Lowongan Pekerjaan Medan, dan 5 Tugas Staff Administrasi

Banyaknya perusahaan, kantor dan industri di Kota Medan yang sedang berkembang menjadikan lowongan pekerjaan Medan yang dibuka terus mengalami kenaikan. Berbagai jenis lowongan pekerjaan Medan telah dibuka untuk mendukung keberlangsungan perusahaan.

Salah satunya, jenis loker Medan sebagai staff administrasi yang penting bagi urusan berkas perusahaan.

Namun, sebelum kamu melamar sebagai calon staff administrasi. Ada baiknya kamu membaca artikel ini terlebih dahulu untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab dari seorang staff administrasi. Bagi sebagian orang pasti pernah menganggap remeh dan enteng jenis pekerjaan ini. Padahal bekerja sebagai staff administrasi membutuhkan fokus yang tinggi dan kesabaran yang besar.

Selain itu, seorang staff administrasi harus mengurus surat domisili, bukti transaksi perusaan dan surat aset berharga milik perusahaan.

Agar lebih mendalam memahami staff administrasi, simak penjelasannya berikut ini:

1. Menjawab Telepon Perusahaan

Bekerja sebagai seorang staff administrasi harus memahami posisinya sebagai pihak penyedia jasa dan layanan perusahaan. Oleh karena itu, staff administrasi harus memiliki kemampuan dalam bernegosiasi dan komunikasi yang baik.

Sebab tak jarang orang justru merasa grogi jika harus berhadapan dengan konsumen. Staff administrasi juga harus bersikap ramah. Oleh karena itu, keramahan menjadi salah satu kode etik yang wajib diterapkan selama bekerja.

Salah satunya, menjawab setiap telepon yang masuk ke perusahaan. Seorang administrasi akan menerima telepon untuk kepentingan operasioanl perusahaan, maupun mitra perusahaan.

2. Petugas Pembuatan Surat

Selain memiliki modal komunikasi verbal yang baik. Seorang staff administrasi juga memiliki tanggung jawab untuk pembuatan surat kantor. Surat yang dibuat oleh staff administrasi merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, seorang staff administrasi harus memiliki skill menulis sekaligus memahami kaidah penulisan yang tepat dan benar. Beberapa jenis surat yang akan dibuat oleh staff administrasi berkaitan dengan surat kerja, perpanjangan kontrak, surat penjualan, dan surat domisili.

Namun, jangan kaget jika bekerja sebagai staff administrasi biasanya akan memperoleh jenis pekerjaan tidak terduga. Hal ini mengharuskan kamu untuk belajar lebih kepada yang telah berpengalaman.

3. Penjadwalan

Seorang staff administrasi juga berkewajiban untuk membuat penjadwalan untuk mengatur jadwal meet up antara pihak perusahaan dengan klien.

Penjadwalan perlu untuk direncanakan agar pihak perusahaan mampu menjelaskan bentuk kerja sama yang jelas kepada klien. Selain itu, untuk menghindari jadwal acara yang bersamaan.

4. Front Office

Selain bekerja di balik kantor, seorang staff administrasi harus siap jika sewaktu-waktu ditempatkan di bagian front office. Posisi ini tidak dapat dilimpahkan kepada sembarang orang. Oleh karena itu, staff administrasi harus baik dan pintar dalam berkomunikasi agar citra baik perusahaan tetap terjaga.

Selain itu, untuk memastikan bahwa kondisi pelayanan perusahaan dapat berjalan dengan baik. Perlu diketahui bahwa bekerja di perusahaan harus berjalan bersama dan beriringan. Bayangkan saja, jika salah satu bagian front office tidak dapat menjalankan perannya dengan baik.

Maka, perusahaan tersebut akan dianggap bermasalah karena tidak sesuai dengan visi dan misi yang diusung oleh suatu perusahaan.

5. Memiliki Skill Tambahan

Bagi seorang staff administrasi yang memiliki skill tambahan tentu makin dilirik kinerjanya oleh atasannya. Jika kewajiban bisa menggunakan Microsof Office sudah menjadi makanan sehari-hari. Maka, seorang staff administrasi perlu meningkatkan skillnya dengan belajar menggunakan aplikasi AutoCad, CorelDraw, atau Photoshop.

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *