi saya suka banget. Gak bosan deh menghirup aromanya, terapi banget. Tapi belum pernah juga pakai lulur kopi, kalau masker wajah sering. Jadi penasaran nih sama scarub scarlet

  11. Pas aku baca postingan Mbak ini aku lagi sambil minum kopi nih.
    Aku belum coba Scarlett body care yg varian kopi ini, penasaran banget asli. Kayaknya enak banget wanginya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *