Bawa Motor Untuk Road Trip Lintas Kalimantan-Jawa-Bali

Kebayang gak road trip keliling Jawa-Bali dari Pontianak (Kalimantan Barat), itulah yang kami lakukan beberapa bulan yang lalu untuk menyusuri jalan sepanjang Jawa hingga Bali, dilakukan saat musim pandemi pula. Memilih kendaraan motor bagi kami bukan tanpa alasan, menginat transportasi umum di Indonesia masih belum banyak apalagi menjangkau daerah terpencil.

So, travelling dengan motor atau road trip dengan motor ini bisa dikatakan cara yang paling fleksibel untuk menjelajah tempat wisata di Indonesia. Soalnya bisa berhenti kapan pun dan dimana pun, apalagi kalau tiba-tiba nemu tempat dengan pemandangan yang bagus.

Beda cerita kalau ikut angkutan travel atau naik transportasi umum. Jangankan mau berhenti, mau buang air kecil saja harus nunggu berhenti di stasiun atau terminal berikutnya, itu pun harus menganteri pula. Perjalanan road trip dengan motor itu memang seru.

Makanya setelah beberapa kali mencobanya kami langsung ketagihan jalan-jalan dengan motor. Sampai sekarang ini kami sudah beberapa kali melakukan road trip dengan motor baik untuk jarak dekat atau jarak jauh. Misalnya perjalanan Pontianak-Kapuas Hulu, explore Jawa Lombok 2018, terakhir Road Trip 2021 Kalimantan-Jawa-Bali-Nusa Penida.

Kalau dibuat skema perjalanan di google maps kira-kira seperti ini:

Yang belum kesampaian sih road trip dengan motor keliling Indonesia dari Sumatera sampai Papua, dan road trip hingga Negeri Eropa. Semoga segera ya! Amiin.

Kabupaten Banjarnegara
Penyebrangan Kapal Bali-Nusa Penida

Tapi tapi tapi, gimana bawa motor lintas pulau seperti Kalimantan-Jawa? Yah, karena tidak ada jembatan lintas lautan untuk menghubungkan pulau besar seperti Kalimantan dan Jawa ini, tentu saja untuk membawa kendaraan roda dua ini harus menggunakan kendaraan yang lebih besar, yaitu KAPAL.

Mungkin bagi sebagian orang pernah melakukannya, tentunya dengan berbagai tujuan perjalanan, ada yang pulang kampung, ada yang kerja, ada juga yang sekolah. Pemilihan kapal tergolong lebih murah biayanya dibandingkan pesawat, tapi dengan kapal kita bisa membawa kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Namun, untuk waktu tempuh tentu saja sedikit lebih lama, cara traveling ini bisa dikatakan khusus bagi kamu yang memiliki waktu lebih alias lebih santai.

Memang untuk road trip dengan motor ini, harus ada beberapa standard keselamatan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi menggunakan lintas kapal. Nah, melalui artikel ini saya ingin berbagi beberapa tips road trip dengan membawa motor pakai kapal sekaligus aktivitas yang dapat dilakukan selama di atas kapal, tentunya berdasarkan pengalaman pribadi.

Sebelum memastikan kondisi kendaran dalam keadaan aman untuk melakukan perjalanan jauh, kita harus memperhatikan beberapa hal terkait administrasi kendaraan/orangnya dulu seperti:

  • Surat Kendaraan (SIM, STNK), pastikan Pajak Kendaraan hidup.
  • Surat Keterangan Izin Jalan Kendaraan dari kepolisian.
  • Tiket Kapal khusus kendaraan.
  • Bukti Negatif COVID-19 (boleh dengan Antigen atau SWAB PCR).

Nah, untuk kapal ini tidak semua jenis kapal menyediakan fasilitas angkut kendaraan, ada yang hanya khusus orang saja atau disebut kapal penumpang seperti PELNI, ada yang kendaraan/barang saja seperti KARGO, ada juga jenis kapal barang sekaligus penumpang, contohnya Dharma Kartika 7, Dharma Rucitra IX.

Untuk beli tiketnya bisa di PT. Dharma Lautan Utama (DLU), kamu dapat membeli secara online atau langsung datang ke tempat penjualan tiketnya. Kalau di Pontianak, berada di Jalan Pak Kasih Nomor 42F Kota Pontianak dekat Pelabuhan Dwi Kora. (Oh ya, kalau kamu mau cari tiket kapal biasanya lokasinya tidak jauh dari daerah pelabuhan ya).

DLU Ferry
Selama di Kapal (Tidur, Makan, Foto-Foto)

Untuk waktu tempuh kapal ini dari Pontianak (Kalimantan Barat) – Semarang (Jawa Tengah) adalah sekitar 38 JAM, jadi pastikan kamu membawa beberapa keperluan yang cukup membunuh rasa bosan selama di atas laut (menginat selama itu tidak ada sinyal telepon/internet).

Sebelum kapal melakukan muat barang/kendaraan pastikan kita sudah tiba di pelabuhan 2 jam sebelumnya, untuk boarding, memastikan aplikasi E-HAC aktif dan cek bukti/surat Antigen/SWAB PCR dengan keterangan negatif.

TIPS: Jika memilih antigen, sebaiknya test dilakukan H-1 sebelum berangkat (menginat antigen hanya berlaku selama 3 hari).

Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan juga saat melalukan road trip dengan membawa kendaraan motor ini. Seperti:

  • Sebagus apapun kondisi motor yang akan kita pakai, pastikan untuk rutin maintenance, tujuannya ya tentu untuk menghindari mogok/masalah kendaraan di tengah perjalanan. Sebelum mulai melalukan road trip biasanya kami ke bengkel dulu untuk cek kelayakan kendaraan atau mengganti oli, setting ulang rem atau cek tekanan udara pada roda akan sangat berguna. Pastinya kita tidak mau kan kegiatan road trip yang harusnya menyenangkan ini jadi berantakan akimat motor bermasalah?
  • Pastikan selalau Cari Aman! keselamatan itu penting, jangan lupa menggunakan helm standard, karena kepala kita tidak terbuat dari batu meskipun ada istilah “kepala batu”. Pastikan surat – surat sepeda motor dan sim lengkap, kalau tidak ingin kena tilang di perjalanan. Sayang kan , mending buat makan dari pada buat bayar denda tilang 😀
  • Jaket dan sarung tangan, sangat direkomendasikan untuk dipakai ketika road trip dengan sepeda motor. Jaket dan sarung tangan tadi akan sangat efektif untuk menghalau hawa dingin dan angin ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Paling tidak hawa dingin angin akan lebih berkurang.
  • Jika perjalanan dilakukan pada waktu musim hujan, jangan sampai lupa mempersiapkan jas hujan. Jas hujan tipe single lebih cocok untuk dipakai ketika road trip dengan motor di musim hujan. Selain lebih ringkas, dengan memakai jas hujan tipe single, mengontrol sepeda motor akan lebih mudah.
  • Road trip, dengan sepeda motor bukanlah balapan, jadi paling enak kalau bawa motornya mode slow, pelan-pelan sambil menikmati pemandangan. Tapi jangan lupa untuk selalu fokus dan berhati hati di jalan. Alon-alon asal kelakon! 
  • Bawa tas model daypack, lebih ringkas untuk perjalanan road trip selama 2-4 hari. Lebih bagus lagi kalau sidebag, untuk menyandarkan tas agar tidak berat.
  • Yang terakhir, selalu nikmati perjalanan. Tetap tenang jika ada masalah, karena masalah juga termasuk dari bagian menyenangkan dari sebuah perjalanan. Dan dari masalah kita bisa belajar 🙂

CATATAN: perjalanan lintas kapal wajib test covid dulu bisa dengan antigen atau swab pcr, ini berlaku di penyebrangan Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali), nah kalau dari Bali ga perlu antigen lagi. Begitu pun saat kembali lagi ke Kalimantan, harus antigen dulu di Pelabuhan Tanjung Mas (Semarang).

Nikmati Perjalanan
Antara Danau Tambilngan dan Danau Buyan

Nah, semoga tips-tips road trip dengan motor di artikel ini bisa membantu, dan memberikan manfaat buat para penyuka aktifitas traveling dengan kendaraan motor. Oh iya, kamu juga dapat mengintip beberapa destinasi yang kami singgahi selama Road Trip 2021 kemarin. Selamat menikmati perjalanan road trip dengan motor ya!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *