Kembangkan Bisnis Travel dengan Toko Online

Satu di antara hal yang paling membahagiakan ketika pulang dari traveling adalah membagikannya di media sosial. Bukan hanya sekedar tempat mengabadikan momen tapi juga sebagai aplikasi digital untuk saling berbagi informasi.

Sebagian besar pasti banyak orang yang meng-upload konten tersebut di platform Instagram bukan? Tidak heran, Instagram memang aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh berbagai kalangan, terutama anak muda. Foto epik nan instagramable di berbagai tempat wisata, membuat banyak orang juga ingin mengunjunginya.

Saya pernah punya pengalaman pribadi ketika upload sebuah konten di suatu tempat wisata yang tidak jauh dari rumah saya. Kemudian ada salah satu teman online yang bertanya tentang tempat itu.

Yah, begitulah dunia maya kita bisa saling terhubung dengan teman dari mana saja tanpa harus bertemu. Yes, dia ingin mengunjungi tempat wisata yang sempat saya unggah fotonya di aplikasi media sosial sejuta umat tersebut. Tidak jarang mereka ingin mengajak teman, rekan kerja, keluarga untuk liburan di tempat yang sama.

Sampai saya pikir, kenapa saya tidak jualan paket wisata saja? Karena saya memiliki pengetahuan basic soal wisata, sekaligus bisa mengenalkan wisata di daerah sendiri, dan asiknya dibayar. Lagipula objek wisatanya yang sudah pernah saya kunjungi dan saya kenali kondisinya serta warga lokalnya.

Berbekal pengalaman, kenalan warga lokal, dan rekan kerja yang sejalan akhirnya saya memutuskan membangun usaha travel agent bernama korakalbar dengan tagline “Tantang Dirimu!”

Banner Usaha Travel Korakalbar

Yap, usaha yang sudah berjalan selama beberapa tahun ini tak sekadar travel agent biasa, tapi kami selipkan beberapa pengetahuan menjaga lingkungan dan skill diving, hiking, dll.

Memiliki usaha sendiri seperti ini ternyata gak semudah yang dibayangkan, loh. Ada begitu banyak yang harus diperbaiki, ditambah, dan dimaksimalkan. Misalnya saya butuh peralatan penunjang lainnya yang ibaratkan sebagai modal/inventaris seperti: kamera bawah air, drone, alat snorkeling, tenda, dan lain-lain (karena setiap pelanggan punya keinginan masing-masing saat liburan). Beberapa alat inventaris juga kami sewakan di luar paket, yah itung-itung untuk jajan sehari-hari lah.

Kemudian, saya juga perlu memaksimalkan penjualan melalui promosi online agar usaha ini bisa terus berkembang. Terlebih semenjak pandemi Covid-19 usaha travel sangat terdampak. Dengan kondisi pandemi yang perlahan pulih, ini kesempatan untuk kami menjawab keinginan teman-teman yang rindu travelling.

Explore Lemukutan

Oleh karenanya saya harus lebih maksimal jualannya dengan memanfaatkan aplikasi digital untuk promosi yang mudah menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Mulai dari membuat Instagram khusus jualan, promosi di story media sosial, bagikan di grup WhatsApp keluarga, komunitas, dll.

Sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi untuk membuat website toko online pribadi bernama TOKKO. Aplikasi ini dilengkapi fitur yang lengkap untuk berjualan baik produk berupa barang maupun jasa.

Penasaran seperti apa?

Tingkatkan Pejualan Paket Wisata di TOKKO

Yeay, beruntung sekali saya mengenal TOKKO di awal kebangkitan bisnis kami yang sempat redup akibat pandemi. Untuk yang belum tahu TOKKO ini adalah aplikasi D2C (direct-to-consumer) alias berjualan langsung ke konsumen. Aplikasi ini dapat membantu para UMKM di Indonesia untuk bisa JUALAN ONLINE BENERAN dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan di dalamnya.

TOKKO ini dapat membantu kita (pemilik usaha) untuk memiliki website atau toko resmi online dengan cara yang mudah dalam beberapa langkah bahkan hitungan detik dan yang paling penting adalah GRATISmudah, anti ribet, aman dan menyenangkan.

FYI, aplikasi TOKKO dibuat di Indonesia dan dibangun oleh tim global yang berpengalaman. Nama-nama besar berpengalaman di dunia digital dan e-commerce yang merupakan profesional terbaik dari Lazada, Zalora, Sephora, Fabelio dan lainnya ada di balik TOKKO. Sister company TOKKO, BukuKas juga telah dipercaya 5 juta pengguna di Indonesia.

Siapa bilang Paket Wisata gak bisa dijual di toko online? Di TOKKO segala jenis usaha baik barang atau jasa bisa diperjual belikan termasuk jasa wisata. Bukan hanya sekedar berjualan online saja, tapi di TOKKO juga bisa melakukan integrasi iklan Facebook, Instagram dan Google agar bisa promosi dengan jangkauan yang lebih luas loh!

Berikut ini cara mudah membuat akun di TOKKO:

  • Pertama buka tokko.co.id dari browser, atau bisa juga download aplikasi TOKKO di Playstore.
  • Mendaftarkan nomor handphone. Nomor HP ini juga berguna untuk menerima kode OTP, bisa via whatsapp atau pun via SMS.
  • Ikuti langkah yang ada untuk; atur metode pengiriman, tambah produk baru, tambah akun bank, dll. 
Aplikasi TOKKO di Smartphone

Menurut saya TOKKO ini mudah untuk digunakan, baik yang lewat smartphone maupun desktop semuanya gampang diikuti. Dari genggaman saja, saya dapat membuat toko online korakalbar, memasukkan paket wisata yang kami tawarkan secara rapi ke katalog, dan tinggal promosikan.

Notifikasi pesanan pelanggan akan otomatis masuk ke WhatsApp dan aplikasi TOKKO kita dan pembayaran pun bisa langsung diterima oleh penjual. Bayangan kalau membuat website toko itu ribet, sudah nggak lagi kalau pakai TOKKO ini.

Soal desain, tak perlu khawatir, karena TOKKO punya desain yang membuat katalog produk menjadi tampak lebih menarik. Tinggal kita sebagai pemilik toko online siapkan saja gambar produk yang epik dan menarik untuk diunggah di TOKKO.

Integrasikan Iklan di Facebook, Instagram, dan Google dengan Program TOKKO Plus

Satu hal yang paling membuat saya jatuh cinta dengan aplikasi TOKKO ini, yaitu Program TOKKO Plus yang berfungsi untuk meningkatkan traffic penjualan, dimana ada berbagai fitur di dalamnya di antaranya: kupon, promo, poster media sosial, dan yang paling menarik adalah integrasi iklan Facebook, Instagram dan Google. Belum lagi fitur-fitur baru yang akan hadir dalam waktu dekat ini. 

Kenapa Harus Langganan Program TOKKO Plus?

  1. Tentunya kita bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan adanya fasilitas Marketing Ads, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads.
  2. Sstttt, ada promosi biaya langganan (terbatas) misalnya diskon hingga 50% biaya langganan, gratis kupon sampai 3.2 jt & cashback marketing ads credit.
  3. Banyak fitur baru yang akan diluncurkan. Kabarnya ada lebih dari 10 fitur baru TOKKO akan launching pada kuartal 4 tahun 2021 ini loh. Seperti loyalty program, personalisasi poster, fitur admin & management, advance dan tema pilihan, grouping pelanggan & fitur CRM (Customer Relationship Management).

Nah, dengan fitur-fitur tadi pastinya bikin kamu jualan jadi lebih profesional selain pastinya bantu tingkatkan penjualan juga. Yes, membangun usaha itu gak boleh setengah-setengah jika ingin maju dan berkembang, harus fokus dan maksimal. Mumpung dari TOKKO ada promo khusus untuk kamu yang mau majuin usaha.

Upgrade penjualanmu, usahamu, dan pastinya cara jualan kamu! ada banyak fitur menarik lebih hemat jika ambil promo (ingat ya promo ini terbatas) jangan sampai ketinggalan!

Lalu, Bagaimana Cara Mendaftar Langganan Program TOKKO Plus?

  1. Masuk ke website TOKKO melalui mobile browser atau desktop di https://web.tokko.io/login deh.
  2. Setelah berhasil login, Lalu tekan tombol “Langganan TOKKO Plus” di halaman utama.
  3. Kamu akan diarahkan ke landing page TOKKO Plus, dan klik tombol “pilih paket”.
  4. Pilih periode paket yang kamu inginkan, lalu konfirmasi bahwa kamu tertarik untuk langganan program TOKKO Plus.
  5. Order pesanan kamu sudah berhasil dibuat dan diterima oleh tim TOKKO.
  6. Selanjutnya tim khusus TOKKO akan menghubungi kamu untuk menjelaskan detail terkait program.
  7. Terus, tim TOKKO akan memandu kamu untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account.
  8. Kamu dapat melakukan pembayaran melalui Virtual Account, Bank Transfer, dan e-Wallet.
  9. Setelah melakukan pembayaran, kamu dapat melihat aktivasi TOKKO Plus mu di TOKKO Website ataupun Mobile App.
  10. Jika kita ada kendala atau pertanyaan bisa menghubungi tim khusus TOKKO yang akan memandu, caranya bisa langsung hubungi Customer Service TOKKO.

Fitur di TOKKO Plus memudahkan jualan online, satu diantaranya dengan memasang iklan di Instagram, Facebook, dan Google Ads. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan jika punya akun TOKKO Plus:

  • Memasang iklan melalui marketing dashboard toko pada website TOKKO.
  • Menyambungkan link akun Facebook untuk memasang iklan di Facebook dan Instagram.
  • Menyambungkan link akun Google untuk memasang iklan di Google.
  • Bisa top up melalui TOKKO dengan pilihan pembayaran melalui transfer bank, virtual account, atau e-wallet.
  • Bisa menjadwalkan penayangan post.
  • Bisa memilih campaign yang akan dilakukan, seperti:
    • Campaign engagement untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan,
    • Campaign visitors untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya,
  • Bisa melakukan tinjauan pada campaign yang sedang berlangsung.
  • Bisa cek performa ads.
  • Bisa cek ulasan dan komen.

Pengalaman pribadi, beberapa saat setelah saya membuat website toko online menggunakan TOKKO, saya langsung dihubungi oleh customer service TOKKO via WhatsApp, mereka sangat ramah. Jika ada kendala atau pertanyaan bisa langsung hubungi secara private. Oh ya, TOKKO juga rajin mengundang para pemilik bisnis untuk ikut beberapa pelatihan seputar penjualan loh.

Gimana, gimana, sudah dapat gambaran jika kamu punya usaha lalu bantu kembanginnya dengan TOKKO ini? Yuk mulai usaha kamu, pastikan usaha yang kamu jalani ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh, apalagi kalau sesuatu yang kamu senangi.

Upgrade terus ilmu dengan pengalaman, nah jika kamu ingin membuat jualan lebih meningkat lagi dengan TOKKO, kamu bisa download aplikasinya di Download TOKKO. Tidak perlu diragukan lagi bikin JUALAN ONLINE BENERAN jadi lebih mudah dengan TOKKO, D2C (direct-to-consumer) aplikasi no. 1 di Indonesia untuk bantu UMKM buat usaha online dan online website beneran langsung dari smartphone dalam hitungan detik.

Bersama saling dukung usaha, tingkatkan perkembangan ekonomi di Indonesia, lakukan yang terbaik, semoga artikel ini bermanfaat ^^

Share this post:

14 thoughts on “Kembangkan Bisnis Travel dengan Toko Online

  1. Keren kak, udah punya usaha travel agent sendiri. Apalagi ada dukungan buat belajar sejarah juga sambil jalan-jalan nambah ilmu dan wawasan. Tokko ini keren juga ya aplikasinya. Aku jadi pengen nyoba buat usahaku. Siapa tau bisa sukses

  2. Waah keren Mbak usahanya, iya sih pandemi ini cukup mengganggu sektor pariwisata dan travel. Semoga pandemi lekas berlalu ya Mbak, saya juga tim suka jalan-jalan nih. Semoga juga bisa lekas bangkit, apalagi ada aplikasi TOKKO yang memungkinkan usaha kita bisa dikenal lebih banyak user. Aku juga pingin cek ah, cocok nggak untuk usaha jasa kami.

  3. Keren banget kak. Ternyata paket wisata juga bisa dipasarkan secara online di TOKKO. Apalagi di zaman pandemi ini, pasti sektor wisata membutuhkan ide dan cara untuk bisa eksis kembali. Semangat.

  4. jadi lebih banyak jangkauannya lagi ya usaha kita jika menggunakan TOKKO ini,
    sering banget lho lihat iklan TOKKO ini seliweran di medsos.

    anyway, moga usahanya lancar selalu ya Kak 🙂

  5. Salut sama Mba Siti. Ada misi pendidikan lingkungannya dalam pengembangan usaha travel agentnya.

    Saya jadi kangen bertualang lagi ke Borneo. Mendaki Bukit Kelam. Masuk ke hutan TN Bukit Baka Bukit Raya. Nungguin tumpangan di log pond Nanga Pinoh buat ke KM 44. Sungguh menantang, tapi sangat merindukan.

    Keren banget ya aplikasi TOKKO ini. Bisa meningkatkan penjualan paket wisata juga.

  6. Aplikasi TOKKO ini berarti bisa membantu memajukan UMKM ya mba. Wah ide cemerlang nih buat emak-emak yang hobi nambah uang jajan. Apalagi sistemnya Direct to Consumer. Cakep!

  7. Wah keren banget kak jadi lebih banyak jangkauannya lagi ya usaha kita jika menggunakan TOKKO.

    Btw emang akhir-akhir ini sering banget lho lihat iklan TOKKO ini seliweran di medsos. Moga Makin lancar ya mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *