Menjadi Pemandu Profesional Bersama QuBisa

Sudah puas jalan-jalan di Indonesia? Ohh tentu saja belum. Karena masih banyak tempat yang bisa dikunjungi dengan keindahan-keindahan yang mempesona. Semenjak jatuh cinta dengan keindahan negeri ini saya jadi ingin untuk membagikannya kepada teman-teman lewat cerita, foto, video, bahkan kalau bisa akan saya ajak untuk melihatnya secara langsung.

Itulah sebabnya saya ingin menjadi pemandu wisata/tour guide baik itu di gunung maupun di laut, bahkan kalau bisa mempunyai agen tour and travel sendiri. Sebagai perempuan mungkin karir seperti ini jarang di minati bagi sebagaian orang bahkan tidak dianggap sebagai profesi yang keren, tapi kalau sudah passion dan terasa menyenangkan.

Apapun impian karirnya pasti bisa mewujudkannya, termasuk menjadi pemandu wisata profesional.

Kursus online gratis untuk menjadi Pemandu Wisata Gunung
Pemandu Wisata Gunung

Banyak yang mengatakan bahwa profesi tour guide itu melelahkan dan sulit untuk dikerjakan karena harus pandai bicara ke banyak wisatawan yang memiliki kepribadian, bahasa dan budaya yang berbeda-beda. Tapi justru inilah tantangannya, perlu kamu ketahui menjadi pemandu wisata itu sebenarnya banyak banget manfaatnya, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk masyarakat lokal, bahkan pemerintah sekali pun.

Tapi sebelum karir seperti ini diwujudkan dalam dunia kerja yang lebih serius, alangkah baiknya kita mulai untuk meningkatkan keahlian apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pemandu wisata yang profesional lewat aplikasi belajar online agar lebih meningkatkan skill, percaya diri dan siap untuk bersaing di dunia kerja.

Keahlian Khusus Seorang Pemandu Wisata Profesional

Pemandu Wisata yang profesional tentu harus memiliki lisensi atau surat izin agar bisa memandu para wisatawan secara profesional yang diperoleh dari badan resmi pemerintahan. Selain itu, dibutuhkan pula keahlian dan keterampilan untuk menunjang pekerjaan sebagai pemandu wisata.

Berikut ini beberapa keahlian yang bisa diterapkan agar dapat menjadi pemandu profesional:

1. Public Speaking

Keahlian paling pertama yang wajib dikuasai adalah public speaking alias berani berbicara di depan umum. Kemampuan ini akan sangat butuhkan sebagai tour guide karena salah satu tugas sebagai pemandu adalah memberikan informasi mengenai destinasi wisata yang dikunjungi. Pemandu dituntut untuk dapat berbicara di depan rombongan wisatawan yang dibawa.

2. Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa juga perlu dan penting untuk kuasai sebagai seorang tour guide profesionalPenguasaan bahasa Indonesia yang baik akan sangat berguna ketika menjadi pemandu bagi wisatawan lokal. Selain itu, penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris yang notabene sebagai bahasa internasional paling tidak juga harus dikuasai, lebih bagus lagi jika bisa bahasa internasional lainnya seperti mandarin, spanyol atau jerman.

Kelebihan yang akan didapatkan apabila fasih berbahasa lebih dari satu yakni kita dapat menjadi pemandu bagi wisatawan mancanegara. Untuk itu, pengalaman yang diperoleh akan menjadi berharga sehingga dapat mempengaruhi kualitas kerja.

3. Manajemen Waktu

Kemampuan dalam mengatur waktu juga akan dibutuhkan apabila berminat untuk bekerja sebagai tour guide. Oh iya pemandu juga dituntut untuk selalu fokus pada jam. Artinya harus tahu pukul berapa harus tiba dan pergi, waktu untuk kumpul, waktu untuk bebas. Jangan sampai lengah sehingga membiarkan waktu berjalan tidak sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

4. Fotografi

Kemampuan dalam memotret sehingga menghasilkan foto yang bagus juga perlu dikuasai. Skill ini dapat diterapkan ketika mengambil foto untuk para tamu. Hasil foto yang keren akan membuat tamu yang dibawa merasa senang.

Masih banyak lagi skill tambahan yang boleh pelajari oleh seorang pemandu wisata agar semakin profesional, seperti kemampuan memasak, diving (menyelam), medis, dan lain-lain.

Sekarang ini sangat mudah bagi setiap orang untuk menyempurnakan skill tersebut bisa lewat kursus online gratis pula dengan aplikasi belajar online yang siap kerja. Belajarnya pun lebih mudah karena bisa dari rumah. Mau menggunakan gawai smartphone atau laptop bisa.

Bersama QuBisa Wujudkan Impian Menjadi Pemandu Wisata Profesional

Nah, kali ini saya mau kenalin nih aplikasi belajar online yang bisa kamu gunakan untuk menambah berbagai skill yang dibutuhkan oleh seorang pemandu wisata tersebut. Namanya QuBisa dengan tagline Aku Bisa Kamu Bisa sekarang ini dapat diakses melalui halaman website maupun aplikasi mobile. Downlooad aplikasinya di App Store atau Play Store melalui smartphone kamu.  

Aplikasi Siap Kerja dari Qubisa
Aplikasi Siap Kerja QuBisa
Belajar gak ribet di Aplikasi belajar online QuBisa
Microlearning APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia)

Kursus online gratis dari QuBisa, tidak hanya skill yang disebutkan di artikel ini saja tapi ada banyak yang bisa kamu dapatkan ilmu lainnya termasuk cara meningkatkan personal branding baik dengan upskilling dan reskilling, dimana skill ini dapat meningkatkan kemampuan dengan upgrade ilmu/coaching/mentoring sesuai dengan passion/hobi melalui aplikasi belajar online terbaik di Indonesia. 

Ada beberapa keunggulan serta alasan saya merekomendasikan aplikasi siap kerja sebagai plikasi kursus online dari QuBisa ini, berikut diantaranya:

  • Kursus gratis menggunakan video: akses tanpa batas ke seluruh kursus online QuBisa. Belajar jadi lebih praktis alias belajar gak ribet karena bisa diakses kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.
  • Kelas yang fleksibel dan mudah dipahami (ada 100+ instruktur/pengajar berpengalaman, 100+ webinar berkualitas, 500+ kursus terbaik). Inilah yang menjadikan QuBisa memiliki cara belajar efektif yang disukai.
  • Bersertifikat
  • Belajar sesuai kecepatan masing-masing sebagai salah satu metode cara belajar efektif yang diberikan QuBisa adalah kita tidak tertekan. Kita bisa menikmati akses seumur hidup ke kursus online gratis melalui situs web dan aplikasi QuBisa.
  • Kesempatan mengumpulkan poin dan ditukar dengan hadiah atau reward.
  • Ilmu bermanfaat seumur hidup

Oh iya, untuk menguji dan meningkatkan skill menulis plus dapat hadiah menarik ikut yuk lomba blog yang diadakan oleh Qubisa dengan tema “Memulai Karir Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa”. Kamu juga berkesempatan memenangkan banyak hadiah dengan total 10 juta rupiah, lomba ini diselenggarakan selama periode 20 September hingga 10 Desember 2021. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuannya kunjungi media sosial QuBisa atau buka di https://bit.ly/kompetisiblog-qubisa. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk upskilling dan reskilling serta meningkatkan kemampuan dan cara meningkatkan personal branding kamu agar menjadi lebih baik dengan cara yang belajar gak ribet ^^

Share this post:

15 thoughts on “Menjadi Pemandu Profesional Bersama QuBisa

  1. Nggak banyak sih platform nyediain materi pembelajaran soft skill berkualitas menurutku. Kudu banyak bersyukur nih gen Z karena Qubisa bakal ningkatin kualitas diri di bidang apapun yah mbak.

  2. Jadi inget, duluuuu banget aku sempet punya keinginan jadi pemandu wisata. Sayangnya antara keinginan dengan kemampuan dan kepribadian nggak sejalan 😀 Coba ya kalo dulu udah ada QuBisa :))

  3. Saya dukung Mba Siti jadi pengganti Medina Kamil deh hehehe…
    Jaman sekarang apa saja bisa kita lakoni ya
    Secara online maupun offline.
    Btw saya pun punya hutang ke Semeru nih, antar anak nunggu tahun depan deh

  4. Jadi inget, saya pernah kerja di perusahaan travel. Tadinya mau belajar jadi tour guide, eh berhubung pandemi, perusanaannya gulung tikar. Enak banget lho bisa keliling dunia, gratis sambil memandu tamu. Baru tau kalo di QuBisa juga ada materi jadi tour guide. Makasih infonya Mba Siti Mustiani.

  5. Kita emang harus persiapkan skill di era digital sebagai era yang baru ini.
    Seperti yang kita pasti sama-sama amini, belajar enggak cuma bisa dilakukan di sekolah. Belajar di tempat lain, seperti program kursus juga bisa menjadi pilihan. Untung sekarang ada aplikasi QuBisa ini ya, jadi tambah gamoang untuk belajar dan ningkatan skill.

  6. Semoga cita2 untuk jadi tour guide nya terkabul ya kak, btw jadi tour guide emang menyenangkan karena bisa ketemu banyak orang, bisa keliling tempat2 wisata, dll.

  7. Saya sebenarnya tu pingin banget menjadi tour guide. Tapi kemampuan publik speakingnya tu nggak bagus. Dan saya akui sih. Itu adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki pada tour guide. Jadi ya begitu deh.

    Kalau bisa kursus online melalui qubisa mah, saya nggak bakal segan-segan buat ambil kursus dengan materi ini.

  8. Ternyata jadi pemandu profesional ngga gampang. Ngga cuma kuat fisik, tapi jg mental. Apalagi klo ada tim yang dipandu tapi ribet banget. Pasti kita hrs serba sabar mengatasinya.

    Salut sih buat jadi pemandu ini. Banyak banget tantangannya meski bakal banyak jg serunya krn ketemu banyak org dr berbagai macam tipe.

    Untung ada materi video dr QuBisa ini ya. Jadi kita bs belajar lbh banyak lg soal pemandu ini. Emg aplikasi QuBisa ini cocok banget buat persiapan dunia kerja ya kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *